Selamat Tahun Baru 2019

Dewi Aichi – Brazil

 

Satu tahun telah kita lewati bersama. Waktu seperti berlalu cepat melesat bagai busur panah yang dilepaskan. Kini kita akan segera meninggalkan tahun 2018 dalam hitungan jam, dan akan masuk ke tahun 2019 dalam hitungan jam. Setiap orang pastinya mempunyai catatan sendiri selama berada dalam kurun waktu satu tahun (2018). Semua berharap bahwa tahun ini mempunyai titik balik dengan rasa optimisme yang tinggi untuk memasuki tahun berikutnya.

Indonesia dengan ceritanya sangat beragam. Hadir dengan ceritanya yang sepanjang tahun ini mengangkat topik utama tentang tantangan terhadap nasionalisme di tengah keberagaman. Dengan maraknya berita yang diangkat di media online dan media sosial terutama, tantangan tentang nasionalisme, pluralisme semakin meningkat.

Ditambah lagi dengan tahun politik, yang juga masih akan berlanjut sampai tahun depan. Awal tahun 2019 pastinya sedang puncak-puncaknya mengenai topik politik dan pemilu. Dengan adanya pemilu, masyarakat Indonesia harus bisa meningkatkan kesadaran dalam mengutarakan opini, menyerap berita atau informasi yang ada demi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Kalau masyarakat mudah tersulut provokasi berita, alangkah disayangkan, sebab dengan demikian, akan terjadi kubu-kubuan yang sangat tidak baik untuk kesatuan bangsa. Kita bisa melakukan dengan minim reaksi. Jangan semua ditanggapi.

Akan lebih baik jika malam pergantian tahun baru kita lakukan tradisi daerah yang bisa dikembangkan untuk dijadikan ciri khas . Mengingat beragamnya suku bangsa di Indonesia ini, sungguh sangat menarik jika diangkat dan dijadikan topik.

Di BALTYRA ini yang dikunjungi hampir dari 200 penjuru negara, oleh warga Indonesia di seluruh dunia, bagus juga saling berbagi pengetahuan tentang tradisi masing-masing negara, seperti saya di Brasil, yang saya tau, tradisi masyarakat Brasil akan memakai baju putih sebagai simbol optimisme dan harapan di tahun mendatang. Di wilayah Bahia, mereka melarung perahu kecil, dengan bunga-bunga yang ditaburkan di tepian pantai sambil memanjatkan doa-doa harapan.

Saya punya teman orang Rusia, katanya di malam pergantian tahun, ada tradisi minum jus abu, wah…gimana rasanya itu, bayangin saja sudah mules hehe, jadi, orang Rusia akan menulis semua yang diinginkan, diharapkan di tahun berikutnya pada selembar kertas, lalu kertasnya di bakar, abunya dicampur dengan vodka, lalu diminum,  ada lagi Filipina yang membuka pintu rumah di malam tahun baru, Italia ciuman massal….

Di Jerman bagaimana tradisinya ya pak Djoko Paisan? Di tunggu ceritanya. Pak EA Inakawa, bagaimana Afrika? Yah, banyak lagi dari berbagai negara. Di Indonesia sendiri, setiap kepulauan juga punya tradisinya sendiri. Jawa, mereka tirakatan, doa-doa malam. Berkumpul bersama tetangga, menggelar tikar. Masyarakat Ambon akan membunyikan terompet tahuri, alat musik khas Ambon yang terbuat dari kerang. Tahuri berasal dari masyarakat pesisir Maluku yang biasa dipakai sebagai pengiring tarian tradisional seperti Tari Cakalele.

Selain semua itu, perayaan malam tahun baru juga ditandai dengan letupan-letupan kembang api yang sangat indah di berbagai negara, dan beruntun sebab setiap negara, benua, akan ada perbedaan waktu. Jadi bisa menikmati berbagai tampilan pesta kembang api di seluruh dunia.

