Business Partner

Prabu

 

Dua dasawarsa bergelut di dunia persilatan bisnis alias berwirausaha, ada dua karakter mitra bisnis.

Yang pertama, mitra bisnis yang men’supply barang beromset kurang 1 milyar/thn umumnya menjalin relasi lebih intim. Contohnya mereka selalu mengirim kartu Lebaran tiap tahun dan kita kadang bisa mendapat makan malam di hotel bintang sambil bincang dengan sejumlah eksekutifnya meski ada unsur promosinya. Dan kalau beruntung, kita bisa dapat gift tiap hari ulang tahun. Sebagian kecil perusahaan keuangan memperhatikan hal ini dalam memanjakan nasabahnya. Bahkan tiap tahun mengutus orang khusus hanya untuk mengantar kalender atau jam dinding. Nilainya tak seberapa, tapi sangat besar manfaatnya dalam merawat relasi kemanusiaan.

Lalu yang kedua, mitra bisnis beromset puluhan milyar/thn, kartu Lebaran hanya kita terima di tahun pertama saja bersama paket manual book dan MOU. Begitu pun kita tidak bisa bertemu dengan CEO atau top eksekutifnya. Ingin bertemu GM saja harus 1 bulan bikin janji. Dan itu pun bisa berubah. Maka tidak heran jika sudah bermitra lebih satu dasawarsa kita baru sekali bertemu GM, itu pun ketika ada masalah krusial yang ternyata gagal dituntaskan di tingkat lapangan.

Memang bermitra dengan perusahaan besar apalagi sudah go public, semua laporan keuangan cukup disampaikan by sistem dan keluhan by email. Tipikal perusahaan global yang penting investor masih mendapat untung. Kalau pun rugi, itulah resiko bisnis. Jadi apa perlunya bergenit-genit bertemu, business meeting dst. Itu justru pengeluaran cost mubazir.

Jika menginginkan aktualisasi diri, ikutlah komunitas. Bisa ikut kumpulan penggemar penunggang kuda terbang atau kuda besi. Bisa juga aktif tiap minggu mukul bola bekel di lapangan rumput yang mahal. Maksude golf course. Atau yang gemar koleksi bisa nimbrung di perkumpulan kolektor mobil antik. Tapi awas jangan sampai keliru masuk komunitas kolektor perempuan antik eh cantik, hehehe…. Kalau sekedar bayar tiket buat hadir di seminar Kiat Kilat Dapet 4 Bini Sholehah, ga apalah. Sebab bisa haha hehe…

 

 

About Prabu

Sosok misterius yang sejak kemunculannya tidak banyak orang yang mengenalnya. Walaupun misterius, sosok satu ini sekaligus ramah dan sangat terbuka pertemanannya. Sang Prabu dan Permaisuri sering blusukan menyapa kawula BALTYRA.com dan menggebrak dunia, kebanyakan dengan coretan karikaturnya sekaligus artikel-artikelnya yang bernas, tajam dan berani.

My Facebook Arsip Artikel

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.