vicky laurentina

Bahasa Leluhur Njelimet

Bahasa Leluhur Njelimet

Vicky Laurentina Sebenarnya gw mau nulis ini dari beberapa minggu lalu, tapi gw lupa dan baru teringat. Nasib deh kalo kebanyakan ide buat ditulis, hihihi. Suatu hari gw dan teman jalan-jalan keliling Bandung. Pas lewat Jalan Cikapundung, dia terperangah lihat papan nama jalannya, terus motret foto di atas ini. Anda lihat bahwa di papan ini, […]

Nak, Jangan Lihat Burung Papa

Nak, Jangan Lihat Burung Papa

Bagaimana caranya mencegah anak-anak dari pelecehan seksual seperti yang dilakukan Babeh yang beritanya wara-wiri di media? Kita nggak bisa bilang itu semata-mata karena nasib buruk, tapi orang tua dari masing-masing korban layak ditanyai kenapa anak-anak mereka bisa berakhir seperti itu…

Cari Pahala Kok Ngoyo?

Cari Pahala Kok Ngoyo?

Vicky Laurentina Judul ini diskriminatif coz nggak semua jemaah blog ini ngerti bahasa Jawa. Maaf, maaf, beberapa hari ini gw cari terjemahan kata “ngoyo” dalam bahasa Indonesia, tapi gw nggak nemu juga. Ada yang nggak tahu kata “ngoyo” itu artinya apa? Kalau gw pikir sih, sebenarnya makna kata “ngoyo” itu ya lebay, usaha keras yang […]

Pemberdayaan Ibu-ibu Gaptek

Pemberdayaan Ibu-ibu Gaptek

Vicky Laurentina “Maklumlah, kan saya ibu-ibu, jadinya gaptek.” Kalimat itu gw baca di komentar sebuah blog minggu lalu. Pelontarnya adalah seorang wanita berumur hampir 40-an dan beranak dua. Gw mbacanya langsung miris kepingin nangis. Duh, nih ibu bodo bener sih? Bukan, bukan bodo lantaran gapteknya. Tapi bodo coz nyambung-nyambungin dua kalimat yang korelasinya sama sekali […]

Jual Diri

Jual Diri

Vicky Laurentina Ketika John Fitzgerald Kennedy mau ngapel ke rumah Jacqueline Lee Bouvier, dia mendapat kesulitan klasik yang dialami oleh setiap laki-laki yang mau melamar pacarnya: tidak disukai oleh calon mertua. Soalnya, JFK itu senator dari Partai Demokrat, sedangkan bokapnya Jackie penggemar Republikan tulen. Tukas Mr. Bouvier waktu itu, “Ketimbang gw beramah tamah sama Yankee […]