Mekkah, Silicon Valley Genealogi

Mekkah, Silicon Valley Genealogi

Iwan Satyanegara Kamah – Indonesia SERIAL RAMADAN BALTYRA – HARMONI ISLAM – BARAT KETURUNAN NABI MUHAMMAD DI EROPA (5) Mekkah, Silicon Valley Genealogi NABI MUHAMMAD secara historis dan juga genealogis, berasal dari sebuah lembah yang cukup ramai dikunjungi orang, jauh sebelum beliau lahir. Lembah itu sekarang menjadi tempat tujuan jutaan orang setiap tahun. Namanya Mekkah atau […]

Kipling, penting ‘gak penting

Kipling, penting ‘gak penting

Iwan Satyanegara Kamah – Jakarta SERIAL RAMADAN BALTYRA – HARMONI ISLAM – BARAT KETURUNAN NABI MUHAMMAD DI EROPA (4) “Kipling, penting ‘gak penting” “BARAT adalah barat, timur adalah timur, keduanya tidak akan bertemu”, kata penyair Inggris Rudyard Kipling. Kata siapa ‘gak ketemu? Dalam tulisan ini pasti ketemu. Atau diketemu-ketemuin. Timur disini bisa disamakan dengan pengertian […]

Genealogy is Fun

Genealogy is Fun

Iwan Satyanegara Kamah – Jakarta SERIAL RAMADAN BALTYRA – HARMONI ISLAM – BARAT KETURUNAN NABI MUHAMMAD DI EROPA (3) "Genealogy is fun " KETIKA muncul sebuah berita di tahun 1986, bahwa Ratu Elizabeth II adalah keturunan langsung Nabi Muhammad, banyak orang terhentak. Orang siapa? Ya orang yang di barat maupun di dunia Islam. Mereka shock […]

Kitorang basodara

Kitorang basodara

Iwan Satyanegara Kamah – Jakarta SERIAL RAMADAN BALTYRA – HARMONI ISLAM – BARAT KETURUNAN NABI MUHAMMAD DI EROPA (2) “Kitorang basodara” BANYAK pihak menghabiskan biaya dan pikiran untuk mencari titik-titik temu, supaya antara Islam dan barat bisa rujukan. Bisa saling menghormati. Banyak tokoh-tokoh dunia ingin menjalani profesi juru damai dengan lembaga atau yayasannya. Tidak jarang […]

Nggak kenal, ya nggak sayang…

Nggak kenal, ya nggak sayang…

PENGANTAR: Pembaca dan pemandang Baltyra, selama bulan Ramadan akan tersaji tulisan sangat pendek berseri tentang hubungan harmoni antara Islam dan Barat. Tulisan hanya ini ingin menumbuhkan sebuah pengertian bagi siapapun yang ingin mengerti, bahwa antara kedua peradaban itu lebih banyak terjadi harmoni, kesamaan, persaudaraan dan kaitan sejarah kental antara Islam dan Barat. (Penulis).    Iwan […]

REPUBLIK INDONESIA. Revolusinya dari kamar tidur. Semangatnya dari toilet. Kedaulatannya dari humor.

REPUBLIK INDONESIA. Revolusinya dari kamar tidur. Semangatnya dari toilet. Kedaulatannya dari humor.

Selamat Ulangtahun Indonesiaku 9: REPUBLIK INDONESIA. Revolusinya dari kamar tidur. Semangatnya dari toilet. Kedaulatannya dari humor. Iwan Satyanegara Kamah – Jakarta HA HA HA HA HA…! Pasti ketawa orang bacanya. Tertawa seperti mBah Surip. Kok gitu sih? Nggak serius amat negara ini dilahirkan? Ya serius dong! Darah dan nyawa sudah banyak terbayar untuk harga sebuah […]