Sejarah, Suksesi dan Aqidah

Sejarah, Suksesi dan Aqidah

Anda pasti setuju kalau aku katakan bahwa sejarah terbaik Umat Islam adalah pada era Nabi dan sahabat-sahabatnya. Sedangkan sejarah suksesi (paralihan kepemimpinan) terbaik terjadi pada masa sabahat, terutama pada era Khulafa’ Ar Rhasiddun...…

Ramadan tetaplah Ramadan

Haedar Nashir, Khilafah dan Terorisme

Tuhanku Tak Berwujud, Kenapa Kalian Memaksa Berwujud?

Manusia Tidak Ada Gunanya

Diversity: Indahnya Indonesia View all

Tiga Kebijakan Anies Baswedan yang Layak Diteruskan

Tiga Kebijakan Anies Baswedan yang Layak Diteruskan

Anies Baswedan telah membuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuka diri untuk bisa berdialog secara terbuka dengan publik. Kelompok-kelompok masyarakat yang memiliki perhatian terhadap pendidikan di Indonesia bisa memberikan...…

Memberdayakan Tubuh

Komentar tentang Sekolah Swasta DKI

Melihat dengan Hati (2)

Catatan di balik Sebuah Eksekusi Mati

Opini: Opini Anda View all

Beli Satu, Gratis Satu

Beli Satu, Gratis Satu

Bagaimana kalo yang dipromosikan adalah paket resepsi pernikahan atau wedding package. Misal karena wedding organizer-nya baru buka lalu bikin promo tersebut biar cepat dikenal. Mungkin kalo ada pasangan yang hendak merencanakan resepsi pernikahan...…

Bukan Gerhana Durian

Telor Pecah dan Pecah Telor

Nurhayati (1)

Odol Diodol-odol

Humor: Jenakanya Kehidupan View all

Buku, Musik & Film View all

Jalan Panjang Menjadi WNI

Jalan Panjang Menjadi WNI

Buku ini memuat dua isu tentang menjadi Warga Negara Republik Indonesia (WNI). Pertama adalah isu tentang betapa sulitnya keturunan Tionghoa menjadi WNI. Kedua adalah isu bagaimana tidak jelasnya status warga negara hasil perkawinan...…

NUSANTARA View all

I Love Myself, I Love You

I Love Myself, I Love You

Ceritanya mulai tahun ajaran ini saya bikin yel-yel untuk di kelas. Mulanya saya terinspirasi dengan teman saya guru SMA di Solo yang berbagi saat pelatihan di Kudus. Dia bilang, dia bikin yel-yel untuk di kelas. Sederhana, Cuma “English, yes! Yes! Yes!”…

Food

Lebanese Grill

Lebanese Grill

Lalu pelayan datang lagi bawa batata harra. Ini tuh kentang goreng tapi dibumbu agak pedes gitu deh. Saya suka tapi kata temen rasanya biasa aja. Trus giliran humus shawarma chicken yang keluar. Humus itu makanan daerah mediteranean dan jazirah...…

Roti Pisang Mak Nyosss

Roti Pisang Mak Nyosss

Campur terigu, susu bubuk, ragi instant dan gula pasir. Aduk rata. Tambahkan telur dan air es sedikit-sedikit. Uleni sampai kalis. Masukkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit (saya bikin jam 11 malam dan karena gak ngembang...…

Asparagus vs Gado-gado

Asparagus vs Gado-gado

Asparagus bisa dibeli di Supermarket, atau kalau pas lewat satu desa, pasti ada petani yang menjual hasil panennya, bila musim. Ini Asparagus yang putih yang Dj. beli di Supermarket, ada yang eceran dan bisa pilih yang disuka/diperlukan dan kemudian...…

Kaastengel Gurih Gilak

Kaastengel Gurih Gilak

Resep dari rembes Dapur Ceria yang saya ubah sedikitKocok margarin dan butter sampai mengembang <-- ini maksudnya pakai mixer kali ya nah karena saya gak punya mixer ya campur rata aja pake garpu Masukkan telur, aduk rata...…

Bread Cheese Ball – I don’t know what went wrong

Bread Cheese Ball – I don’t know what went wrong

Ceritanya saya demen banget sama cheese ball-nya Rodizio Pretto - resto BBQ ala Bazil. Trus mbak Dewi Murni kasih resep dengan embel-embel 'gawene gampang sekali'. Saya contek resepnya tapi jadinya gajel. Mumbul sih tapi bawahnya gak mateng...…

Nasi Goreng dengan Italian Seasoning

Nasi Goreng dengan Italian Seasoning

Italian Seasoning itu maksudnya, campuran bumbu-bumbu yang biasa dipakai untuk masak kebanyakan jenis masakan Italian. Di dalamnya ada oregano, rosemary, thyme, basil, dan juga sering ditambahkan cylantro, garlic powder, dan sage. Nggak semua...…

