Kenalan Baru

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO ANDA SEMUA DI BALTYRA…

Salam Jumpa dengan oret-oretan Dj. di hari Selasa yang indah ini…

Sekarang sudah pertengahan bulan Oktober, yang mana sudah masuk musim gugur, walau demikian,
matahari masih bersinar terang.

Dan dedaunan di pohon sudah berubah warna, dari hijau, ada yang menjadi kuning dan ada yang merah…Orang Jerman bilang, saat ini adalah “GOLDENER OKTOBER“ (Oktober yang berkilau/seperti emas).

Hari itu, Dj. baru selesai fitness dan saat keluar, Susi sudah menunggu di luar dan mengajak sedikit jalan-jalan di kota. Maklum hari terakhir dia libur 1 minggu, jadi ingin menggunakan dengan sebaik. Akhirnya kami jalan menuju ke salah satu cafe di pinggir jalan dan menikmati susu coklat dan croissant.

Dan satu kesempatan untuk Susi, sedikit mandi matahari…Hahahahahahahaha….!!!

Kemudian, kamipun melanjutkan jalan kaki dan kadang istirahat di satu bangku di tengah kota.

Setelah terasa lapar, maka kamipun mulai mencari salah satu restaurant dan ternyata tidak mudah. Karena memang jam makan siang, jadi hampir semua restaurant yang kami tengok, penuh…Nah ya, satu-satunya jalan, makan kami harus makan di luar yang disediakan untuk perokok. Baru duduk 5 mennit, kami tengok lagi, apakah di dalam belum ada tempat kosong…

Puji TUHAN…!!! Dj. lihat ada satu meja yang mana hanya 2 oma-oma yang duduk di sana, maka Susi menuju ke sana dan bertanya. Waaaaaaw… mereka sangatlah ramah dan menyilahkan kami duduk bersama mereka…Belum sampai 10 menit kami duduk, maka datanglah pelayan yang memberikan menu card kepada kami. Dan kamipun segera memesan, agar tidak menunggu lama, karena kami maklum, sangat banyak tamu yang datang. Nah saat kami memesan, terdengar bunyi lonceng di salah satu Gereja berbunyi, yang menandakan jam 12:00 siang…Lalu, apa aneh kalau sudah jam 12:00 siang…??? Lha itu dia, sudah waktunya orang istirahat dan makan siang Hahahahahahaha…!!!

Kami terlibat pembicaraan dengan dua oma yang sangat ramah itu. Salah satu oma, menawarkan salad yang dia dapatkan dengan memesan makanan. Dia bilang, dia tidak makan salad, karena menu yang dia pesan, sudah cukup besar…Tawaran dari seorang oma, mana Dj. bisa menolak dan langsung Dj. berterimakasih dan salatnya Dj. ambil…
Saat salah satu sedang ke belakang, maka Dj. beranikan bertanya, apakah kalian kakak beradik…???

Si oma senyum dan memberi penjelasan. Tidak, bukan kaka beradik, tapi kami teman sejak 60 tahun lebih…!!! Waaaaaaaaw, berteman sudah 60 tahun lebiiih…??? Saat nenek yang kebelakang datang, yang satu, bertanya…
Coba tebak, berapa umur dia dan saya…??? Dj. beranikan untuk menjawa…70 tahun!!! Dia bilang, SALAAAAAH…!!!
Dia sudah 91 tahun…!!! Dan saya baru 86 tahun…!!! GUBRAAAAAK….!!!

Oma umur 91 dan 86, tapi masih Fit dan cukup lincah…Malah yang umur 86 tahun, minta maaf, karena ada WA masuk dari cucunya…Hahahahahahaha…!!! Umur 86, masih main HP dan WA an dengan cucu…??? HEBAAAAAT BUKAN…???!!! Dan Susipun beranikan diri minta ijin untuk ambil foto bersama oma-oma…

Yang lucu, malah yang umur 86 tahun, sedikit tuli sebelah dan kalau kami bicara, dia bertanya ke yang umur 91,
atau kami ulangi dan sedikit teriak. Maka kamipun tertawa keras… Hahahahahahahahaha…!!!

