Indonesia di Awal 2019 (6)

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO… HALLO… HALLO…

Salam Jumpa dengan oret-oretan Dj. Mudik awal 2019, semoga anda semua belum bosan ya…Kali ini Dj. akan sedikit cerita saat akan ke Malang (tapi bukan malang melintang lho ya) Hahahahaha…!!!

Juga akan ccerita dan pamer makanan, hanya karena begitu sering diajak makan diluar, jadi tidak ingat semuanya. Maksud Dj. kami makan dimana, gitu lho….Hahahahahaha…!!!

Dari Surabaya, Dj. memesan tiket travel untuk ke Malang, dengan sedikit penasaran, maklum belum pernah naik travel.

Okay, Dj. pesan 1 tiket dengan tempat duduk di depan, jelas kalau milih tempat, harus bayar sedikit lebih mahal, tapi okaylah…Karena di depan, Dj. pikir bisa lebih jelas mélihat ke depan dan tidak berdesak dengan orang lain. Sedang di mobil kan lain dengan kereta api, okay…???

Okay, akhirnya jemputan pun tiba dan Dj. dikasih tempat di depan dan di belakang ada satu nona, muda. Mobil langsung menuju keluar kota dan Dj. juga sedikit heran dan bertanya ke sopirnya. Pak, ini langsung ke Malang dan tidak jemput penumpang yang lainnya…??? (tanya Dj.)

Sang sopir menjawab dengan tenang, ya beginilah, kadang penuh dan kadang hanya 1 penumpang, tapi show must go on…!!! Hahahahahahahaha…!!! Bisa saja ini sopir, ya syukurlah…

Di tengah jalan, kami dapat Box isi roti dan 1 gelas minuman, sopirnya juga makan,…Tapiiiii…, Setelah makan dan mobil jalan lagi, sang sopir mendadak jadi aneh…

Dia dengan tangannya yang yang lepas dari setir dan sering seperti orang mau menari, Dj. kira dia capek dan sedikit relax. Tapi Dj amati dari samping, Dj. sering melirik kekanan, ternyata dia sering berbuat demikian…Lama-lama malah ditambah dengan suara yang aneh, huuuk… ah… e… yaaaa….!!! Dan kepalanya ikut bergoyang.

Waduh, jangan-jangan dia kumat epilepsinya, semakin dekat kota Malang, semakin sering dan aneh…Dia antar anak mahasiswi dulu, setelah itu malah kesasar… semakin aneh, lha mana Dj tidak kenal kota Malang…
Seandainya kenal kota Malang, Dj. lebih baik minta turun… Hahahahahahaha…!!!

Dj. hanya bisa berdoa, semoga bisa sampai tujuan dengan selamat…!!!
Puji TUHAN…!!! Akhirnya sampai juga dengan selamat, tapi Dj. masih mikir itu sopir, semoga dia juga tidak lama mengalami itu penyakit yang aneh.

Tapi di samping itu, Dj. senang bisa sampai rumah keponakan dan bertemu dengan keluarganya, dalam keadaan sehat. Maklum orang kampoeng yang tinggal di apartemen, liha ini rumah begitu besarnya. Dj tanya, ini luas tanahnya berapa, kok dari dapan sampai belakang semua dibangun.

Dia sedikit tersungging, senyum dan menjawab, 1000 m2.
Haaaaaach, bangun rumah 1000 m2, mana bertingkat pula, hanya sedikit halaman depan dan belakang, GILAAAA…!!! Ternyata ini rumah ke-2 yang akan dibangun sebagai KLINIK, maklum suami istri dan anak, semua dokter. Okay, Dj. tidak akan cerita tentang itu rumah, tapi Dj. sudah dapat satu kamar di atas daaaaan… Waaaaaw…!!!

Karena Dj. datang malam dan karena cukup kecapaian, maka tidur pun nyenyak sekali…Pagi setelah mandi dan sudah bersih, ada yang ketok kamar, Dj. buka dan seorang wanita berkata, selamat pagi pak Djoko,
sarapan sudah siap di meja makan di bawah….Waduuuuh…Kok jadi seperti orang besar saja… Hahahahahaha…!!!

Saat sampai bawah, kok sepi dan tidak ada orang sama sekali, Dj. cari itu pembantu dan Dj. sedikit teriak… Hallo…!!! Baru dia nongol dan Dj. tanya, kok sepi, dimana semuanya…Dia jawab dengan tenang, sudah pada pergi ke Rumah Sakit, pak Djoko silahkan makan dulu. Waaaaaw, dimasakkan Pecel Lele juga ca kangkung… tahu saja kesukaan Dj. Hebat…!!!

