Bangga Indonesia Akan Berdiri di Pameran Board Game Terbesar Dunia

Maulana Zulvan

 

Tahun demi tahun, industri board game Indonesia bertumbuh dengan pesat dan makin dewasa. Hal baik ini bisa dicermati dengan banyaknya tempat bermain board game serta judul board game karya anak bangsa yang bermunculan.

Tapi, tahukah kamu board game itu apa dan seperti apa? Board game adalah sebuah permainan yang memvisualisasikan selayaknya bermain di atas meja atau bias disebut bagian dari atas meja game yang didalamnya terdapat aturan cara bermain yang dilengkapi dengan beberapa komponen seperti token maupun bidak yang dapat digerakkan di atas sebuah “papan” khusus contohnya ular tangga, ludo, catur, monopoly dan sejenisnya.

Badan Ekonomi Kreatif bekerjasama dengan APIBGI (Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia) akan menghadirkan Paviliun Indonesia di  Essen SPIEL 2018,  ajang pameran industri board game terbesar di dunia.

Tahun ini Indonesia akan kembali hadir di salah satu pameran board game terbesar di dunia, Essen SPIEL 2018 di Jerman. Ini merupakan kali ketiga Indonesia tampil pada ajang tersebut dan akan membentuk booth Industri board game Indonesia pada partisipasi kali ini.

Keikutsertaan Indonesia pada Essen SPIEL 2018 merupakan buah kerjasama Deputi IV Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dan Asosiasi Pegiat Board Game Indonesia (APIBGI). Mengusung brand Archipelageek dari BEKRAF yang kerap mengangkat produk-produk industri game tanah air, booth Indonesia di Essen SPIEL 2018 akan hadir di Hall 3 Messe Essen seluas 66 m2.

Dalam penandatangan nota kesepahaman antara BEKRAF dan APIBGI yang terjadi baru-baru ini, partisipasi Indonesia dalam Essen SPIEL 2018 diharapkan jadi awal dari rangkaian program bersama kedua belah pihak dalam mengakselerasi tumbuh kembangnya industri board game Indonesia.

Lewat Open Call tersebut APIBGI optimis untuk memperkenalkan setidaknya 15 judul board game Indonesia yang akan ditampilkan dalam ajang Essen SPIEL 2018.

BEKRAF dan APIBGI mengundang para kreator atau perancang board game lokal untuk bergabung meramaikan booth Indonesia di Essen SPIEL 2018 dengan mendaftarkan karya-karya pada Open Call Essen 2018 yang dibuka mulai dari ini hingga 10 Agustus 2018.

Kamu dan tim dapat berkontribusi dalam event akbar ini, melalui BEKRAF dengan cara mengirimkan karya terbaiknya untuk dipamerkan dalam ajang ini. Karya board game yang masuk akan diseleksi oleh tim kurator independen. Persyaratan serta pendaftaran karya dapat dilihat dan dilakukan melalui tautan berikut : bit.ly/archipelageek-essen2018.

Terlebih event pameran bergengsi Essen Spiel perancang maupun penerbit board game Indonesia selalu menarik perhatian pengunjung. Pun board game karya anak bangsa menjadi sisi edukatif menceritakan terhadap kekayaan Indonesia.

 

Note Redaksi:

Selamat datang dan selamat bergabung di BALTYRA.com; semoga betah dan kerasan ya…ditunggu artikel-artikel lainnya…

 

 

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.