Revolusi

Osa Kurniawan Ilham

 

Tahun 30 M. Di tengah-tengah situasi Palestina yang penuh dengan hegemoni laki-laki dalam kehidupan sosial maupun privat, Isa Almasih tiba-tiba menggemparkan peradaban dan kestabilan sistem ulama Yahudi dengan pemikiran revolusioner bahwa setiap orang harusnya bertanggungjawab dengan kesalahan dan dosa yang ia perbuat sendiri, bukan mencari kambing hitam dan menyalahkan orang lain atas kesalahan yang ia perbuat.

Terkhusus atas isu gender, Ia menaikkan standar kesempurnaan bahwa perzinahan bukan hanya dinilai dalam wujud tindakan tapi sudah dimulai sejak ketika masih dalam pikiran yang ngeres.

Untuk menunjukkan pentingnya tanggung jawab pribadi, secara hiperbola Ia mengibaratkan menjaga tubuh dan pikiran dengan memutilasi anggota tubuh yang sudah membuatnya bersalah.

Karenanya setiap orang baik tuan maupun puan haruslah bertanggungjawab menjaga pikiran dan sikapnya masing-masing, bukan dengan membuat aturan yang membelenggu salah satu gender sebagaimana yamg lazim terjadi dalam situasi saat itu.

Tampaknya pemikiran revolusioner ini pula yang menjadi salah satu penyebab yang berujung pada vonis hukuman mati di 3 tahun berikutnya.

“Kamu telah mendengar firman: Jangan berzinah. Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.

Maka jika matamu yang kanan menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa, dari pada tubuhmu dengan utuh dicampakkan ke dalam neraka.

Dan jika tanganmu yang kanan menyesatkan engkau, penggallah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa dari pada tubuhmu dengan utuh masuk neraka.”

 

 

One Response to "Revolusi"

  1. J C  17 July, 2019 at 09:35

    Perenungan yang bagus, mas Osa

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.