Okay, karena di rumah sepi, maka setelah sarapan, Dj. jalan kaki ke kota, sedikit blusukan setelah lihat Google Map. Dan foto di bawah ini belum jauh dari rumah keponakan dan Dj. jalan… jalan… dan jalan…

Sampai satu saat kelihatan sudah di tengah kota, hanya saja saat akan nyebrang jalan, harus sangat berhati-hati…Jalan semakin padat dengan kendaraan dan sulit untuk nyeberang jalan. Sudah nyebrang di Zebra Cross dan tangan menjulur ke depan, masih saja tidak ada mobil atau sepeda motor yang mau berhenti….GIIILAAAAAA….!!! Katanya orang Indonesia sudah pada pinter, tapi injak rem saja belum bisa… Hahahahahahaha…!!!

Cukup lama Dj. jalan kaki dan sungguh sangat senang saat melihat ada KFC dan Mc. Donald…

Dj kaya orang bodoh, celingukan, karena melihat orang lain di bakinya ada sambal dan saus tomat…Karena tidak menemukan, maka Dj. beranikan bertanya ke seorang anak wanita dan dia sangat ramah menunjukan

dimana barang yang Dj. cari. Puji TUHAN…!!!

Setelah dapat sambel dan saus tomat, lalu mau duduk dimana…??? Jadi untuk ke 2Xnya Dj bertanya, apa boleh duduk di meja samping meja itu gadis cantik. Dia masih tersenyum ramah…Haleluya…!!!

Ada teman ngobrol, walau dia asyik sedang baca buku, sesekali Dj. ganggu dengan pertanyaan Dj. yang konyol…Hahahahahahahaha…!!! Ada teman ngobrol saja, Dj. sudah sangat bersyukur. mana Putri (itu nama si Gadis) sangat ramah dan ternyata seorang mahasiswi di kota Malang.

Okay, banyak ngobrol dan akhirnya kami harus berpisah, tapi Dj. masih minta no. HPnya, siapa tahu bisa bertemu lagi. Dj. kembali jalan… jalan… dan jalan lagi, tanpa tujuan pasti, jelas kesasar entah sampai mana. Anehnya, lha kok kembali di tempat yang sama lagi, malah ketemu toko OEN segala… Hahahahahaha…!!! Okay, karena kecapaian, Dj, milih nanya orang, dimana ada mal…Setelah tahu namanya dan Dj. masih nanya, apa di sana ada Starbucks Coffee…???

Dan Dj. pun sampai di sana dan langsung ingin istirahat di Starbucks Coffee, setelah pesanan Dj. dapatkan, mulai Dj. cari tempat duduk, sambil menikmati Java Chip Chocolate. Karena tidak ada teman ngobrol, ya sedikit membosankan, lalu Dj. ingat bahwa di ransel masih ada kacang goreng…
Asyiiiik, menikmati kacang goreng, tahu-tahu berdiri seorang satpam, entah darimana dia datangnya. Langsung bicara, Maaaf… bapak tidiak boleh makan makanan yang dibawa dari luar…!!!

H A A A C H…!!! GUBRAAAAK….§” § $ % %& & &/ ? ? ?

Dj. bela diri, emang mengapa tidak boleh…??? Bukannya, saya sudah beli minuman di sini dan mengapa saya tidak boleh makan makanan yang dibawa dari luar. Dj. jadi sedikit sewooot…!!! Dan jawab lagi, tidak relevan…!!! Ini bkan nasi rawon, bukan nasi campur, bukan sate, yang mungkin baunya mengganggu….tapi hanya sekedar kacang goreng… apa salahnya kacang goreng…???

Kalau saya tidak pesan minuman dan saya bawa minuman atau makanan dari luar, lalu saya makan di sini… itu saya mengerti. Tapi dia masih ngotot, pokoknya bapak tidak boleh makan makanan dari luar. Jelas, Dj langsung berdiri agar sama tinggi dan Dj bertanya, siapa yang bikin itu hukum…???
Mari kita ke tempat dimana saya tadi pesan minuman dan Dj. jelaskan apa yang terjadi. Dan pegawai Starbucks Coffee juga mengiyakan, atau membenarkan, lalu Dj. minta agar orang yang mengiyakan untuk keluar bersama Dj dan Dj. hanya kasih lihat tamu yang duduk di luar pada merokok..Tolong kasih tahu ke mereka, agar mereka tidak merokok, karena rokoknya, mereka bawa dari luar.

Sepertinya, mereka punya aturan yang mereka sendiri tidak tahu, untuk apa itu peraturan. Akhirnya datang seseorang yang kemungkinan, pimpinannya dan Dj. jelaskan sekali lagi. Karena Dj ke sini ingin menikmati ketenangan dan sekarang, Dj. merasa terganggu…Akhirnya mereka minta maaaaf dan Dj kembali ke meja dimana Dj. duduk.

