[Oase Hidup Malaikat Kecil] Bunga dan Cleaning Service

Angela Januarti Kwee

 

Aku pencinta bunga. Aku senang melihat keindahan dan mencium harum semerbaknya. Dulu, ketika masih di ibukota, aku senang membeli beberapa tangkai bunga mawar atau krisan dan meletakkannya pada pot kecil untuk membawa warna berbeda di kamar kost. Tapi, ketika kembali ke kota kabupaten untuk mulai bekerja, kebiasaan itu tidak lagi dapat kulakukan.

Bercerita tentang bunga. Di ruang kerjaku, tepatnya di atas meja salah satu rekan kerjaku. Ada bunga plastik berwana putih keunguan dan pink. Karena dari plastik, dapat dikatakan aku jarang memperhatikannya. Namun, berbeda denganku. Seorang ibu yang bekerja sebagai cleaning service memberi perhatian pada bunga plastik itu.

Ibu itu memang sudah lama bekerja di tempat kami. Dan biasanya, bila kami pulang terlambat, ia akan menanyakan dulu apakah ia dan beberapa rekannya dapat membersihkan ruang kerja kami.

“Masuk saja kak, nggak apa-apa,” tuturku.

Sambil ia membersihkan meja, kami berbincang. Ketika melihatnya menyemprot bunga plastik itu, seketika aku berkomentar “Rajin sekali kak nyemprot bunga itu”. “Biar terlihat lebih segar,” balasnya. Perhatianku terfokus padanya. Melihat ia memperlakukan bunga itu seperti bunga hidup.

Usai menyelesaikan tugasnya di ruangan kami, ia lantas berpindah ke ruang yang lain. Dalam kesendirian aku termenung memandangi bunga pastik itu. Ah, terkadang kita memang jarang memperhatikan sekitar secara detail. Atau, mungkin perhatian kita tidak lagi terfokus pada hal-hal kecil dan sederhana?

Sore itu, ibu cleaning service memberiku sebuah pelajaran hidup.

 

 

About Angela Januarti Kwee

Tinggal di Sintang, Kalimantan Barat. Bersahaja namun sangat dalam memaknai kehidupan. Banyak sekali kegiatan yang berkenaan dengan kemanusiaan, kebhinnekaan dan wujud Indonesia yang plural. Menembus batas benua dan samudra membagikan cerita kesehariannya melalui BALTYRA.com

My Facebook Arsip Artikel

3 Comments to "[Oase Hidup Malaikat Kecil] Bunga dan Cleaning Service"

  1. Alvina VB  20 May, 2020 at 06:42

    Hi Angela, masih kerja di kantor atau kerja dari rumah karena COVID-19?
    Btw, gimanapun juga bunga hidup lebih ok dari bunga plastik. Gimana kl tanam bunga di pekarangan rumah dan kalau sudah berkembang bisa dipetik dan dibawa ke kantor?

  2. Angela Januarti  10 May, 2020 at 13:41

    Hi James. Next, aku akan buat lebih panjang, ya. Yang ini memang dibuat singkat dan padat.

  3. James  10 May, 2020 at 09:09

    Angela, apa kagak kurang pendek nih artikelnya? sesudah sekian lama Baltyra bungkam beberapa saat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.