Bukan Petualangan Game of Thrones (2) Pula

Hennie Triana Oberst

 

Kota lainnya yang sangat menarik untuk dikunjungi adalah kota Pula/Pola. Jarak kota Pula dari Poreč hanya berkisar 50km, jadi tak butuh waktu lama untuk mencapai ke sana. Wilayah Pula diduduki bangsa Romawi pada tahun 177 SM. Banyak sekali yang bisa kita lihat peninggalan masa kejayaan Kekaisaran Roma di wilayah ini, salah satunya adalah Koloseum (Amfiteater).

Amfiteater adalah bangunan terbuka tanpa atap berbentuk bundar atau elips, di bagian tengahnya digunakan untuk area pertunjukan, dan sekelilingnya adalah tempat duduk berjenjang naik untuk para penonton. Bentuk Amfiteater Romawi kuno biasanya bundar atau elips, sedangkan Amfiteater Yunani kuno berbentuk setengah lingkaran.

Pula Arena

Pula Arena

Arena – Amfiteater

Koloseum ini adalah salah satu simbol wilayah Istria. Arena ini dibangun hampir bersamaan waktunya dengan pembangunan Koloseum terbesar di Roma pada abad I, pada masa pemerintahan Kaisar Augustus, kemudian dikembangkan di era Kaisar Vespasianus. Bentuknya elips, dengan ukuran 133x105m dan tinggi bangunan aslinya 32,5m dari bahan batu kapur, tempat ini mampu menampung penonton sebanyak 23.000 orang.

Koloseum Pula adalah koloseum keenam terbesar di dunia dan salah satu yang terbaik yang terpelihara. Sebahagian besar bangunan ini masih dalam bentuk dan kondisi aslinya walaupun di beberapa bagian ada yang hilang akibat penipisan karena usianya yang berabad-abad.

Pada masa itu Arena adalah tempat penyelenggaraan permainan yang paling mengerikan yang diselenggarakan oleh keluarga Kekaisaran, dan ditonton bebas oleh masyarakat, contohnya pertarungan Gladiator dan perkelahian antar hewan. Saat ini Arena digunakan untuk acara budaya, seperti Pula Film Festival, Gladiator Show, Konser Musik, Opera, Ballet, dan Sport dan, dengan kapasitas sekitar 5.000 penonton. Ruang bawah tanah difungsikan sebagai ruang pameran.

Kami menunggu antrian yang tidak terlalu panjang untuk memasuki Arena ini. Terlihat banyak rombongan anak sekolah yang berjalan menuju pintu keluar. Arena dibuka mulai pukul 08 hingga 23 pada musim panas, sedangkan saat musim dingin hanya sampai pukul 17. Harga tiket masuk 50 Kuna/orang.

Pula Arena

Selesai mengunjungi Koloseum kami istirahat sejenak, dan memilih salah satu restoran yang menghadap ke pantai, menikmati makan siang sambil melihat kesibukan di pantai.

Kota Pula

Gapura Sergii

 

Temple of Augustus

Hanya beberapa menit berjalan dari restoran, di samping gedung Balaikota terdapat Kuil Augustus. Tidak banyak terlihat pengunjung di sekitar alun-alun, sebahagian duduk di pinggiran alun-alun, sebahagian lagi mengabadikan bangunan bersejarah yang masih terlihat megah walaupun terlihat sisa kerusakan di beberapa bagiannya.

Kuil ini dibangun pada abad I dan didedikasikan untuk Dewi Roma dan Kaisar Augustus. Sebetulnya ada 2 lagi bangunan kuil yang identik di sekitar alun-alun ini, tetapi telah hancur dan hanya 1 yang tersisa. Sekitar 2 tahun kuil ini direkonstruksi dan direstorasi setelah hampir hancur dibombardir pada masa Perang Dunia II.

Temple of Augustus

Temple of Augustus ini salah satu monumen yang menggambarkan keindahan arsitektur Romawi pada masa awal Kekaisaran.

 

Kroasia, Pfingsten Juni 2019

bersambung…

 

 

6 Comments to "Bukan Petualangan Game of Thrones (2) Pula"

  1. Hennie Oberst  17 July, 2019 at 11:12

    JC bentar lagi bisa, anak-anak udah mulai gede, lebih seru pasti.
    Makasih ya

  2. J C  17 July, 2019 at 09:42

    Hennie, kepingin juga jalan-jalan ke Eropa Timur…belum kesampaian…hehehe…

  3. Hennie Oberst  16 July, 2019 at 18:36

    Terima kasih mas Dj.
    Oh mungkin kemarin itu lagi ada gangguan makanya fotonya nggak bisa terlihat.
    Liebe Grüße.

  4. Dj. 813  13 July, 2019 at 23:51

    Puji TUHAN . . . ! ! !
    Bisa melihat foto-fotonya . . . ! ! !
    Cerita yang sangat menarik . . .
    Sampai sekarang, Dj. tidak bisa melihat semua foto yang
    Dj. pajang di oret-oretan . . .
    Nah ya, siapa tahu di oret-oretan yang akan datang, bisia
    keluar foto-foto yang Dj. pajang .
    Salam manis dari Mainz .

  5. Hennie Oberst  5 July, 2019 at 11:44

    Terima kasih S.Goh.

  6. s.Goh  5 July, 2019 at 10:49

    bagus…nice road trip

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.