UNGARISCHES GULAS SUPPE (Sup dari Hungaria)

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO…HALLO… HALLO…!!!

Salam jumpa dengan oret-oretan Dj. hari Selasa ini…Pertama, Dj. ucapkan terimakasih kepada anda semua, yang selalu memberi perhatian dengan memberikan komentar, juga jempolnya.

Kali ini, Dj akan sedikit cerita tentang makanan kesukaan Dj. Benar sekali, orang Jerman menamakan SUPPE atau sup (dalam bahasa Indonesia) Apa anehnya sih, sampai SUPPE atau sup, juga diceritakan… Hahahahahahahahahaha…!!!

Seperti biasanya, setiap akhir pekan, kami pergi berbelanja dan juga sekalian makan siang dimana kami berbelanja.

Kali ini, sebelum berbelanja makanan, kami mengantar putri kami yang mencari alat-alat untuk apartemennya, maklum baru pindahan. Nah, di toko Möbel ini, juga ada restorannya dan tadinya, kami hanya ingin minum saja dan makan di tempat lain. Tapi karena aroma masakan dari dapur restoran, membikin selera untuk makan siang di sana…

Jelas, kamipun pernah beberepa kali makan di restoran ini dan biasanya Susi yang memilihkan apa yang Dj. ingin makan. Tahu sendiri kan, kalau Dj. adalah penggemar ikan, daripada daging dan yang lainnya. Kali ini, Dj. iseng lihat-lihat di menu card dan jelas yang Dj. cari adalah ikan bakar…Dan Dj. juga cepat untuk menemukan, lain dengan Susi dan Eva yang selalu mencari-cari, kali ini ingin makan apa…Hahahahahahahaha…!!!

Sambil menunggu pelayannya datang, maka Dj. masih melihat menu card lagi dan mata Dj. tertuju ke makanan yang sudah lama tidak Dj. makan. Apa itu…??? Yang sangat sederhanya dan memang perut belum begitu lapar, jadi Dj. memutuskan untuk memesan yang ini. Walau Susi, pikir, itu tidak cukupp untuk makan siang…Tapi Dj. bersikukuh ingin makan ini, kalau tidak kenyang, ya pesan lagi…Hahahahahahahaha…!!!

Nah ini dia, sup asal dari Hunggaria (Ungarn) yang mana orang Jerman, menyebutnya UNGARISCHES GULAS SUPPE. Sangat sederhana, biasanya di dalamnya ada daging sapi dan daging babi, juga kentang yang sudah dipotong kecil…Lalu apa istimewanya ini sup…???

Nah, di sinilah istimewanya, Unggarisches Gulas Suppe, itu cukup PEDAS, jelas tidak sepedas yang mungkin anda bayangkan. Tapi ini sudah seperti selera orang Asia, bumbu yang kuat dan yang cukup pedas…Kalau makan di Hungaria, sup ini jelas lebih pedas, tapi di Jerman, sudah disesuaikan dengan selera orang Jerman yang senang makan pedas.sup ini, biasanya dihidangkan di mangkok kecil dan bundar, seperti foto di bawah ini. Dan dengan makan Unggarisches Gulas Suppe ini, maka badan bisa terasa hangat, terutama saat musim dingin, sangat uenaaaak…(nendang)

Anda lihat foto di atas, bahkan di atas sup, ada cabe merah, yang malambangkan, bahwa sup ini cukup pedas. Tidak semua orang di Eropa senang makan pedas, tapi orang Eropa Timur, banyak yang suka. Dj. pernah kaget, saat di rumah besan kami di Slovakia, mereka semua makan pedas, hanya di sana cabe cukup mahal. Olehnya, kalau mereka liburan ke Mainz, mereka memborong sambal…Hahahahahahahaha…!!!

Okay….kembali ke pesanan makanan yang satu ini yang Dj. suka dan pesan, karena dulu saat masih nguli, di kantin selalu ada Ungarische Gulas Suppe ini. Jadi kalau ingin makan Ungarische Gulas Suppe, bisa setiap saat membelinya. Tapi setelah 4 tahun pensiun, boleh dikata, hampir tidak pernah makan ini sup. Olehnya, sedikit penasaran dengan rasa Ungarisches Gulasch Suppe di restoran ini dan saat pesanan Dj. datang, sedikit kaget, karena tidak disediakan di mangkok bundar yang kecil, tapi mangkoknya sudah modern… Hahahahahahahaha…!!!