Pada akhirnya, kita semua berharap, perdamaian untuk semuanya. Kerukunan berbangsa dan bernegara untuk Indonesia. Menyambut tahun baru dengan damai dan meriah. Di BALTYRA juga cermin dari pluralisme, semoga makin maju dan berkembang menjadi wadah yang baik dan mencerdaskan. Dengan mengoptimalkan warga BALTYRA yang terdiri dari berbagai suku, dan warga Indonesia yang sudah berdomisili di luar Indonesia, tentu bisa sharing tentang negara yang ia tempati. Dengan pikiran dan pandangan yang berbeda, namun tetap  bersatu sebagai orang Indonesia.

Selamat tahun 2019…Indonesia! Selamat tahun baru untuk warga BALTYRA di seluruh dunia.

 

 

About Dewi Aichi

Berasal dari Sleman Jogjakarta, saya blasteran (antar kelurahan maksudnya), happily married to a Brazilian guy. Dari Jogja merambah dunia. Pernikahan lintas benua adalah pilihannya. Setelah beberapa tahun di Distrik Aichi, Jepang, sekarang tinggal di Brazil bersama keluarga tercintanya. Tingkat sudrunnya setara dengan saudara-saudara sepersudrunannya seperti Nur Mberok, Elnino, Fire dan jelas Lani van Kona. Di sini saya bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa, saya hanya sekedar menulis apa yang saya rasakan, apa yang saya alami, dan apa yang menarik buat saya untuk ditulis. Jika ini bermanfaat untuk diri saya sendiri dan juga untuk teman-teman, saya sangat bersyukur

My Facebook Arsip Artikel Website

19 Comments to "Selamat Tahun Baru 2019"

  1. Swan Liong Be  4 January, 2019 at 18:05

    Sorry Moderator, komentrku sudah masuk kok, aku terlalu cepat “Complain” hehehe..

  2. Swan Liong Be  4 January, 2019 at 18:01

    Beberapa hari y.l. aku tulis sedikit komentar disini kok gak keluar ya?!

  3. Lani  4 January, 2019 at 06:16

    DA: Wah kalau tdk diceluk di WA aku ora mlayu disini……..bukannya tdk suka Baltyra…..msh tetap suka dan sll membacanya………

    Walaupun spt yg dikatakan oleh Lurahnya banyak yg pindah ke social media lainnya rak sah kuatir aku ora arep pindahan krn aku bukan penggemar social media jd tenang waelah….kkkk padahal yo mmg ono alasan lainnya….

    Wi, malam tutup tahun baru aku kerja balik kerja rencananya ingin melek sampai tengah malam ternyata matane wis dijembreng tetep wae ora kuat krn mmg tdk biasa melek (lek2-an) sampai telat……..

    Jadi jam 10:00 sudah terjerembab turu bablas tangi2 jam 12 teng krn ledakan mercon yg amat sgt memekakkan telinga akan ttp ora ono kembang api……

    Lebih baik begitu karena hanya buang2 duit dibakar lebih baik digunakan utk hal2 yg lebih bermanfaat…….

    Selamat Tahun Baru buat teman2 dirumah ini…….

    Semoga di Tahun Baru semua lebih baik dr tahun yg telah kita tinggalkan…….

  4. Dewi Aichi  3 January, 2019 at 20:55

    Betul sekali, tidak apa, tetapi tetap media seperti baltyra ini masih masuk media yang sangat bagus dan tidak boleh diabaikan. Social media memang lebih praktis, seperti punya website pribadi, melalui wall masing2 pengguna, mereka bisa memposting apa saja, foto, artikel, cerpen etc…bebas…

  5. J C  3 January, 2019 at 20:36

    SELAMAT TAHUN BARU Sahabat semua…bulan Agustus 2019 ini nanti BALTYRA akan berusia 10 tahun tak terasa. Dari awal mulanya, kemudian para kontributor dan komentator gedubrakan di sini, dan sekarang sepi tergantikan oleh platform social media yang lebih interaktif dan user friendly. Ini harus diakui…terima kasih kontributor dan para pembaca semuanya…

  6. Dewi Aichi  3 January, 2019 at 18:51

    Selamat tahun baru Alvina, sehat selalu. Di Brasil cuaca cerah sekali, panas bahkan, sehingga pesta kembang api di mana-mana meriah. Hanya saja tanggal 1 Januari, menjadi gelap, angin dan hujan, katanya beberapa wilayah di Indonesia juga begitu, pas pergantian malam tahun baru, cerah…setelah itu hujan deras di mana-mana, malah ada wilayah Sukabumi yang longsor.

