Rokok (6)

Rizky Dwinanto

 

KISAH ROKOK TRANSGENDER

Pendiri Sampoerna Grup adalah Liem Seeng Tee, beliau yang menemukan formulasi rokok legendaris brand Dji Sam Soe. Putra beliau bernama Liem Swie Ling (Aga Sampoerna), namanya juga diabadikan sebagai nama rokok tapi tidak terlalu tenar.

Putra Aga Sampoerna bernama Putera Sampoerna (PS). PS adalah seseorang yang visioner dan pantang menyerah. Ketika sekolah di amerika, PS memprediksi bahwa di masa depan rokok akan berhadapan dengan isu kesehatan tar dan nikotin (tarnic).

Di negara barat rokok yang berkembang adalah rokok putihan. Semacam marlboro, dunhill dan lucky strike. Komposisinya polos hanya tembakau tanpa cengkeh. Tarnic yang dikandung lebih rendah dari rokok sigaret kretek mesin yang berkembang di indonesia ketika itu (Djarum, GG Surya, Bentoel Biru).

Pak PS memiliki visi untuk memperkenalkan rokok rendah tar nic dengan tetap bercitarasa Indonesia (kretek). Maka dimulailah sebuah proyek besar. Direkrutlah talenta-talenta peracik rokok. Salah satu diantaranya Fulan yang direkrut dari British American Tobacco.

Ketika itu Fulan adalah peracik rokok yang memulai karirnya di BAT sebagai mandor petani tembakau. Singkat cerita Fulan bergabung dengan Sampoerna dan bekerja mendevelop rokok jenis baru. Rokok citarasa indonesia tapi rendah tarnic.

Berhasil. Pak PS memberi brand A Mild. Kelak tanda tangan PS dibubuhkan di kemasan A Mild sampai sekarang.

Ini adalah ceruk pasar rokok jenis baru. Tak mudah memperkenalkan ke pasar Indonesia. Saat itu rokok di Indonesia didominasi rokok linting dan rokok SKM Filter. Tagline “how low can you go” disebar. Sampoerna mengguyurkan dana advertising sangat besar untuk iklan di TV dan spanduk-spanduk. Mensponsori kegiatan-kegiatan yang melibatkan massa besar.

Saudara kandung PS meradang. Dana iklan tak sebanding dengan pemasukan. Keuangan produk rokok A Mild berdarah-darah. Brand Dji Sam Soe mensubsidi habis-habisan. Tapi PS bergeming, dia membuat strategi rokok A Mild adalah rokok prestise. Kelas mahal. Meskipun total raw material costnya lebih murah dari rokok lintingan.

Di lapangan, rokok A Mild diledek sebagai rokoknya bencong. Nanggung, rasanya ringan. Perokok A Mild generasi pertama harus sembunyi-sembunyi, malu pada sesama perokok. Ketika merokok di toilet, perokok A mild akan pandangi tititnya. Kuatir mengecil.

Namun perlahan tapi pasti pasar bergeser. Perokok termakan isu kesehatan rendah tarnic. Juga termakan prestisenya rokok A Mild. Butuh sepuluh tahunan sampai Sampoerna grup mulai mendapat keuntungan dari brand A Mild. Hingga sekarang. Tapi kepemilikan Sampoerna sudah dijual ke philip morris di tahun 2004.

Saat ini rokok berjenis A Mild, disebut rokok SKM Mild mendominasi pasar rokok di Indonesia. Tahun 2013 rokok A Mild diproduksi > 50 milyar batang. Hanya A Mild saja. Total produksi rokok di Indonesia adalah 350 milyar batang/tahun. Jadi 1/7 rokok diproduksi di Indonesia adalah A Mild. Kalau ditotal semua brand, rokok mild mendominasi > 65% rokok diproduksi. Pabrikannya enak. Pakai mesin semua. Itu jasa besar dari PS dan Fulan.

Tentang Fulan, selepas mengembangkan rokok A mild dia dibajak Bentoel. Digaji 3x lipat. Dia mengembangkan rokok Star Mild. Formulasinya mirip-mirip. Bentoel tinggal terima jadi. Tak perlu mendevelop dari awal dan berdarah-darah mengedukasi netizen. Penjualan Star Mild sempat ranking dua untuk kategori rokok mild.

Dari Bentoel si fulan dibajak PT Nojorono kudus. Gajinya didobel lagi. Alasan Fulan pindah lebay-lebay dikit, agar dekat rumah. Di nojorono mengembangkan brand rokok Class Mild. Lagi-lagi formulasinya mirip-mirip. Nojorono terima jadi. Dan Class Mild sempat booming karena sering mensponsori acara musik live.

Konon si Fulan dapat royalti dari ketiga pabrikan tersebut. Kalau royalti dihentikan, rahasia rokok mild akan disebarkan. Konon. Tapi percuma, saat ini semua pabrikan sudah memiliki formulasi rokok mild. Djarum punya MLD mild dan LA Mild. Gudang garam punya surya Promild yang harganya murah.

Formulasi dari hasil membajak talenta peracik. Dari mantan anak buah Fulan di Sampoerna dan Bentoel. Tapi tak ada yang sekaya dan selegend fulan.

Demikian sekelumit kisah rokok mild, rokoknya para banci. Kuberikan kuis, sebutkan nama inisial fulan. Sebut jawaban di kolom komentar beserta nomer hapemu. Kalau bisa, aku beri hadiah pulsa senilai harga rokok A Mild.

 

 

One Response to "Rokok (6)"

  1. ariffani  26 November, 2019 at 18:54

    iseng ah siapa tahu dapat bonussan pulsa , (085930395379)

    si fulan adalah Muhammad Warsianto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.