Tapi apa yang terjadi, Java Chip Chocolate yang diatas meja, sudah hilang… Hahahahahahaha…!!! Dj. kasih tahu dan dia bilang akan diganti yang baru dan masih bertanya, nama, maka Dj. jawab Dj. 813.

Karena pimpinannya dengar kata Dj. dia bertanya, bapak Dj…??? Dj. jawab, ya… emang ada apa..Tidak apa-apa.. Bapak bukan orang Indonesia, tapi lancar bahasa Indonesia…??? Hampir saja Dj jawab… Mbaaah mu…!!! Untung tidak jadi… Hahahahahahaha…!!! Hari itu sudah capek jalan kaki, juga capek diganggu satpam yang berlagak seolah pemilik Starbucks Coffee…Sampai Dj. keluar dari Cafe, dia masih memperhatikan Dj. Dj. pikir sekalian Dj. ambil foto, kalau masih mau marah, ya silahkan…. Hahahahahahaha…!!!

Akhirnya Dj. pulang ke rumah dengan naik GoCar dan sesampai di rumah, keponakan Dj. sudah ada di rumah. Oom nanti kita makan di luar, okay…!!!
Malam itu kami keluar ke Rumah Makan INGGIL yang banyak Topengnya dan kalau tidak salah Mei juga pernah ke sana. Dan Dj sudah 2 Kali ke sana… Hahahaha….

Nah ya, untungnya, selama di Malang 4 hari, hanya sekali saja kejadiaan dengan itu satpam. Dan hari-hari berikutnya, Dj. sangat dimanja oleh keponakan sekeluarga. Kadang pagi sudah diajak sarapan soto, dan setiap malam diajak makan di restoran, kebetulan di jalan dimana mereka tinggal, banyak sekali restoran.

Jadi setiap malam makan di luar dan inilah yang Dj. makan selama di Malang, bersama keponakan sekeluarga…

Dan malam terakhir Dj. dibawa ke salah satu restoran yang cukup mewah…
Sorry mek sorry, Dj. hanya bawa celana pendek saja… Hahahahahahaha…!!!
Nama restorannya… “JAVANINE“ Puji TUHAN…!!! Bisa makan sate lagi… Hahahahahahaha…!!!

Okay…

Banyak sudah yang Dj. ceritakan, semoga tidak membikin anda bosan…Kalau masih bosan, ya nanti minggu depan, silahkan baca lagi ya…
Dj. akan cerita diajak keponakan ke kampoeng Pelangi yang sungguh sangat indah…

Dj. yakin anda tidak akan bosan, karena melihat kampoeng yang indah dan sangat menyejukan. Jangan lewatkan, silahkan tengok oret-oretan Dj. minggu depan… Okay… Hahahahahahaha…!!!

Mahon maaaf, bila banyak salah kata, atau kata salah ya…Terimakasih untuk semua perhatian anda yang selalu menanti oret-oretan Dj. di hari… sekarang jatuh pada hari Rabu.

Terimakasih kepada pengasuh Baltyra yang selalu tidak bosan menerima oret-oretan Dj. Semoga anda semua selalu sehat dan bahkan selalu di bawah naungan Kasih dan Berkat TUHAN…!!!

 

Salam manis dari Mainz
Dj. 813

 

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

19 Comments to "Indonesia di Awal 2019 (6)"

  1. Dj. 813  16 July, 2019 at 23:49

    Hahahahaha….
    Ya nggak tela pakai omong-omong….
    Paling bisa…
    Hahahahahaha….!!!

  2. Nur Mberok  16 July, 2019 at 23:41

    Kayaknya selalu ada wanita yg ga rela kakang Dj duduk sendiri dah. Hahahhaha.

    Bte itu resto Inggil makanannya enakkkk

  3. Lani  6 July, 2019 at 05:26

    “Karena pimpinannya dengar kata Dj. dia bertanya, bapak Dj…??? Dj. jawab, ya… emang ada apa..Tidak apa-apa.. Bapak bukan orang Indonesia, tapi lancar bahasa Indonesia…??? Hampir saja Dj jawab… Mbaaah mu…!!! Untung tidak jadi… ”

    Kuwi yang paling menarik buatku mas di artikel yang ini….ngakak sampai meh kwalik sambil korprollllllll………..wakakakakak……….

    Untung tidak dijawab “mbah mu atau gundul mu amoh”……..bisa jadi masalah……..

