[BALTYRA 9 Tahun] Selamat Ulang Tahun Baltyra

Handoko Widagdo – Solo

 

Kepindahan kerja saya ke Kalimantan Utara membuat kerutinan saya menulis menjadi jeda. Pengembangan proyek baru di provinsi termuda di Indonesia ini sungguh menguras tenaga dan pikiran. Betapa tidak, sebelumnya Kaltara belum pernah mendapatkan program dari donor di bidang pendidikan. Maka tak banyak dari orang-orang dinas di Kaltara yang paham bagaimana bekerja dengan donor di bidang pendidikan. Persoalan infrastruktur dan geografis menambah tantangan pekerjaan saya menjadi lebih besar. Untuk menuju Tanjung Selor, Ibukota Provinsi Kalimantan Utara dari Jakarta kita tak bisa sekali terbang. Jika lewat Tarakan, maka kita harus naik speed boat barang 1 jam untuk sampai ke Tanjung Selor. Kalau terbang via Balingpapan, maka kita harus terbang sekali lagi dengan pesawat ATR menuju Tanjung Selor.

Meski hobi membacaku tak berkurang banyak, tapi aktivitas menulis sungguhlah tergerus habis. Saya hanya mampu menulis catatan (bukan resensi) dari buku-buku yang saya baca. Akibat “malas” menulis ini, kontribusiku kepada Baltyra yang telah membesarkanku dalam dunia tulis-menulis pun ikutan reda. Sudah setahun ini saya jarang, kalau tak bisa dikatakan sama sekali tak pernah mengirimkan tulisan ke Baltyra. Satu dua resensi buku saya kadang muncul di Baltyra. Itu bukan karena saya yang mengirimkannya, tetapi karena redakturnya yang berbaik hati meneruskan tulisan saya yang saya posting di facebook.

Harus diakui saya belajar menulis di Baltyra. Saya mulai berkenalan dengan dunia tulis-menulis di komunitas maya saat bergabung dengan Kompas Komuniti (KoKi) yang kemudian redup dan akhirnya padam. Baltyra adalah wadah untuk para anggota komunitas yang mencari rumah baru. Maka saya pun melanjutkan keasyikan saya menuang pikiran dalam bentuk tulisan ke wadah baru ini. Berkat seringnya saya menulis di Baltyra, maka tulisan-tulisan saya bisa juga muncul di koran-koran.

Yang saya senang dengan komunitas Baltyra adalah kesantunan dan kesantaiannya dalam berkomentar di artikel. Tidak seperti di komunitas maya lainnya yang penuh hujat, di Baltyra kami seperti keluarga yang saling bercanda.

Saya baru sadar bahwa rumah saya berulang tahun tanggal 2 Agustus lalu. Kesibukan yang luar biasa telah membuat saya lupa akan rumah yang membesarkan saya. Maafkan saya Baltyra.

Doa saya, semoga Baltyra tetap jaya. Tetap mengemban semangat pluralitas dan kebersamaan. Tetap netral dan tidak terjebak pada politik praktis yang genit tiada tara, tetapi penuh racun beludak yang bikin sengsara.

Selamat ulang tahun Baltyra.

 

Note Redaksi:

Terima kasih kepada ALPINOSTA yang ‘tak sengaja’ teringat ulang tahun Baltyra. Dia bilang: “Bro, gw kudu belajar dari Baltyra nih, secara sudah mapan.’

Gubbrrraakkk…for two reasons. First: mapan tidak lah…second: saking tergerusnya (mengutip istilah pak Hand) waktu dengan segenap urusan dan pekerjaan. Anyway, better late than never…

Terima kasih untuk seluruh kebersamaan selama sembilan tahun ini, walaupun sekarang sunyi, tidak ada lagi gegap gempita berkomentar dan bersahutan…

 

 

About Handoko Widagdo

Berasal dari Purwodadi, melanglang buana ke berpuluh negara. Dengan passion di bidang pendidikan, sekarang berkarya di lembaga yang sangat memerhatikan pendidikan Indonesia. Berkeluarga dan tinggal di Solo, kebahagiaannya beserta istri bertambah lengkap dengan 3 anak yang semuanya sudah menjelang dewasa.

My Facebook Arsip Artikel

3 Comments to "[BALTYRA 9 Tahun] Selamat Ulang Tahun Baltyra"

  1. Alvina VB  2 September, 2018 at 09:48

    Wah dah 9 thn ya? Happy anniversary Baltyra!
    Terus nulis ya Han, terutama bedah buku, walaupun sibuk, he..he….

  2. s.Goh  24 August, 2018 at 10:54

    …happy anniversary for Baltyra….

  3. James  23 August, 2018 at 10:36

    Selamat Ulang Tahun Baltyra semoga terus semakin panjang umur dan tetap eksis langgeng

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.