Menyentil Sistem Pendidikan dalam Sky Castle

Putri Ariffani

 

Maafkan sebelumnya jika tulisan ini akan sedikit panjang dan mungkin membosankan, apalagi tulisan saya ini berkisah tentang drama KOREA, what? :O Drakor?? Halah paling gitu-gitu aja, hehehe…Saya sendiri termasuk pecinta drama dan film-film Korea, mungkin karena saya sudah bosen dengan cerita film Hollywod atau film india yang menye-menye dan too much drama. Apalagi drama Indonesia alias sinetron, haduhhh bikin sakit mata. Hahahaha… banyak film dan drama Korea yang cerita-cerita yang di luar kebiasaan, bahkan dari hal-hal yang sederhana bisa menghasilkan alur cerita yang keren. Pun dengan efek-efek sinematografis yang tak kalah dengan Hollywood.

                Dan judul drakor yang saya lihat kali ini adalah SKY CASTLE,  bercerita tentang 5 keluarga yang bersaing dalam hal pendidikan anak-anak mereka. Awal episode ini sudah disuguhi dengan adegan bunuh diri seorang ibu dari salah satu keluarga.  Dan di tiap episodenya alur cerita semakin menarik. Pemeran dalam drama ini pun memerankan karakternya masing-masing dengan ciamik. Duhhh sampai-sampai saya sendiri merasa kesal dengan mereka. Dan ada satu adegan yang kece, dimana salah seorang ibu yang  berteriak tanpa suara kemudian menangis pun tanpa suara setelah tahu kenyataan tentang suaminya. Bahwa kesakitan seorang ibu begitu nyata ingin teriak tapi dia harus menahan semuanya sendiri demi keluarganya. Selain itu pengambilan gambarnya pun kece. Two thumbs buat penulis, sutradara dan semua crew. Tak lupa dengan soundtrack yang mendukung.

                Baiklah mari berkenalan dalam keluarga di Sky Castle, by the way, Sky Castle ini merupakan lingkungan elit, dimana tidak semua orang bisa tinggal di dalamnya.

 

                Kang Jong Sang’s Family

                SI Bapak, Kang Jong San adalah seorang dokter ortopedi yang sukses, yang seolah-seolah tak peduli pada jabatan, padahal memendam ambisi untuk memiliki jabatan di rumah sakit tempatnya berpraktik. Istrinya Han Soe Jin, ibu rumah tangga yang ambisius dan menghalalkan segala cara demi anak-anak dan dirinya agar terlihat selalu sempurna karena sehubungan dengan masa kecilnya. Memiliki 2 putri, Kang Yeh Seo yang pintar dan perfeksionis, memiliki banyak prestasi, dan adiknya Kang Yeh Bin, yang santai dan sedikit membangkang dari ibunya. Demi keinginan ibu mertuanya bahwa Kang Yeh Bin, harus menjadi dokter generasi ketiga , maka Han Soe Jin berupaya memberikan yang terbaik. Dan membuatnya bertemu dengan Kim Joo Young, seorang tutor pribadi yang ternyata memiliki dendam terhadap keluarga-keluarga yang tempat dia bekerja. (salah satu reviewer Sky Castle menyebutnya Nenek sihir Berkelas)

 

                Cha Min-Huyk’s Family

                Professor Cha merupakan dosen di salah satu universitas, (salah satu tokoh favorit saya), Istrinya Noo Seung Yhe, memiliki seorang putri, Cha Se Ri  dan 2 putra kembarnya Cha Ki Joon dan Cha Soe Joon, Prof Cha merelakan impiannya menjadi politikus demi mertuanya dan menjadi dosen hukum. Dia selalu menekankan kepada anak-anaknya bahwa anak-anaknya harus selalu berada di puncak paramida. (Prof Cha itu benar-benar cinta sama paramida) Karena sifatnya yang otoriter akhirnya membuat Cha Se Ri berbohong tentang kuliahnya di Havard. Istrinya sendiri sangat santai dalam pendidikan anaknya, dan karena tidak tahan dengan kelakuan suaminya, Noo Seung Yhe dan anak-anaknya meninggalkan Prof Cha, membalas dendam dengan cara yang anggun dan cerdik hingga Prof Cha menjadi luluh. Sebenarnya Prof Cha ini lucu-lucu menyebalkan, ada adegan dimana Cha Ki Joon membanting piramida Prof Cha sembari mengucapkan, “kenapa harus ada piramida jika dunia itu bulat”,   setelahnya Prof Cha diusir dengan cara yang lucu dan beberapa hari kemudian pulang membawa piramida yang lebih besar :D :D

 