  4. Dj. 813  4 July, 2019 at 23:08

    Alvina VB 4 July, 2019 at 21:29

    Mas DJ, foto makanannya selalu gak ketinggalan ya, he..he… Btw, foto terakhir di mana? Sangat colourful!
    Danke buat cerita petualangannya di Indonesia, terutama dengan Starbucks, he…he….
    —————————————————————————

    Hallo Alvina . . .
    Terimakasih sudah mampir . . .
    Apa kabar, lama sekali menghilang . . .
    Yaaaa laaah . . .
    Makan kan harus . . .
    Apalagi kalau sudah lama tidiak makan makanan Indonesia, yang asli nya . . . . Hahahahahaha . . ! ! !

    Foto terakhir itu dii Malang, di kampung Warna warni . . .
    Dj. akan ceritakan mingu depan . . .

    Okay, silahkan tengok minggu depan . ( agar penasaran hahaha . . . )

    Salam manis dari Mainz . . .

  5. Dj. 813  4 July, 2019 at 23:00

    Linda Cheang 4 July, 2019 at 17:42

    Aku mau ketawa aja baca ceerita Oom Dj yang ini. Hahahahaha

    ———————————————–

    Hallo Linda . . .
    Puji TUHAN . . . ! ! !
    Senang, kalau Linda bisa tertawa . . .
    Baca oret-oretan yang akan datang, siapa tahu bisa tertawa juga .
    Mmentertawakan Dj. juga boleh.
    Tidak dipungut bayaran . . . Hahahahahaha . . . ! ! !
    Salam manis dari Mainz .

  6. Dj. 813  4 July, 2019 at 22:57

    Sierli FP 4 July, 2019 at 09:26

    Petualangan Om Dj seruuuuuuu….
    Saya ikut deg2an dengan kejadian di mobil travel dan di starbuck.
    ———————————————

    Hallo Sierli . . .
    Terimakasih sudah mampir . . .
    Benar sekali, kadang seru dan tidak membosankan .
    Selalu ada saja yang Dj. alami . . .
    Mungkin Dj. saja yang kurang sabar ya . . .
    Hahahahahahah . . . ! ! !
    Kalau dulu, ditegur satpam, Dj. milih pergi, entah sekarang kok
    malah ngajak ribut . . . Hahahahahahaha . . . ! ! !

    Salam manis dari Mainz

  7. Dj. 813  4 July, 2019 at 22:53

    Lady Diet 4 July, 2019 at 08:05

    Ceritanya menarik sekali opa Dj, kapan mau keliling lagi, selain Indonesia…ditunggu cerita2nya yang lain yaa..terimakasih, Tuhan memberkati, aamiin..‍♀️
    —————————————
    Hallo Lady Di atau Lady Diet . . . ? ? ?
    Hahahahahahaha . . . ! ! !

    Terimakasih sudah mampir . . .
    Semoga masih kuat untuk keliling lagi . . .
    TUHAN juga MEMBERKATI Lady Diet . . .

    Salam manis dari Mainz

  8. Dj. 813  4 July, 2019 at 22:50

    Cornelia Tairas 4 July, 2019 at 05:52

    Perjalanan Dj.memang luar biasa menyenangkan dan memerlukan energi yg cukup tibggi.
    Saya ikut tertawa geli mmbaca oret2an ini yg mana perjalanan k Malang sopir bertingkah aneh.
    Klo saya jadi Dj. sudah pasti turun hahahahaha ( takut ……
    Yang di Malang itu Boby?anak cucu Dr. Sartono.
    ————————————–

    Hallo Cory . . .
    Tarimakash su mampir . . .
    Nah ya, Dj. persiapkan cukup lama, itupun masih belum mencukupi.
    Maklum tidak muda lagi.
    Namun bisa 3 bulan Back Packer di Indonesia, sudah sangat senang .

    Ya, benar sekali . . .
    Sopir nya memang aneh, tapi itu juga menjadi satu pengalaman yang sangat bagus to.
    sehingga bisa bikin Cory tertawa . . . Hahahahahaha . . . ! ! !

    Yuuuuup . . . ! ! !
    Yang dimalang itu anak kaka, tapi namanya bukan Boby , tapi Bogy .

    Okay, salam manis dari Mainz .

  9. Dj. 813  4 July, 2019 at 22:43

    Rumini 4 July, 2019 at 04:14

    Mengesankan ya mas DJ.. semoga masih terua kangen Iindonesia..
    ————————————–

    Hallo mbak Rumini . . .
    Matur Nuwun, sudah mampir . . .
    Benar sekali, namanya juga tanah kelahiran, jelas akan selalu kangen .
    Nanti kalau dari Malang, Kediri, Solo dan Jogya . . .
    lalu Semarang, cerita pertemuan kita di Kuno Kuni . . .
    Hahahahahaha . . . ! ! !
    Salam sayang untuk keluarga dirumaah .

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.