HOBBY

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO ANDA SEMUA DI BALTYRA…

Salam jumpa dengan oret-oretan Dj. di Minggu ini…Harapan Dj. anda semua rajin berolah raga, agar sehat selalu…

Okay, kali ini Dj. jujur agak bingung, akan cerita apa…Karena terlalu banyak yang ada di kepala Dj…Hahahahahahaha…(sok tahu, padahal hanya tempe…)

Di Mainz /Jerman atau Eropa pada umumnya, saat ini sedang musim gugur dan suhu, di malam hari sudah minus. Dan siangpun, sekitar 3° C sampai 5°C, dengan demikian, jarang ada kegiatan di luar rumah…

Biasanya kegiatan dilakukan hanya di dalam rumah saja, olehnya orang Eropa pada umumnya memiliki HOBBY agar tidak merasa bosan di dalam rumah. Apalagi di Mainz, Mal saja tidak ada, jadi akan kerjakan apa saja di rumah…

Dulu ada yang nyeletuk ke Dj., pantas orang Eropa pendiam tidak banyak bicara, alias cool, seperti cuaca udaranya. Hahahahahahahahaha…!!! Iya lah…sampean mau ngomong apa juga silahkan…Tapi memang ada benarnya juga sih…

Ada teman fitness yang baru pulang liburan dari Indonesia… Waaaaaaaw…Indonesia sangat hangat sampai panas, sangat menyenangkan, seperti manusia / penduduknya…Dj. bertanya, maksud mu, bagaimana…???

Dia jawab, udaranya hangat sampai panas, seperti penduduknya yang yang ramah, mau menerima orang yang belum dikenal. Di semua jalanan selalu rame kendaraan dan manusia, apalagi di Mal, selalu ramai, juga hari Minggu. Tapi di satu pihak, juga cepat panas (marah), hanya soal sepele saja…Hahahahahaha…!!! Nah ini lah, karena beda lubuk, maka beda pula belalangnya…atau lain ladang, lain juga ikannya…

Mungkin juga cuaca dimana kita tinggal, juga bisa mempengaruhi karakter kita…?

Okay…okay…okay…

Kembali ke “HOBBY“, tapi memang hampir setiap orang di Jerman memiliki hobby. Entah hobby mancing, atau mengumpulkan tutup botol, hobby ngumpulkan perangko, hobby minum di Bar, hobby main Billyard. Dan mereka, bukan hanya sekedar hobby saja, mereka biasanya punya Groupe yang mana mereka bisa kumpul, satu minggu satu kali. Dj. pernah ikut Club Bowling, tapi setiap minggu selalu jalan dan bertanding ke luar kota.

Yang parah, Dj. pernah masuk disatu Club mancing, karena Dj. memang sejak kecil senang mancing. Mereka juga sering mengadakan perlombaan memancing, tapi…

Setelah memancing, apalagi kalau udara mulai dingin, di samping danau selalu ada rumah kecil, yang disebut juga rumah Club. Di sana ada Restaurantnya, mereka mulai ngobrol.. minum.. merokok…dan cerita yang lucu-lucu, kadang ada yang mabuk.

Ini salah satu yang masih Dj. ingat obrolan mereka…Salah satu member…berkata : Saya di Swedia, mancing, dapat ikan seberat 20 Kg.
Yang satu menjawab, itu belum apa-apa, saya di England mancing dapat ikan 130 Cm. dan juga sangat berat…Orang ketiga sudah sedikit mabuk dan ikut bicara, itu semua bukan hal yang aneh…Saya mancing di Sungai Rhein, dapat petromax dan masihnyala…semua tertawa… Hahahahahahahahaha…!!!

Ada lagi, seorang pemancing dinasehati oleh temannya…Hari Minggu bukan untuk mancing, tapi pergi ke Gereja, kalau kamu mancing, kapan kamu bisa berdoa…??? Si pemancing menjawab: Pernah kah kamu berdoa sungguh-sungguh berdoa…? Dan bukan hafalan?

Tidak ada doa yang sungguh-sungguh selain doa seorang pemancing…
Sambil memegang walesan, dia menengadah ke atas sambil berdoa…TUHAN…Kapan aku dapat ikan, seperti Petrus…??? TUHAN menjawab, jangan pakai pancing, pakailah jaring…karena Petrus tidak pakai pancing…

Inilah obrolan pemancing…Sebenarnya banyak hal yang lucu, namun karena asab rokok, Dj. jarang ikut masuk ke restaurantnya. Tapi hobby bonsai, yang dulu sekedar kalau ada waktu saja, tapi setelah pensiun, Dj. semakin rajin merawat bonsai…Kadang kalau ada teman yang tanya, berapa bonsainya…

Dj. jawab, karena Dj. tidak lagi memiliki banyak bonsai yang besar, maka Dj. jawab.. sekitar 300 pohon.Tapi…Hanya mini bonsai atau bonsai untuk meja tulis, juga disebut “MAME“ dan menurut Dj. bonsai ini bisa dimiliki siapa saja. Selain sangat menghemat tempat, Bonsai mini tidak berat, juga sangat cantik atau sangat menarik.

