“RUSIA-BRASIL” PUJI-PUJA Untuk HENING!

Adriano – Amazon

 

Entah mengapa saya selalu rindu berada di negeri Rusia. Bukan karena ada Vodka, minuman khas Rusia yang memberi kehangatan dari mulut hingga seluruh tubuh ketika tiba musim dingin, atau untuk menyaksikan jalur kereta api terpanjang di dunia, juga bukan untuk melihat keindahan benteng Kremlin. Tetapi semata-mata ingin menikmati segala pesonanya.

Rússia, negeri dingin yang melahirkan banyak sastrawan berkelas ini merayuku untuk setidaknya HARUS menikmati betapa indahnya suasana HENING saat MUSIM-MUSIM berlalu di sana dan betapa asiknya perawan-perawan kota sedang mekar menikmati HENING dengan BUKU-BUKU di tangan!

“Di Rusia, ruang hening menganga sepanjang Musim! Abang bisa temukan banyak orang lalu-lalang dengan buku-buku di tangan!! Saat ini saya berada di kereta. Ada gadis cantik di depanku. Dia serius membaca buku tanpa mempedulikan saya yang menatapnya dlm keheningan. Dia membuatku bodoh di hadapannya”, celoteh Milto Seran, teman misionaris yang bekerja di Rusia.

“Lu umpan tanya dia tentang Léo Tolstoy pasti dia akan berhenti berkonsentrasi pada bukunya,” ujarku.

Sambil tersenyum, dia melanjutkan, “gadis-gadis Rusia tetap terlihat CANTIK kalau mereka tetap dibiarkan seperti RAHASIA, seperti MISTERI.”

Ah, saya sedikit tercengang bercampur kagum! Sebab di Brasil, Negeri yang selalu mengawinkan BOLA, KEINDAHAN dan PESTA ini terlihat sangat kontras dengan yang dituturkan Milto!

“Gadis-gadis Latin Brasil akan tetap terlihat cantik, anggun, eksotik dan seksi justru ketika mereka MEMBUKA misteri dirinya untukmu kawan,” jawabku santai!

Kami berdua akhirnya senyum-senyum ngakak! 
Brasil dan Rússia, dua dunia dengan dua pemahaman keindahan-kecantikan yang berbeda! Tetapi justru di situlah letak keunikan tiap keindahan. Keren bukan?

Tidak seperti di Moscow-Rusia, di hampir semua negara bagian Brasil, hening itu keanehan.Dia hanya ditemukan ketika bermimpi!

Putri-putra Amazon Brasil menikmati hening dengan cara yang berbeda! Mereka terbiasa temukan ritme hening di antara deburan ombak dan gelombang, di antara semarak kota yang bising, di antara bar-bar yang gaduh sepanjang malam, di tengah pesta-pesta dansa harian dan pekikkan serta teriakan sorak-sorai sporter bola di lapangan dengan petasan di tangan!

Di taman, di bus, di kereta bukan buku yang dibawa…..! Jangan tanya mengapa? Mereka suka menikmati hidup! Ya, orang-orang Brasil adalah penikmat kehidupan.

Puja-puji untuk HENING di Moscow! Decak kagum untuk keramaian di Brasil.

Sampai pada titik ini saya akhirnya sepakat dengan LEO TOLSTOY, sastrawan Rússia itu ketika dia bilang:
“Tanpa mengetahui apa dan mengapa saya di sini, menjalani hidup ini serasa mustahil.”

Pantas saja Milto betah di Rusia karena dia telah mengetahui apa dan mengapa dia harus di sana.

Ah, RINDU akan HENINGMU, membawaku pada KEHENINGAN yang MERINDUKANMU..!
……….

BRASIL 
Saat membaca ulang obrolan bersama musafir Rusia!

 

 

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.