Oooooo…ya, Ungarisches Gulasch Suppe ini, hanya dimakan dengan roti saja, jadi tidak ada nasi… Hahahahahahaha…!!! (lagi). Nah ini dia Unggarische Gulasch Suppe, pesanan Dj.

Maaaaf, saking penasarannya, Dj. foto dua kali…Hahahahahahahahahahaha…!!!

Waaaaaaaw…!!! Ternyata rasanya sangat nendang, mak nyuuuuus, mengingat saudara Dj. mas Bondan yang selalu berkata, mak nyuuuus….!!!

Nah itu dia, Ungarisches Gulasch Suppe yang Dj. sudah makan dan sungguh sangat nendang….!!! Sedangkan Susi dan Eva memesan makanan yang lain…Eva memesan… Salad dan ikan goreng yang dibungkus dengan tepung tipis…

Sedang Susi pesan Spätzle (Pasta) dengan Lende (Sirloin) dengan saus jamur dan dibubuhi ham goreng…

Nah ini juga bikin Dj. tertawa, bukan soal makanan, tapi saat foto ini Dj. kirim ke saudara Dj. Karena saat dia bertanya, siang ini makan apa…??? Dj. jawab dan Dj. kirim fotonya…Komentarnya…lha kok itu wajan sangat istimewa, boleh naik sampai di atas meja….??? Dj. jelaskan, ini wajan kecil dan bukan wajan untuk masak…Hahahahahahahaha…!!!

Okay, itu tadi cerita singkat dan semoga berkenan. Mohon maaaf, bila banyak salah kata, atau salah tulis…

Terimakasih untuk perhatian anda semuanya. Terimakasih untuk kepada pengasuh Baltyra yang selalu menayangkan oret-oretan Dj.

Semoga Kasih dan Berkat TUHAN seelalu menaungi kita semuanya…

 

Salam manis dari Mainz
Dj. 813

 

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

9 Comments to "UNGARISCHES GULAS SUPPE (Sup dari Hungaria)"

  1. Dj. 813  28 September, 2018 at 00:57

    Hallo Qlvina B…
    Terimakasih….
    Jelas kami di Mqinz susah cobain semunya…
    Tapi kalau disuruh milih, malah suka
    Irish stuew , itu di bubuhi tabasco….
    Waduuuuh , makan saat winter….
    Nikmat sekali…
    Hahahahahahaha… !!!!
    Salam,

  2. Alvina VB  27 September, 2018 at 01:33

    Hungarian gulas emang makyus….Croatian gulas cobain juga enak mas DJ.

  3. Dj. 813  19 September, 2018 at 17:15

    Hallo James…
    Kamsia sudah mampir…
    Hahahahahaha….!!!
    Mwmang benar rnak dan porsinya pun tdk terlalu besar…
    Bisa cukup bikin kenyang…

    Salam Sejahtetacdari Maunz…

  4. James  19 September, 2018 at 11:12

    Goulash Hungary, enak sudah coba dua kali sewaktu ada rekan kerja yang mau pensiunan dulu

  5. Dj. 813  19 September, 2018 at 09:34

    Hallo cak Fandi…Terimakasih susah mampir…
    Itu hanya wajan-wajanan dan bukan wajan utk masak…..
    Hahahahahaha….!!!!
    Salam.manis utk keliarga dirumah ya….

  6. Dj. 813  19 September, 2018 at 09:32

    Mahalo Yu Lani…
    Pengalaman orang, sering berbeda yu….
    Kamu makan di Ungarn, malah kecewa…
    Seperti pertama kali makan spaghetti ri Italy, 1975 juga kecewa.
    Tapi makan Pizza kok enak…
    Hahajahahahaha…
    Salam manis dari Mainz…

  7. Dj. 813  19 September, 2018 at 09:29

    Selamat pagi dari Mainz…
    Terimakasih Baltyra, susah menayangkan oret-oretan Dj…
    Semoga sehat dan szkses aelalu.
    TUHAN MEMBERKATI…!!!

  8. Andik Sidoarjo  19 September, 2018 at 07:32

    Pakde…menunya kok ditaruh wajan sih….kayak enak tuh kirimi dong ke rmh sidoarjo pakde

  9. Lani  19 September, 2018 at 05:01

    Mas DJ: Ketika aku ke Hungary sempat diajak makan oleh temanku orang Hungary ke rumah makan dan aku pesan Goulash daging sapi. Memang itu angan2 sejak sebelum mendarat di Hungary untuk mencoba Goulash asli Hungary. Enak tenan dagingnya empuk, disajikan menggunakan manngkuk terbuat dr tanah spt kerajinan dr Kasongan Yogyakarta

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.