  7. Dewi Aichi  3 January, 2019 at 18:48

    Selamat Tahun Baru 2019 bapak Swan Liong Be, sehat selalu pak..salam hangat saya untuk bapak ….

    Terima kasih untuk sharing cerita tahun baru di Jerman, benar ya, tradisi-tradisi seperti itu lama-lama ngga ada, dan seperti bapak, kami sekeluarga memilih melewatkan pergantian tahun di rumah, tenang, rileks, biasanya kami memenuhi undangan di luar kota, tapi kali ini tidak, kami benar-benar rileks dan asik banget di rumah bertiga. Makan kami pesan semua, sebab suami ngga mau aku sibuk di dapur.

  8. Alvina VB  3 January, 2019 at 08:48

    Dewi dan kel. Baltyra: Selamat tahun Baru 2019! Semoga sukses di tahun ini!
    Tahun Baru di sini hampir sama dengan di negara2 Barat lainnya, selalu tidak lupa sama dengan fireworks/kembang api, ttp thn ini rada2 gagal karena turun salju yg disertai hujan (fleet namanya), jadi kembang apinya ada beberapa yg tidak mencapai saasaran alias mendem, he…he….
    Tapi tetep semangattttttt!

  9. Swan Liong Be  3 January, 2019 at 00:21

    @Dewi Aichi, juga selamat tahun baru, selamat terpilih presiden baru, moga² pilihan yang cocok!
    Perayaan tahun baru dijerman sebetulnya tidak beda dengan perayaan dinegara lain, orang pada kumpul² ditempat atabu plaza dipusat kota dan menunggu peralihan tanggal.
    Dulu waktu anak² masih kecil aku ingat kami kumpul² dengan keluarga lain dimana timah dalam sendok dicairkan diatas api lilin kemudian cairan dilempar dalam waskom ygang berisi air dingin dimana cairan timah langsung beku dan keluarlah suatu bentuk yang menyerupai binatang atau pohon dsb.Tapi aku kira kebiasaan ini sekarang sudfah tidak ada lagi karena anak² zaman now hobbynya lain.
    Aku sih sekarang lebih enak tinggal dirumah, santai nonton TV , gak usah repot²! Kalo diundang aku tolak !
    Sekali lagi : Selamat Tahun baru , sehat selalu!