Banyak gelak tawa bersama oma-oma dan mereka sungguh menyenangkan. Mereka banyak cerita, mempunyai 3 anak, 3 cucu dan 3 cicit…(yang umur 86 tahun). Yang 91 tahun, belum lama (beberapa tahun lalu) telah merayakan ulang Tahun pernikahan Diamond (60 tahun menikah). Yang mana, walikota Mainz hadir dalam perayaan. Susi bertukar nomer HP dan mereka pun merasa senang, bisa ngobrol dengan anak-anak muda…Bayangkan, umur menuju 67 dan masih dibilang muda…Hahahahahahaha….!!!

Satu saat, mereka sudah harus pulang dan kami pun berpisah…karena sudah jam 13:15. Mendengar mereka berkata, sudah jam 13:15 maka kamipun cukup heran dan bengong…Sudah 1 jam dan 15 menit, tapi pesanan makanan kami belum juga datang…HAAAAAACH…???!!! “§$?(/&)??? Itu dia, karena asyiiik ngobrol dengan oma-oma, sampai pesanan makanan lebih dari 1 jam belum datang dan tidak merasa lapar. Hahahahahahahahahahaha…!!!

Jelas, langsung Dj. panggil pelayan dan dia juga heran, malah balik bertanya, belum keluar…??? Maklum juga, karena banyak pelayan, jadi sedikit kacau…Akhirnya dia bilang, akan segera ke dapur dan menanyakan…

Itulah, kalau hati senang, maka rasa laparpun hilang atau paling tidak, bisa ditunda…HAHAHAHAHAHA…!!!
Dan setalah menunggu 15 menit lagi, maka datang lah pesanan kami…Steak daging untuk Susi.

Dan salmon steak untuk Dj.

Dan setelah selesai makan, maka kami akan bayar dan pulang…Tapi si pelayan sekali lagi minta maaf dan berkata, kalau minuman gratis, karena telah nunggu cukup lama…Hahahahahahahaha…!!!

Okay…Itu tadi pertemuan dengan dua oma-oma yang sungguh sangat ramah dan membuat lupa lapar…Hahahahahahaha…!!!

Terimakasih untuk perhatian anda semuanya…Terimakasih kepada pengasuh Baltyra yang selalu setia menayangkan oret-oretan Dj.

Dan mohon maaaf, bila orat-oretan di atas, banyak salah nulis, atau kata-kata yang kurang berkenan…

Semoga Kasih dan Berkat TUHAN, selalu menaungi kehidupan kita semuanya…

 

Salam manis dari Mainz
Dj. 813

 

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

4 Comments to "Kenalan Baru"

  1. Lani  20 October, 2018 at 23:33

    Mas DJ: Sudah umum di LN oma2, opa2 usianya lebih dari 80 masih mandiri, kemana-mana sendiri baik yg masih bisa berjalan sendiri atau dgn alat bantu walker atau teken (boso Indonesianya apa ya?). Bahkan yg msh sehat mereka masih stir mobil sendiri, kemandirian mereka mmg hebat…………

    Mereka memilih hidup sendiri, atau tinggal di nursing home drpd dirumah anak2nya, karena mereka tidak ingin menyusahkan mereka.

    Makanya orang mengatakan “age only numbers” biar tua asal sehat dan setuju dgn komentar James klu sdh sakit2-an lebih baik pulang kerumah Bapa saja………tapi itu keputusan ada di tangan Nya!

    Jadi ingat kalau sedang berkumpul bersama senior club di Kona, aku member termuda……….yg lainnya sudah 70 and up bahkan yg tertua 96 tahun walaupun dikursi roda akan ttp semangatnya itu lo perlu dicontoh!

  2. Cornelia Tairas  17 October, 2018 at 19:37

    Waah sungguh mnyenangkn brkenalan dgn oma2 dn masi sehat2 puji Tuhan.
    Dn lumayan buat Dj.bisa mngurangi asupan sampai tdk terasa lapar hehehe.
    Dj.tanya dong resepnya bisa seumur itu dn msih sehat nanti di oper resepnya ya ….

  3. James  17 October, 2018 at 09:56

    kalau masih sehat sih gak apa-apa sampai usia segitu juga tapi kalau sudah mulai menyusahkan orang lain lebih baik pulang saja kerumah Bapa

    kalau mencari teman seusia kedua Oma itu lebih asyik dibanding cari teman kaum muda, kalau kaum muda suka gak nyambung/beda selera

  4. samodra  16 October, 2018 at 20:08

    wow..sungguh pengalaman yg langka, jadi kapanpun dimanapun kita bisa berinteraksi dengan siapapun..salam dr Semarang..Tuhan memberkati, amen..

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.