Makan Ikan Dorade

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO ANDA SEMUA DI BALTYRA…

Salam jumpa dengan oret-oretan Dj. di hari yang indah…

Dj. pernah dengar seseorang berkata “MAKAN ENAK TIDUR NYENYAK”. Entah apa dimaksudkannya, apakah itu yang dimaksud satu KEBAHAGIAAN?

Entahlah, tapi Dj. rasa semua orang mengharap, bahkan dalam doanya, entah diucapkan atau hanya dalam angan-angan saja, semua ingin bisa makan enak dan bisa juga tidur nyenyak…Benar…???

Tapi makan enak itu “relatif”, karena untuk seseorang, makanan itu bisa saja sangat enak, tapi untuk oreng lain, belum tentu enak… Misalnya, orang Surabaya, suka makan Rujak Cingur, Kupang, tapi belum tentu untuk orang Bandung. Orang Jogya suka makanan gudeg yang manis, orang Tapanuli suka makanan yang pedas dan lain-lainnya.

Okay, beberapa hari yang lalu Dj. sempat sedikit ngobrol di W.A. sama yu Lani yang tinggal di Hawaii, soal makanan. Yu Lani cerita, tidak bisa makan daging B2, tapi lebih suka makan ikan dan sayuran. Waaaaaw…makanan yang sehat, bukan…??? 4 jempol untuk yu Lani, apalagi ditambah jogging setiap pagi. TOOOP…!!!

Soal makan ikan, yu Lani bertanya, ikan laut atau ikan air tawar…?
Pertanyaan yang normal, karena memang Mainz, sangat jauh dari laut, sedang Kona, di tepi laut…Hahahahaha…!!! Jelas, lebih suka makan ikan air laut, tapi ikan air tawarpun Dj. tidak menolak. Dasar tukang makan ikan, kecuali ikan duyung ya yu…Hahahahahahaha…!!! Walau ikan air laut, di Mainz cukup mahal, tapi kalau ingin makan, ya dibeli juga. Apalagi di rumah hanya Dj. saja yang makan ikan…Dj. orang paling Happy, makan ikan tidak harus ingat yang lain.

Okay…

Misalnya ikan tuna mentah, harga di Mainz sekitar € 3,- / 100 gram atau € 30,- / Kg atau sekitar Rp 500,- rb. Atau mungkin ada yang jauh lebih mahal lagi, seperti yang dijual di Jepang, lihat harganya bisa langsung mundur.
Saat yu Lani bertanya ikan laut, ikan apa yang suka Dj. makan…??? Dj. jawab ikan “DORADE“, nah untuk menjelaskan ikan apa itu, maka Dj. kirim gambarnya saja agar anda semua di Baltyra juga melihat, apa yang Dj. maksudkan…ikan air laut, tapi mirip ikan mujair…

Nah itulah ikan Dorade bakar yang menjadi favorit Dj. kalau makan diluar rumah dan yang penting…Harus ada bawang putihnya dan atau lemon…
Tapi kalau di rumah, biasanya Dj. goreng dengan minyak zaitun secukupnya. Dan apa yanng harus dingat saat goreng ikan lebih dari 1 ekor…Apa itu…??? Saat memberi bumbu, jangan lupa garam, merica, ketumbar, sereh atau jahe…??? Bukan itu…Tapi kalau menggoreng atau membekar, kepala ikan jangan 1 arah, tapi usahakan untuk bersilang,
kepala dan ekor.. Mengapa harus demikian…? Karena kalau 1 arah dan kepalanya berdekatan, mereka akan ngobrol, jadi lama matengnya…HAHAHAHA…!!!

Ada plus dan ada minusnya, antara makan di restoran dan makan di rumah.
Makan di restoran, tinggal pesan, selesai makan, tinggal bayar, selesai perkara…Makan di rumah (di Mainz), harus masak sendiri, selesai makan, harus cuci piring…Hahahahaha…!!! Tapiiiii…. Makan di rumah, bisa bikin sambal sendiri yang diinginkan…Misalnya, untuk okan Dorade goreng, Dj. goreng juga sambal trasi dan tomat, dibubuhi pete, lalu di atasnya
dibubuhi kemangi…. waaaaaaw…!!! Mak nyuuusss tenan… Hahahahahaha…!!!

Okay…okay…okay…

Dj. tahu anda sudah ngiler, apalagi itu mbak Tree…Hahahahahahaha…!!!
Agar tidak banyak yang ngiler, maka Dj. tutup cerita tentang makan ikan Dorade…Mohon maaaaaaf, bila telah membikin ngiler anda semuanya…Hahahahahahaha…!!!

Terimakasih atas perhatian anda semua…Terimakasih kepada pengasuh Baltyra yang selalu menayangkan oret-oretan Dj. yang sederhana ini.

Semoga Kasih dan Berkat TUHAN, selalu menaungi kehidupan kita semuanya…!!!

Salam manis dari Mainz
Dj. 813

 

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

15 Comments to "Makan Ikan Dorade"

  1. Dj. 813  16 November, 2019 at 02:45

    Hallo Arifani…
    Terimakasih sudah mampir….
    Iya, Dj rasa yang linsa maksud ikan emas…
    Mana ada ikan.mas…
    Ikan mas Dj…
    Hahahaha….!!!!
    Salam manis dari Mainz…

  2. ariffani  16 November, 2019 at 00:32

    dapat petai drmana itu oppa.. duh pengen nyicip ikannya deh hehehhee

  3. Dj. 813  10 November, 2019 at 18:14

    Hallo James . . .
    Terimakasih sudah mampir . . .
    Benar sekali, mereka bersaudara . . . Hahahahahaha . . . ! ! !
    Jadi ingat lagu kanak-kanak dalam nhs Jawa . . .
    Bukan Doremi . . .
    Tapi . . . Remifaso ( l ), iwak tongkol . . . Hahahahahaha . . . ! ! !
    Salam Sejahtera dari Mainz .. . .

  4. James  10 November, 2019 at 09:45

    wow ikan bakar, mau dong plus ngiler. Ikan Dorado masih sodaraan dengan Ikan Doremi yah ?

  5. Dj. 813  9 November, 2019 at 01:04

    Lindaaaaa . . .
    Mosok ikan Dorede mirip ikan Mas, Mas Dj ya . . .
    Hahahahahahaha . . . ! ! !
    Atau yang Linda maksud ikan emas ( Gold Fish )

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.