                Woo Yang Wo’s Family

                Keluarga ini paling konyol dia antara keluarga yang lain. Dokter Woo merupakan bawahan Dokter Kang, karena itu dia selalu mengingatkan istrinya, Jin Jin Hee untuk selalu dekat dengan Han Soe Jin. Memiliki seorang Putra Woo So Hwan, yang sekelas dengan Kang Yeh Bin. Dalam hal pendidikan Jin Jin pun tak mau kalah dari yang lain, dia selalu menanyakan bagaimana cara-cara belajar anak-anak lain dan menerapkan ke So Hwan. Jin Jin sendiri tidak memiliki pendirian yang teguh  dan tak bisa jaga rahasia. Kekonyolan keluarga ini menjadikan drama ini  lebih berwarna  di kala adegan-adegan yang bikin tegang

 

                Park Soo Chang’s Family

                Dokter Park merupakan senior dari Dr. Kang, memiliki seorang putra Park Yong Jae,  yang lulus masuk Universitas Nasional Seoul. Dan kelulusan ini tidak diwarnai dengan aura bahagia, karena istri Dr. Park , Lee Myung Joo memutuskan untuk bunuh diri dan di kemudian dari keluarga inilah kita bisa mengetahui apa yang  terjadi setelah anak-anak mereka  ditutori oleh Kim Joo Young.  Dr. Park sendiri setelah kematian istrinya memutuskan keluar dari tempatnya bekerja dan  pindah dari Sky Castle.

 

                Hwang Chi Young’s Family

                Dokter Hwang adalah dokter baru di rumah sakit tempat Dr. Kang dan Dr. Woo, menggantikan Dr. Park. Memiliki seorang putra, Hwang Woo Joo, yang juga pandai tanpa mengikuti les apapun karena dibebaskan dalam hal belajar. Istrinya, Lee Soe Im, adalah ibu yang hangat dan memahami anak-anak , dan juga seorang penulis.  Keluarga paling demokratis di Sky Castle.

                Bumbu lain dalam cerita ini adalah Kim Hye Na yang ternyata anak dari Dr.Kang  dengan pacar pertamanya. Yang kebetulan pula di pakai oleh Kim Joo Young untuk menghancurkan keluarga Kang, namun akhirnya Hye Na mati terbunuh, dan Hwang Woo Jo difitnah sebagai pembunuh Hye na.  Kim Joo Young sendiri ternyata memiliki anak yang genius namun menjadi tunagrahita karena kecerobohannya sendiri.

                Dari drama ini kita bisa tahu bahwa untuk menjadi nomor 1 kita bisa melakukan apapun termasuk pembunuhan. Selain itu bahwa pendidikan  itu memang penting tetapi kejujuran tetap yang utama. Dan kita sebagai orang tua juga tak bisa memaksakan kehendak kita dan keinginan kita terhadap anak kita karena mereka berbeda dengan kita. Bahwa setiap anak terlahir dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan bahwa nantinya kehidupan seseorang sangat berpengaruh dari tumbuh kembang masa kanak-kanak hingga remaja.

                Melihat drama ini saya merasa beruntung memiliki orang tua yang demokratis dan tak pernah memaksakan kehendaknya. Orang tua saya selalu menuruti apa yang dimau dan diinginkan anaknya selama positif dan akan jadi anaknya nanti pun tak pernah mereka paksa. Selaku orang tua mereka hanya mendampingi dan menasehati bahwa tentu semua pilihan itu ada resikonya dan kami harus bertanggung jawab terhadap pilihan yang sudah diambil.

 

WE ALL LIE

(HA JIN) ost SKY CASTLE

we all lie

tell you the truths
sometimes we laugh and easily lie
Alright it’s a it’s faker
Shout it out
What you want for the world
Money Honor Beauty
Everything you want
Play with a mask to hide the truth
People cheat each other right
Is this really true
We all lie
tell you the truths
sometimes we laugh and easily lie
Alright it’s a it’s faker
Shout it out
What you want for the world
Money Honor Beauty
Everything you want
Play with a mask to hide the truth
People cheat each other right
Run away with me
It’ll be the way you want it
Is this really true
Is this…

 

PS: Salah satu drama favorit yang ide ceritanya cukup buat saya kaget. Yaitu tentang seseorang yang hobi bersih-bersih dan membuatnya menjadi tukang bersih professional. Your House Helper, setiap karakter dalam episode ini memiliki masalah masing-masing yang menyebabkan mereka memiliki masalah seperti “itu”. “itu” di sini adalah ketika kita memiliki kenangan terhadap suatu benda kita cenderung untuk menyimpannya dan tak merelakannya untuk dibuang. Adegan-adegannya singkat tetapi bermakna. Ditiap akhir episode drama memberikan tips-tips yang berguna buat sehari-hari.

 

 

2 Comments to "Menyentil Sistem Pendidikan dalam Sky Castle"

  1. ariffani  11 August, 2019 at 22:59

    wkwkwkw… 11-12 donk sama saya.. apalagi jalan ceritanya menarik.. bisa g tidur semalam. kalo libur kerja, seharian g bakal ngapa2in. nonton doank,,

  2. James  8 August, 2019 at 09:36

    drama korea membuat penontonnya addicted, istri saya bisa melek sampai jam 11-12 tiap malam

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.