Pinhão

Pinhão

Dewi Aichi – Brazil   Heloooooo, sampai saat ini belum pernah cerita tentang pinhão ya, padahal sudah 6 tahun di…

Tahu Gejrot

Tahu Gejrot

Basically, Kupat Tahu, isinya adalah irisan timun, irisan tomat, cambah, tahu goreng, irisan daun kol, atau kubis (tapi kali ini diganti Iceberg Lettuce karena juga ga punya kubis), dibumbui dengan ulekan kacang tanah goreng, bawang putih, cabe, kencur (ini juga skip...…

Bukan Cemilan Vampire

Bukan Cemilan Vampire

Tadi aku baca, cara pengeringannya adalah FREEZE DRIED PROCESS, itu adalah proses pengeringan makanan, dengan cara dimasukkan dalam dryer dengan suhu -40'F atau lebih dingin dari itu. Tujuannya adalah, makanan akan kering, awet, tentu saja, dan kandungan...…

LUNAS

LUNAS

Setelah jalan-jalan berdua menyusuri pinggiran sungai Rhein maka kami kembali lagi ke tengah kota. Perut sudah terasa sedikit lapar dan kami berbincang, mau makan di mana...??? Walau Mainz, kota kecil saja, namun cukup banyak pilihan Restaurant yang cukup enak. Pertanyaan...…

MANGUT

MANGUT

Okay, mangut adalah masakan khas Jawa. Biasanya dimasak dengan ikan atau belut yang sudah diasap terlebih dulu. Untuk Dj. lebih suka kalau mangut dengan belut, mengapa...??? E e e e e.... nanya lagi... diam kek, biar Dj jelaskan dulu, okay... Hahahahahaha...!!!…

Quinoa

Quinoa

Sementara menunggu jawaban, mari kita cobain dulu QUINOA ini. Dimasak dengan air, sampai mendidih, asatkan, dan tiriskan (karena setelah asat pun dia masih jemek, mengandung banyak air). Jangan lupa sebelum masak, dicuci di atas saringan dulu ya, biar bersih...…

Pecel Lele

Pecel Lele

Pendek cerita, itu hotel di kota Mataram cukup bagus, karena halaman belakang ada semacam kebun dan banyak binatang piaraannya. Nah, apa hubungaannya dengan Pecel Lele...?? Okay...Pecel lele adalah favorit Dj. kalau mudik dan kaka di Surabaya selalu beli ikan lele 1 minggu sebelum...…

Rebung Sebagai Ketahanan Pangan Pendukung Agro Wisata Kuliner Nusantara

Rebung Sebagai Ketahanan Pangan Pendukung Agro Wisata Kuliner Nusantara

Lima jenis bambu yang rebungnya paling umum dan tidak kurang 25 masakan Nusantara yang berasal sari rebung juga berhubungan dengan bambu, produk olahan rebung yang alan semakin berkembang sesuai dengan perekembangan bambu di Nusantara termasuk untuk pengobatan...…

Ikan Peda (2)

Ikan Peda (2)

Nah hal inilah yang menjadi tantangan untuk Dj. karena memang belum pernah makan ikan peda yang dikukus. Jadi dengan semangat 64, maka Dj. satu hari ke toko Asia untuk beli ikan peda. Toko Asia pertama, kosong...tidak ada ikan peda. Toko Asia ke 2, jujur kami jarang ke toko...…

Ikan Peda

Ikan Peda

Saat nunggu ikan peda di wajan, Dj. langsung keluarkan sayuran dari kulkas untuk lalapan. Lalapan...??? Biasanya sih kalau dengan sambal, Dj. lalap Romana (entah apa namanya di Indonesia), lebih enak di mulut. Tapi karena di kulkas tidak ada, ya pakai saja apa yang ada...Ada salat...…

Steak ala Djoko Paisan

Steak ala Djoko Paisan

Dan di bawah ini steak Jerman yang cukup terkenal, juga asalnya dari Brazil. Dimana duluuu...ceritanya dibawa pekerja-pekerja dari Brazil yang mencari batu permata di daerah kota Idar-Oberstein. Sehingga budaya ini, diambil alih oleh kebanyakan orang di Idar-Oberstein (Jerman)...…

Jenang (bungkus) Plastik

Jenang (bungkus) Plastik

Jenang gendul dan jenang sumsum, yang paling sering, selain beberapa jenang lain yang saya kurang tahu persis namanya. Yang pasti kala itu semua jenang tersebut dibungkus daun pisang. Saya dan saudaraku suka saling meledek, berapa jumlah gelindingan yang ada dalam bungkus...…

SARAPAN

SARAPAN

Oret-oretan ini Dj. tulis karena kejadian yang lucu...Saat bertegur sapa dengan Mei di FB. Saat itu di Mainz baru jam 4 pagi dan Dj. cerita baru bangun. Mei tanya, sarapan apa kakang...??? Dj. jawab, sarapan ya seperti biasa, dengan roti. Mei tanya, mana fotonya...??? Dj. jadi tertawa sendiri...…