Dan sekali menanam klungsu (kata yu Lani), juga cukup banyak biji-biji lain yang Dj. tanam. Seperti foto di bawah ini, tanggal 14 Dj. tanam 50 klungsu di media kapas, jadi tidak kotor…Dan dalam waktu 10 hari sudah pada balapan untuk nongol. Dan nanti beberapa minggu lagi bisa dipindah kedalam pot, sekalian diproses akarnya…

Nah ini lah kesibukan Dj. setiap hari dan tidak harus keluar dari rumah, apalagi sekarang di luar cukup dingin…Setiap hari, jelas harus menyiraminya, setiap 6 minggu harus dipupuk, dengan pupuk cair, jadi tidak sulit. Tapi juga setiap 3 bulan dilihat, apakah kawat yang membentuknya, masih okay dan tidak memotong dahannya.

Karena, kalau terlalu lama dan dahan batangnya berkembang, maka kawat bisa masuk ke dalam dahan. Nah inilah hasil di hari Minggu ini, tidak banyak, tapi kalau setiap hari Minggu Dj. kerjakan, maka okay juga…

Ini Mini, memang sangat mungil, tapi tidak kalah cantiknya dari yang besar…Bahkan banyak orang menyukai yang mungil…Benar mbak Tree…e e e e…mbak Tree sedang senyum-senyum sendiri…Hahahaha…!!!

Ini yang di atas sedang sendirian dan di bawah, tiga bersaudara…

Maaf, tidak bisa semua Dj. pamerkan, karena terlalu banyak dan baru asyik merawat mereka, tahu-tahu dipanggil harus makan siang….

Nah ya, kalau sudah dipanggil, berarti makanan sudah ada di atas meja dan Dj. sudah harus berhenti dan cuci tangan…Waaaaaw…sampai di meja makan, ternyata ada Steak…aroma yang menusuk hidung… Hhhhhhmmmm…!!!

Waaaaaw…. Selamat makan Dj. Hahahahahahahahaha…!!!

Ternyata memang sangat leker, terutama saus asli bikinan Susi yang dibubuhi anggur dan daging yang sangat lembut.

Tapi menurut Dj, hobby yang paling menyenangkan, adalah hobby memelihara pacar…Hahahahahahahaha…!!! Nah mbak Tree juga setuju dan senyum-senyum sendiri, Hahahahahaha…. (Guyon…)

Okay, banyak yang Dj. sudah ceritakan…Mohon maaaaf, bila banyak salah kata, atau salah nutul (karena ini juga hobby Dj. sering salah nutul hahahaha…!!!

Minggu depan bila berkenan, Dj. masih ingin cerita tentang bonsai mini dan proses akarnya. Walau Dj. pernah cerita, bagaimana Dj. menanam Klungsu, tapi minggu depan, bila ada yang berminat untuk belajar.
Maka Dj. akan lebih banyak soal “AKAR “ bonsai mini ini..

Terima kasih untuk perhatian anda semuanya, yang selalu membubuhkan komentarnya. Terima kasih kepada pengasuh Baltyra yang selalu menayangkan oret-oretan Dj.

Kiranya Berkat dan Kasih TUHAN, selalu menaungi kehidupan kita semuanya.

 

Salam manis dari Mainz
Dj.813

 

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

10 Comments to "HOBBY"

  1. Dj. 813  6 December, 2019 at 10:11

    Terimakasih James, sudah mampir….
    Ini juga satiap buka baltyra, kadang bisa dan kadang eror…
    Kalau bosa buka, sudah nuöis , saat kitim, eror lagi…..
    Mudah-mudahan kali ini bisa tembus..

    Salam Sekahtera daei Mainz…

  2. James  3 December, 2019 at 09:45

    keren foto-foto cucu bonzai nya

  3. Dj. 813  30 November, 2019 at 01:21

    Hallo Lady Di….
    Waduuuuh…. sampai 2 kimentar, tanya pacar…. Hahahahhs….!!!!
    Pacar saja entah dimana, bagaimana mau pelihara…?
    Hahahhahah….!!!
    Salam.manis dari Mainz, juga untuk Cik Me Me… Hahahhah….!!!

  4. Lady Di  29 November, 2019 at 06:55

    Wah bisa juga ya memelihara pacar..benarkah???
    Hahahahaaa…..

  5. Lady Di  29 November, 2019 at 06:53

    Emang bisa ya memelihara pacar???….hahahahaaa…

  6. Dj. 813  28 November, 2019 at 19:56

    Hallo Cory…
    Tarimakasih mi. Su Mampir….
    Dj kan suka yanf mungil-mungil..
    Hahahahhaha….!!!!
    Ya, selama bia memlihara, tidak ada salah nya kan…?
    Hahahahaha… !!!
    Salam.manis dari Mainz..

  7. Dj. 813  28 November, 2019 at 19:54

    Hallo mbak Tree…
    Terimakasih sudah mampir…
    Dj yang berterimakasih, boleh menghibir mbak Tree…
    Hahahhhaha. …!!!
    Dalm.manis dari Mainz…

  8. Dj. 813  28 November, 2019 at 19:52

    Hallo Baltyra . . .
    Terimakasih, sudah menayabgkan oret-oretan Dj.
    TUHAN MEMBERKATI KITA SEMUANYA . .

  9. Cornelia Tairas  28 November, 2019 at 18:27

    Cantik2nya bonzainya dan mungil amat.
    Begitulah klo orang sudah hobbi pelihara bonsai apalgi hobbi pelihara pacar. Nggak capek ya … Hehehe

  10. Triyudani  28 November, 2019 at 18:23

    Hahaha lucuuuu .
    Matursuwun sdh menghibut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.