Bukan Petualangan Game of Thrones (3) Kuliner

Hennie Triana Oberst

 

Salah satu kuliner khas Semenanjung Istria adalah makanan lautnya. Seandainya aku tidak bermasalah dengan alergi makanan laut, tentu semua akan aku coba. Tapi demi menjaga liburan yang mengasyikkan, aku hanya berani mencicipi sedikit ikan. Ternyata berat juga untuk tidak mencoba, di depan mata sajian makanan begitu menggoda. Di samping makanan lautnya, masih banyak pilihan, dan setiap hari aku mencoba menyicipi masakan yang berbeda. Yang banyak juga dijumpai di Jerman, salah satu kuliner Istria adalah Cevapcici, dan juga yang hampir selalu tersaji adalah Ajvar, pelengkap makanan seperti saus, yang sangat populer di negara-negara Balkan. Bahan utama saus ini adalah paprika merah, dengan campuran minyak olive, bawang putih, lada, kadang ada juga yang menambahkan terung. Negara tetangga daerah ini salah satunya adalah Italia, maka tak heran jika banyak kemiripan makanannya, seperti Pasta, Risotto, Pizza dan lainnya.

Aku menyukai kopi, dan biasanya setiap pagi sarapannya dengan secangkir kopi. Kadang kopi dengan susu tanpa atau dengan gula. Tapi kalau minum kopi hitam lebih enak tanpa gula, menurut lidahku.

Di negara pecahan Yugoslavia ini, ketika pertama aku memesan es kopi, aku meminta es kopi tanpa whipped cream. Pelayannya menjawab, memang tidak ada whipped cream, hanya susu. Kemudian, tersajilah pesananku, segelas kopi susu dengan es batu. Begitu juga pesanan berikutnya di beberapa tempat. Jadi kalau ingin pesan es kopi yang isinya adalah es krim dengan kopi, harus pesan Affogato. Minuman ini mengingatkanku ketika makan malam bersama dengan Bu Nunuk di restoran Italia di Amsterdam beberapa tahun lalu. Suasana makan malam yang seru dan lucu, walaupun aku kehilangan tutup lensa kamera di sana, pasti terjatuh tanpa aku sadari. Mungkin pertanda aku akan kembali jalan-jalan ke sana lagi.

Tentang es kopi, ada juga pengalamanku saat jalan-jalan di Jepang, tepatnya di kota Osaka dan Kyoto beberapa tahun lalu. Hampir selalu jika aku mampir di cafe atau restoran, aku pesan minuman kopi. Waktu itu Musim Panas, jadi aku selalu pesan Es Kopi. Selalu yang dihidangkan adalah segelas kopi tanpa susu dengan es batu, ditambah gula cair dengan tempat terpisah.

Pertama kali aku pikir, mungkin hanya cafe itu saja yang menghidangkan dengan gaya tersendiri, tapi ternyata di mana-mana begitu. Atau mungkin juga aku yang kebetulan tidak menemukan es kopi seperti yang biasanya aku kenal. Tapi untukku tidak masalah, selagi rasa kopinya enak dan minumannya bisa menyejukkan udara panas yang lumayan menyengat. (Mungkin teman-teman yang tinggal di Jepang bisa lebih lengkap menjelaskannya). Tiap daerah pasti memiliki cara dan gayanya sendiri menyajikan makanan dan minuman khas mereka.

Semenanjung Istria juga terkenal dengan produksi Wine mereka. Akan banyak dijumpai iklan yang menawarkan wisata mengunjungi kebun anggur dan Winery, tempat pembuatan anggur. Kami tidak mengunjungi Winery, hanya membeli beberapa Wine, Snaps dan beberapa produk khas dari Istria.

 

Kroasia, Pfingsten Juni 2019

 

bersambung…

 

 

3 Comments to "Bukan Petualangan Game of Thrones (3) Kuliner"

  1. Hennie Oberst  2 August, 2019 at 12:57

    Terima kasih JC

    PerselingkuhanIntelek, Dewi, makasih.

  2. Dewi Aichi  31 July, 2019 at 18:16

    mantap nih menu-menunya..

  3. Perselingkuhan Intelek  31 July, 2019 at 12:28

    Hhmmm…..makanan yang sangat menarik untuk di cicipi….nyam..nyam…

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.