MENCINTAI PANGAN LOKAL: Ayo! Konsumsi Pangan Sehat, Segar dan Sejahtera

Anung F. Prayitno

 

SOSIALISASI Hari Pangan Sedunia (HPS) 2019

Gereja St. Arnoldus Janssen Bekasi

 

Latar Belakang

Saat ini, khususnya di kota-kota besar banyak kita jumpai gerai/restoran yang menjual produk makanan bukan asli Indonesia. Di sisi lain, bumi Indonesia merupakan negeri yang kaya akan tanaman pangan. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki tanaman khas untuk mencukupi kebutuhan pokok mereka. Namun, sebagian penduduk di wilayah Indonesia terjadi kelaparan karena adanya ketergantungan terhadap jenis karbohidrat tertentu (terutama beras). Kita perlu menyadari adanya bahan pangan alternatif karbohidrat dari jenis umbi-umbian yang sebenarnya sama kandungannya dengan beras. Akibatnya, saat beras sulit didapat, sumber pangan tadi juga cukup sulit ditemukan.

 

Keberpihakan Gereja

Option for the poor menjadi pegangan Gereja. Dalam perkara pangan, jelas petani adalah pihak yang lemah dan miskin dihadapkan pada kebijakan Negara. Pihak berikutnya adalah orang miskin. Dengan tema HPS “Mencintai Pangan Lokal: Ayo! Konsumsi Pangan Sehat, Segar dan Sejahtera” diharapkan kita menaikkan lagi pamor bahan pangan yang khas Indonesia tersebut. Maka lewat HPS, kegiatan-kegiatan memperkenalkan aneka olahan atau penganan berbahan dasar pangan lokal sangat dianjurkan.

Kepada generasi muda perlu ditunjukkan bahwa Indonesia kaya tanaman pangan yang kandungan gizinya juga tinggi.

Gerakan HPS juga diwujudkan dengan aksi mengumpulkan dana. Dana itu dikumpulkan untuk membantu orang-orang yang kurang beruntung supaya mereka mendapatkan makanan.

Lingkungan atau sekolah juga dapat menyalurkan bantuan pangan kepada masyarakat di paroki atau sekitar sekolah yang mengalami kesulitan dalam mendapatkan pangan.

 

Bahan-bahan Penguatan HPS

Komisi HPS membuat spanduk dan renungan harian yg dapat diunduh oleh seluruh umat di wilayah/Lingkungan. Kebijakan untuk tidak mencetak didasari pertimbangan untuk penghematan dan kepraktisan dan kepedulian pada lingkungan hidup.

Pengelola dana Aksi Puasa Pembangunan (APP) dam HPS saat ini adalah Tim Dana Solidaritas Sosial. Dalam ketentuan Dana Solidaritas Sosial (DSS), dana APP dan HPS digunakan untuk bantuan langsung kepada umat prasejahtera. Siapa pun boleh mengajukan ke DSS asalkan subjek sasaran yang dibantu jelas umat atau masyarakat prasejahtera. Kegiatan-kegiatan yang tidak terkait membantu masyarakat prasejahtera tidak dapat diajukan ke DSS. Sampai akhir tahun ini, proposal masih bisa ditujukan ke Komisi PSE untuk selanjutnya direkap dan disidangkan oleh DSS.

 

Pengumpulan Dana HPS

Paroki menggalang dana dengan cara yg lazim dilakukan di lingkungan melalui penyaluran sumbangan DSS melalui amplop (Dana Solidaritas Umat).

Dana Solidaritas Sosial membuat ketentuan untuk menegaskan ketentuan yang selama ini sudah dijalankan dan kebiasaan baik selama ini yaitu: setoran HPS adalah setoran wajib (untuk Paroki) karena penggalangan dana dilakukan dengan intensio dantisnya, maka tujuan penggalangan dana mengikat dan harus dilaksanakan.

Khusus di Paroki Bekasi, pembagian amplop “Dana Solidaritas Umat” telah kami distribusikan kepada perwakilan Lingkungan/Wilayah yang hadir saat Sosialisasi HPS tgl 20 Oktober 2019.

(Panitia HPS’19)

 

Berikut Foto-foto suasana Sosialisai HPS 

Panitia

 

Peserta Sosialisasi mengisi Daftar Hadir sekaligus Pembagian Amplop DSU

 

Diawali dengan “Berdoa Bersama”

 

Sosialisasi

 

Saat Kebersamaan

 

Sesi Tanya-Jawab

 

Antusias mendengarkan

Panitia HPS 2019 mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran Bapak/Ibu perwakilan dari masing-masing Wilayah dengan mencintai pangan lokal dan mengkonsumsi Pangan Sehat dan Segar menjadikan hidup lebih sehat dan Sejahtera, semoga program kegiatan yang telah direncanakan dapat terlaksana dengan baik.

 

Selamat berpartisipasi dan mengikuti Agenda kegiatan HPS!

 

MAKAN BERSAMA PANGAN LOKAL di Stasi SanPeRa 23 Oktober 2019 dan Stasi Yohanes Paulus II 27 Oktober 2019

 

Kegiatan Paroki :         Pembagian Bantuan Pangan  2/11

                                    Gunungan Hasil Bumi dan Expo Hidroponik 3/11

                                    Lomba Masak Kudapan Lokal 3/11

                                    Bazar Makanan dan Minuman 3/11

 

 

Info Daftar Hadir Sosialisasi HPS :      Wilayah Tengah : 73

                                                            Wilayah SanPera : 39

                                                            Wilayah YP2 : 48

 

 

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.