Makan Kodok

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO ANDA SEMUA DI BALTYRA…

Salam jumpa dengan oret-oretan Dj. di hari Selasa yang indah ini…

Hampir dua minggu, di Jerman dilanda udara puanas sekali, kadang mencapai 38° C. Karena di rumah tidak punya AC, maka untuk lebih nyaman kami jalan ke mall atau keluar masuk toko yang lebih adem. Hahahahahahahahaha…!!!

Sebenarnya sudah sering Dj. ceita tentang makanan dan juga makan di Asia Palais. Tempat luas, tempat parkir tidak harus bayar… Jadi nyaman untuk duduk-duduk dan ngobrol, menghabiskan waktu…Tapi kali ini, Dj. ingin menceritakannya lagi, karena ada sesuatu yang Dj. anggap seru juga… Hahahahahahahahah….!!!

Seperti biasanya, kalau makan di hari Sabtu mallam, selalu penuh, jadi mau tidak mau, harus pesan tempat untuk kami. Anehnya kami pesan tempat poekoel 18:00, kok sedikit sepi, Dj. pikir ya untunglah, mallah tenang dan tidak harus antri, untuk ambil makanan. Orang Jerman, kalau udara panas, biasanya mereka pakai untuk ke kolam renang atau berjemur matahari. Jadi hari ini, kami cukup santai dan setelah dapat tempat, maka pertama pesan minuman.

Setelah minuman yang kami pesan sudah datang,maka kami juga mulai berdiri untuk ambil makanan…Seperti biasanya, pertama makan sushi dan juga seperti biasa, tidak ada yang aneh, yang ada, hanya ada enak dan enak sekali… sushi dengan ikan salmon asap, kesukaan Dj. Hahahahaha…!!!

Setelah menghabiskan sushi, maka berdiri lagi dan Dj. melihat ada ikan Dorade yang bisa diserahkan ke kokinya untuk digoreng atau dibakar. Sialan…Setelah Dj. ambil dan perhatikan, ternyata hanya setengah ikan… Nah ya, ada baiknya juga, untuk coba enak atau tidak, yang jelas banyak bawang putih dan jahenya…

Jelas, dengan sushi dan ikan separuh…belum kenyang, tapi Dj. lihat dengan berjalannya waktu, semakin penuh ini restaurant… Okay, Dj. lihat pelayannya bawa ikan salmon bakar dari dapur, jadi waktunya untuk menyerbu…. Hahahahahahahaha…!!! Terutama dengan buncis yang dioseng dengan bawang putih….dan tidak lupa ambil kerang bakar dan jamur….Hhhhmmmm…Nikmat sekali…!!!

Entah bagaimana kok di meja Dj. ada udang dengan buncis juga…Ooooo…ternyata Eva cerita kalau mamanya minta tolong untuk dikupaskan kulitnya…Okay mommmm…!!!

Setelah Susi datang di meja..Dia berbisik, agar meja tetangga tidak dengar…Dia bilang, di sana ada kodok… Haaaaaach…!!! Kodok…??? Ya…tapi belum dimasak, jadi kamu harus ambil dan bikin bumbu sendiri dan kasihkan ke kokinya…Waduuuh…jadi penasaran juga dan ingin lihat….Ternyata benar dan Dj. coba beberapa kodok dulu, agar tahu rasanya, apakah Dj. masih bisa makan…. Maklum sudah sangat lama tidak makan kodok ngorek…Hahahahahahah…!!! Setelah diantar ke meja, maka Eva yang duluan kaget… Haaaaaach…apa itu…???
Susi bilang…sssssssst…. jangan teriak, papamu mau coba kodok…

Eva, Kodok…??? Walaaaaaah, kok ada kodok juga, dia pasti dapat ijin special, karena sebagai guru biologi, dia bilang, kalau di Jerman, kodok tidak boleh diperdagangkan, apalagi dimasak dan dimakan…. Waduuuuuh, Dj. jadi serba salah, ingin coba, tapi mendengar ceritanya Eva, kok malah jadi kasihan… Tapi Daniel ikutan bicara, itu kan sudah mati, jadi ya harus dimakan…mosok dibuang…itu tidak menghormati si kodok… Dj. tanya Daniel, apa kamu mau coba dengan papa…??? Dia jawab dengan diplomatis…aku sudah kenyang…Hahahahahahahahahahaha…!!!
Nah ya, maklum, seumur hidupnya belum pernah makan kodok…Akhirnya si kodok datang juga. Dj. jadi merasa serba salah dan tidak enak…

Tapi Susi bilang, makan saja dan jangan mikir yang tidak-tidak…. Hahahahahahahaha…!!! Tetap saja, ada perasaaan aneh…

Untung tidak ambil banyak, walau enak, tapi perasaan ini tidak bisa dibohomgi….Jadi serba salah… Kalau makan swikee, masih mending, banyak kuahnya dan tidak kelihatan seluruh tubuh kodoknya, apalagi harus pegang…
Hahahahahahahahahaha…!!!

Okay daaaaaah…Mohon maaaaf, jangan ada yang marah ya, ini kalau ketahuan teman orang Jerman, maka Dj. akan diprotes.

Terimakasih untuk perhatian anda semuanya…Terimakaksih kepada pengasuh Baltyra yang selalu menayangkan oret-oretan Dj.

Semoga Kasih dan Berkat TUHAN, selalu menaungi kita semuanya…

 

Salam manis dari Mainz
Dj. 813

 

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

13 Comments to "Makan Kodok"

  1. James  21 August, 2018 at 11:34

    mbak Lani harus di impor dari Ondonesia dong

  2. Dj. 813  21 August, 2018 at 03:47

    Hallpo yu Lani . . .
    Itu komentaranya ada dan tidak hilang . . .
    Hahahahahahahaha . . . ! ! !
    Entah, kalau swikee, apa Dj. masih bisa makan . . .
    #Salam manis dari Mainz.

  3. Dj. 813  21 August, 2018 at 03:46

    Hallo Alvina . . .
    Terimakasih sudah mampir . . . .
    Benar, ternyata ada dan kami juga baru tahu . . .
    Hahahahahahaha . . . ! ! !
    Salam manis dari Mainz

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.