  10. Dewi Aichi  1 January, 2019 at 03:45

    Abhisam DM – abu waswas – Adhe Mirza Hakim – adhe nitha – Ady Nugroho – Agatha – agus benzaenuri – aimee – Alexa – Alfred Tuname – altje wantania – Alvina VB – amstrong sembiring – Ana Mustamin – Anastasia Yuliantari – Andie Makkawaru – Andi Gunawan – Andi Mangesti – Angela Januarti Kwee – Anik – anoew – anung – Anwari Doel Arnowo – Arca Angina – Ariffani – ary hana – Atite – Atra Lophe – audry djayasupena – Avianti Armand – awan tenggara – awettua – ayu sundari lestari – bagong julianto – bambang priantono – Bamby Cahyadi – bayu eljowo – Bayu Winata – Benny Arnas – Beny Akumo – Bernadette – Bisyri Ichwan – budiman hakim – bunda riga magistra – Cechgentong – Chandra Sasadara – charlie hartono lie – Chiko – Christiana Budi – Chusnato Sukiman – cinde laras – Cipta Arief Wibawa – Condro Bawono – Daisy – Damhuri Muhammad – daveena – dedushka – Desi Sommalia – dewi aichi – Dewi Pobo – Dian Marta Wijayanti – dian m balqis – Dian Nugraheni – Diday Tea – didik winarko – Dinanda Nuswantara Buwana – Dinar Manaf – djas Merahputih – djenar lonthang sumirang – djodi sambodo – Djoko Paisan – Donald F.R. Sendow – Donald Sitompul – Dwi Astini – dwi isti – Dwi Klik Santosa – Dwi Setijo Widodo – EA Inakawa – Edy Harjito – Edysatria Tarigan Girsang – el hida – elisabeth oktofani – Elizabeth – Elnino – Emilia Reiliasanti – Emi Suyanti – Emma Debora – Endah Raharjo – Endah Sulwesi – Enief Adhara – Enigma – enta nola – Erna Manurung – Evi Irons – evita marcondes – F. Rahardi – Fahri Asiza – Faizal Ichall – Faiz Hasiroto – Faris – Fidelis R. Situmorang – fikrul akbar alamsyah – fire – Firman – Galuh Chrysanti – gandalf the grey – GC – GeneNetto – Gisela – green borne – Gunawan Budi Susanto – Hadhimas Dwi Haryono – Hajrah Kadir – handoko widagdo – Hanna Yohana – hariatni novitasari – Hendri Isnaeni – Henky Honggo – hennie triana – Herlina Priambodo – Herluinus Mafranenda – hibatun wafiroh – Hilda Rumambi – Ibnu Khamais – Ida Cholisa – Ijah – Ikha Ismawatie – Iksan Purnomo – Ilhampst – Imam Dairoby – imeii – Indra Ganie – Indriati See – inong nuzuli – Ismu Sultan Alamsyah – Istiqomah Almaky – Isty – Ita Siregar – Itsmi – Iwan Satyanegara Kamah – janoary m. wibowo – Jemy Haryanto – Jenar Aribowo – jeng margi – jodhi yudono – Joko Prayitno – Jon Leung – josh chen – Julie Lulu – Jumari HS – junanto herdiawan – Jun Cai – Juwandi Ahmad – Juwita S – Kanakin – kang putu – Kathryn Piper – Kembangnanas – Khrisna Pabichara – Ki Ageng Similikithi – Kiki Setiawan – kine risty – king – Kolekdol Onthel – kornelya – Kuphuathe – Kupret el Kazhiem – Kurnia Effendi – kusnul istiqomah – Lala Purwono – Langit Queen – lani – lembayung – Leonardus Nyoman – leonny – Leo Sastrawijaya – Liana Safitri – lida – linda cheang – Liza – Louisa Hartono – luigi pralangga – Mahmud Jauhari Ali – Marhento Wintolo – Mark Heyward – Maryati – masopu – mastok – mawar – Me – Meazza – mega vristian – Meitasari S – mena larasati – mpek dul – MT – muhammad anhar – Muhzar – mutaminah – Nagz – Neng Tatu – nevergiveupyo – Nia – Night – non sibi – Nuchan – nuni – Nunuk Pulandari – Nur Hadi – Nur Mursidi – Nury Ris – Octavero – ODB – Odi Shalahuddin – osa kurniawan ilham – [email protected] – Pandu Ganesha – Patrisius Djiwandono – peony – phie – Prabu – pratiwi setyaningrum – pritha – Probo Harjanti – r. siska perez – R. Wahyu – R. Wydha – Rachmat Budi M – Rama Dira – Ratman Aspari – reca ence ar – Rieska Wulandari – rina s – Rina Серова IvaRksd – Risma Purnama – RM – roesmi s. rus – Rosda – roso daras – Rusdian Malik – Rusdianto – rya – Ryu & Yuka chan no mama – sakura – Sakya Sugata – Samantha Lie – Sanie B Kuncoro – saras – sasayu – saw – sekar – seroja white – silvia utama – sokanindya – Sonny Sayangbati – sophie mou – Stefano Romano – Steven Timotius Sunjaya – straight line – Suaedi Esha – Sugiyarti Ugie – Summer Girl – sumonggo – SW Pratikasari – syanti – tammy – Tantripranash – tara w setyanto – Tarsisius Sutomonaio – Tatang Mahardika – taufik daryanto jokolelono – Taufikul – teguh afandi – Tira Soekardi – titin rahayu – Tjiptadinata Effendi – Tjok Mas – Toha Adog – Tri Yudani – Uci – Ucique Klara – Uleng Tepu – Ulin – urip herdiman kambali – vera ernawati – Vianney Leyn – vicky laurentina – Wahyu Wibowo – wendly jebatu – Wesiati Setyaningsih – Wina Rahayu – wiwit sri arianti – Yeni Suryasusanti – yuli duryat – Yuli Sectio Rini – Yuni Astuti – Adriano – Usmantri Sukardi

    Semua kontributor baltyra tercinta…selamat tahun baru 2019.

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.