Indonesia di Awal 2019 (18)

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO…HALLO…HALLO…

Salam jumpa dengan oret-oretan Dj di hari Rabu yang sangat indah ini… Untuk meneruskan cerita minggu lalu, maka perkenankan Dj. lebih dahulu minta maaaf, karena cerita di Makassar ini.

Dj. hanya bagi 2 bahagian, sebenarnya sangat banyak cerita dan foto-foto yang Dj. ambil. Maaaaf untuk teman-taman di Mandai, karena selama 3 bulan di Indonesia sudah sampai bahagian yang ke 18. Semoga anda pembaca Baltyra, belum bosan ya…

Okay, semoga anda semua ada dalam keadaan sehat semuanya…

Pagi itu Dj. bangun di Fave Hotel di Makassar, dengan badan yang sehat, juga semangat dan langsung ke ruang sarapan…Tidak ada yang aneh, sampai satu saat ada bapak-bapak yang tidak jauh dari meja Dj. yang bicara di HP dengan setengah teriak. Bukan hanya itu saja, di ruang sarapan di hotel, cara duduknya pun sangat antik…seolah di rumah sendiri…Hahahahahaha…!!!

Dj. pikir….ya sudah lah, karena Dj. sudah lama meninggalkan Makassar, jadi harus bisa memaklumi dikit to…Hanya, lama-lama mengganggu pikiran Dj. karena suaranya semakin keras…Hahahahahahaha…!!! Dj. usahakan untuk tetap makan, tanpa memperhatikannya…

Semakin lama, ini bapak tidak berhenti telponan dan Dj. makan semakin banyaaaaak…Hahahahahahaha…!!! Setelah sarapan, Dj. ingin jalan kaki, tapi tidak tahu akan kemana…? Ahirnya Dj. bertanya ke Reception, dimana ada Mal, dia jawab ada Mal Ratu Indah, sekitar 4 – 5 Km. dari Hotel. Dj. pikir tidak masalah dan segera Dj. lihat di Google Map dan Dj. segera jalan kaki ke sana…Karena terik matahari, yang membikin Dj. kehausan dan setelah sampai, maka yang pertama Dj. cari adalah tempat untuk minum.
Puji TUHAN…!!! Di Mal Ratu ndah ada Mc. Donald…

Dan Dj. merasa nyaman, sampai satu saat datang nona-nona duduk di meja depan meja Dj. Dan ada sedikit aneh…

Olehnya Dj. segera berdiri dan cari tempat yang sedikit tenang…Puji TUHAN…!!! Dj. lihat ada Starbucks Coffee dan sepi, jadi bisa istirahat dengan tenang…Hahahahahaha…!!!

Setelah dari Mal, Dj. langsung dengan GoCar ke Mandai lagi…Karena janjian mau diajak ikutan Kebaktian Lansia di Mandai…Sangat menyenangkan, di samping bisa bertemu teman sekolah, juga bertemu dengan tetangga-tetangga lama…

Malamnya ada teman yang mau mengantar Dj. untuk menemui salah seorang Guru kami dulu, Bapak Titus. Tidak menyangka bisa bertemu beliau, masih sehat dan bahkan masih kelihatan muda…(nr. 2 dari kanan).
Bahkan beliau cerita, masih sering dengan sepeda motor ke Tana Toraja yang dia capai dalam waktu 7 – 8 jam. Hebat sekali…!!!

Setelah sedikit banyak bercakap-cakap, maka kami pamitan, karena masih ada yang ingin Dj. tengok. Yaitu ke Gereja dimana dulu Dj. dibaptis dan di Sidi, di Gereja ini. Waaaaaaaw…Kalau Dj. ingat, dulu ini Gereja dibangun hanya dengan papan saja. Sekarang sudah sangat modern, walau besarnya tidak banyak berubah…Malam itu, Dj. untung, bisa masuk ke Gereja, karena pas ada jemaat yang sedang latihan Koor (menyanyi)

Dan setelah itu, kami diaundang teman, untuk makan malam di rumahnya… Makanan sangat banyak, tapi Dj. pamerkan sukun goreng kesukaan Dj.

Dj. pulang ke Hotel cukup larut malam, tapi banyak yang istimewa yang hari itu Dj. alami… Dan ke esokan harinya, ya seperti biasa, sedikit jalan-jalan di Pantai dan siangnya bertemu dengan teman yang lain.

Karena pertemuan yang sungguh indah dan seperti biasa, Dj. ajak makan siang di Rumah Makan DINAR…Hahahahaha…!!! Dan dari sana, kami ke Mandai lagi, karena Dj. juga ingin ajak teman-teman makan malam dan ternyata di Mandai ada Restaurant yang cukup okay.

Bahkan ada beberapa teman yang bernyanyi untuk Dj. sangat mengharukan, pertemuan dengan mereka.

Pagi berikutnya Dj. dapat telpon yang mana suaranya tidak Dj. kenal…
Hallo opa, apa sudah di Makassar, aku Sandra, ternyata anak keponakan yang jadi pendeta di Makassar…Lumayan ada yang menemani makan siang, pikir Dj. Dan benar saja, dia detang dengan keluarganya, setelah selesai pelayanan di Gerejanya. Hanya saat menunggu mereka di Lobby, ada pemandangan yang cukup aneh, yang belum pernah Dj. lihat. Ada tamu hotel yang check out dan satu troli penuh dengan bantal…??? Untuk Dj. adalah pemandangan yang cukup aneh, Dj. pikir…apakah ini yang dinamakan tamu modern yang datang dan bawa bantal dan guling sendiri…? Nah ya, menang satu pengalaman juga…Hahahahahahaha…!!!