MARKOBAR Semarang

MARKOBAR Semarang

Pilihan topping di sini juara, buanyak. Waktu itu beli martabak 8 rasa, ada taburan choco milk serut, dark coklat serut, nuttela, oreo, meses, keju, dan entah coklat macam apa lagi. Harga Rp 60.000. Rasa manis semua, yang gurih cuma rasa keju. Overall, selain taburannya yang terkesan mewah...…

Jalan-jalan View all

Menelusuri Jejak Tsunami Aceh

Menelusuri Jejak Tsunami Aceh

Provinsi Aceh yang dikenal dengan NAD (Nanggroe Aceh Darusalam), merupakan salah satu daerah yang tidak akan terlupakan karena aku memiliki pengalaman yang menguras emosi bersama-sama dengan para volunteer ketika merespon bencana...…

I am Fijian Boy from Natewa

Setelah rehat sejenak sambil menikmati air kelapa, sesuai adat kami maka kami, paman dan bibi membawa hadiah kava kering terbaik yang akan diberikan kepada saudara bapak tertua di Natewa. Kava pemberian tersebut nantinya akan diproses menjadi...…

Jalan-jalan ke Rüdesheim

Jalan-jalan ke Rüdesheim

Setelah 1 jam lebih menikmati pemandangan di Niedrewalddenkmal, maka kamipun kembali turun dan ke kota Rüdesheim, dimana di sana banyak cafe dan toko souvenir. Banyak sekali yang bisa dilihat dan dibeli untuk oleh-oleh. Sebelum kami...…

Info View all

Keloid dan Minyak Jarak

Keloid dan Minyak Jarak

Ary Hana   Saya memiliki keloid yang cenderung memanjang dan melebar, hasil operasi 7 tahun lalu. Panjangnya lebih 12 cm, belakangan ini terasa gatal, panas,…

Telor

Nasi vs Obesitas

Trilanda Kongreso de Esperanto Story (1): The Course

Historia View all

Catatan Ichiyo – Perempuan Miskin di Lembar Uang Jepang

Catatan Ichiyo – Perempuan Miskin di Lembar Uang Jepang

Penggalan kalimat tersebut merupakan canda Kuniko, adik Ichiyo, 200 tahun lalu di suatu siang yang cerah. Ichiyo menanggapi dengan mengatakan pada adiknya untuk meneruskan mimpinya, karena itulah satu-satunya yang dapat dilakukan oleh keluarga...…

Perang Jawa Libur Selama Ramadan

Terganggu Tugu Tani

Penggali bukan Penemu

Dunia View all

Obat Kuat ala Liberia Onigoo, Omagoo

Obat Kuat ala Liberia Onigoo, Omagoo

Dalam kurun waktu 3 tahun semenjak mengawali penugasan di Liberia dulu pada periode 2004 - 2010, dalam beberapa kesempatan ngobrol dengan kawan lama saat cuti mudik di tanah air, dari beberapa chat session pada instant messenger itu...…

Pinter-pinteran

Ditraktir Lagi

Kenapa Perancis Dijadikan Sasaran ISIS?

Indahnya Kebersamaan dan Persaudaraan

Dari Redaksi View all

Happy Birthday Ke 7, BALTYRA

Happy Birthday Ke 7, BALTYRA

Bahagia bahwa BALTYRA telah mencapai nilai-nilai sosial budaya, adat istiadat, kekeluargaan hingga bertahan sampai sekarang. Semua ini tidak lain adalah berkat kesetiaan anggota , baik penulis maupun pembaca, juga tidak lupa peran besar dari...…

Mencari Apa di BALTYRA?

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H

In Memoriam buat kamu yang kami cintai: Zeverina…

BALTYRA 6 Tahun

Agriculture View all

Busa Vegetal

Busa Vegetal

Seperti ingin membersihkan semua kotoran yang menempel di badan sebelum merasakan nikmatnya tempat tidur dan meluruskan kaki yang begitu pegal seharian. Setelah badan bersih, menyenderkan diri ke dalam bantal empuk, sambil membaca...…

Digital Farm Membangun Indonesia dari Hulu di Sektor Pertanian

Ancaman bagi Petani dan Sektor Pertanian

Bertanam dengan Sistem Aquaponik

Sampoerna Agro, Ekspansi Terbatas Karena Pendanaan Meskipun Land Bank Luas

Pojok Seni & Sastra View all

Jawaban

Jawaban

Kejenuhan dan kebingungan melengkapi rasa kuatir dalam ketakutan yang membuat dilema kian jelas. Tautan yang disuarakan seakan tidak menjadikan sebuah jawaban. Di manakah kaki ini berpijak? Dan di manakah nurasi rasa berada yang menjadi...…

Hanya Bisa Menunggu

[AMNESIA – The Future Story] Masa-masa Tak Terlupakan

Tak Akan Goyah

[Kisah Pembawa Risalah] Nuh