Pengetahuan dalam Sangkar Dogma Agama

Wesiati Setyaningsih

Bisakah kita membahas masalah-masalah dalam kehidupan kita tanpa mencampurkan dogma agama?

Pengalaman yang dibagikan oleh mas Juwandi Ahmad sangat menarik. Beliau yang dosen ini mengamati bahwa mahasiswanya selalu mengkritisi dari kacamata agama ilmu pengetahuan apapun yang beliau sampaikan. Nggak heran sih. Dulu pernah ada anak debat yang nanya, “dosa nggak ya Maam?” waktu kami dapat motion ‘teaching atheism at school.”

Itulah kenapa kemarin ketika saya membuka diskusi di kelas dengan topik ‘kissing scene, watch or not?’ saya berikan rambu-rambu dari awal. Jangan pake dogma agama di sini. Begitu pake aturan halal haram, habislah. Apa yang perlu dibahas? Nggak ada. Dengan satu rambu itu saja nyatanya anak-anak bisa jadi lebih kreatif berpikir. Diskusi berjalan lancar, menyenangkan sesekali ditingkah tawa karena ada pendapat-pendapat yang jujur tanpa takut dihakimi “dosa!”.

Kesimpulannya, andai kita bisa menyisihkan dogma agama, banyak hal baru yang bisa ditemukan dan dipikirkan. Kalau kita tidak terlalu ketakutan dengan label ‘dosa’, banyak hal positif yang bisa dilakukan. Agama mestinya dipakai untuk mengenali Tuhan dalam sebuah privasi. Tapi tidak digunakan membatasi keilmuan dan pengetahuan dalam koridor halal haram.

Jadi ketika ada yang membuat disertasi doktoral dengan topik memberantas ateisme dengan ideologi Pancasila, lantas hal baru apa yang dibahas?

About Wesiati Setyaningsih

Seorang guru yang tinggal di Semarang. Awalnya tidak ada niat untuk menjadi guru, tapi kemudian "kesasar" menjadi guru. Mencoba mendobrak "pakem baku" proses pengajaran, juga mendobrak ketidaklogisan pencekokan agama membabibuta di sekolah dan keseharian murid-muridnya. Sering dianggap "off-track" bahkan tidak jarang mendapat cap sesat karena sikapnya yang tidak seperti kebanyakan mainstream.

My Facebook Arsip Artikel

One Response to "Pengetahuan dalam Sangkar Dogma Agama"

  1. [email protected]  16 July, 2020 at 10:01

    Wuiiii…. hello

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.