Cucu Dj saat kami makan siang di DINAR

Ke esokan harinya, suaminya menjemput Dj. di Hotel, karena Dj. ingin menengok sekolah Dj. dulu. Dan ini teman-teman juga setia menemani Dj.
Setelah banyak ngobrol bersama para guru dan kami sempatkan untuk foto bersama… Dan juga bersama kepala sekolahnya…

Dj. sempatkan untuk menengok rumah dimana dulu Dj. hidup ikut kakak, dokter AURI.

Menengok juga Rumah Sakit dan sekarang menjadi Klinik…

Ada satu pengalaman yang positif saat di Makassar… Maksud Dj. tidak semua pengalaman itu negativ, walau saat itu Dj. rasa, cukup membingungkan… Satu saat Dj ke Mal Trans 7 (Mal Studio) kalau tidak salah dan cukup jauh dari kota. Seperti biasa, Dj. gunakan jasa GoCar, karena murah…Sampai di tempat, Dj. tidak ada uang pas dan sopir tidak ada uang kembalian. Dj relakan, Dj. kasih semua, dia tidak mau, jadi kerjaan juga kan…? Karena kemana Dj. harus menukarkan uang tersebut…
Nah…di sini ada yang aneh…Setiap orang Dj tanya untuk tukar uang Rp. 100 rb, selalu berkata…Maaaaf bapak, tidak ada, bapak perlu berapa…???
Dj. sebut jumlah yang Dj. harus bayar untuk bayar GoCar…

Entah berapa orang yang Dj. tanya untuk tukar, jawabannya semua sama…
Bapak pakai saja ini uang dan jangan dipikir lagi…(padahal orang yang tidak Dj. kenal). Mungkin Dj. kelihatan seperti gembel, jadi semua orang ingin tolong Dj. Hahahahahaha…!!! Akhirnya Dj. terima uang dari salah satu bapak dan Dj. segera bayar dan lari masuk ke Mall untuk cari uang kecil.
Puji TUHAN…!!!

Saat, masuk Mal, ada toko yang menolong Dj. menukarkan uang Dj.
Langsung Dj. lari keluar lagi dan si Bapak masih ada duduk di anak tangga diluar dan Dj. kembalikan uangnya…Dia masih senyum dan berkata, mengapa susah-susah kembalikan ini uang…? Ternyata di Makassar sangat banyak saudaranya mas Iwan yang baik hati…Walau kadang tingkahnya sedikit aneh…

Seperti saat makan di Jepang Restaurant…Ada sepasang muda mudi yang makan dan bersila di atas kursi…Hahahahahahahahaha…!!!

Nah ya, ada pertemuan dan ada juga perpisahan dan akhirnya…
Esok hari Dj. juga harus ke Bandara untuk melanjutkan perjalanan Dj. ke Bali. Puji TUHAN….!!! Cucu Dj yang jemput di Hotel dan antar ke Bandara…

Setelah check in dan semua beres, maka sedikit melihat, siapa tahu ada oleh-oleh yang bisa Dj. beli.

Kemudian Dj. nunggu di depan Gate 3 seperti yang tertera di Boarding Card dan yang disarankan saat check in.

Setelah lewat waktu, kok pintunya belum dibuka juga, jadi sedikit kurang tenang…Saat akan cari infotmasi, tahu-tahu nama Dj. dipanggil dan harus lewat Gate nr. 5 HAAAAACH….!!!??? Untung tidak ditinggal… Hahahahahahaha…!!!

Okay, banyak sudah yang Dj. pamerkan dan semoga anda tidak menjadi bosan..Maaaaf kepada teman-teman di Mandai, juga yang tidak memberi klomentar, tapi selalu baca. Maaaaf, kalau banyak foto yang tidak Dj. pajang, karena sudah terlalu banyak…

Kita akan bertemu lagi dengan anda semuanya, minggu depan dengan cerita di Bali.

Terimakasih kepada anda semuanya, atas perhatiaannya yang begitu besar…Terimakasih kepada pengasuh Baltyra yang selalu menayangkan oret-oretan Dj.

Semoga Berkat dan Kasih TUHAN kita YESUS KRISTUS selalu menungi kita semuanya.

 

Salam manis dari Mainz
Dj. 813

 

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

11 Comments to "Indonesia di Awal 2019 (18)"

  1. Dj. 813  27 October, 2019 at 01:48

    Cornelia Tairas 25 October, 2019 at 13:50

    Waduh di Mks ketemu dgn orang bertingkah aneh2, boleh tahu yg cewe berjilbab bertingkah apa?
    Klo yg bpk, itu sfh memang demikian angkat kaki seenaknya.
    Dan yg lain kita juga ikut menikmatix. Senang dan kecewa bercampur jadi satu.
    ——————————————————
    Hallo Cory . . .
    Tarimakasih mi, sudah mampir . . .
    Maaaaf, Dj. juga tidak tahu yang mana yang Cory maksud kan, karena Dj. tidak bisa melihat foto .
    Di LapTop Dj. hanya tulisan saja dan Dj. banya ketemu yang berjolbab yabg aneh . . .
    Hahahahahah . . . ! ! !
    Salam manis dari Mainz .

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.