Agama Buat Saya

Agama Buat Saya

Orang tua saya Islam. Ibu saya mulai belajar saat menjelang tua dan sejak saat itu jadi semakin kolot. Padahal dulu di SMA itu saya milih sekolah...…

Karena Agamamu

Surga dan Kegilaan

Simbol Visualisasi Indonesia

Benarkah Mereka Ulama?

Diversity: Indahnya Indonesia View all

Ketika Agama Jadi Mata Pelajaran

Ketika Agama Jadi Mata Pelajaran

Banyak orang protes kalo agama dihapus dari mata pelajaran di sekolah. Padahal ketika agama dijadikan pelajaran, sebenarnya justru...…

Perilaku Hakim Melenceng, Mafia Peradilan Bergentayangan

LILLAHI TA’ALA

Merah Putih atau Putih Merah

Bijak

Opini: Opini Anda View all

Cewek Cantik Juga Kentut

Cewek Cantik Juga Kentut

Suatu kali saya menempati sebuah kost. Tempat itu sebuah kost khusus laki, dengan sekitar 8 kamar, dengan dua kamar mandi di luar...…

Pantai Baywatch dan Pantai Warkop

Jangan tertukar, biar nggak tukaran

“Betul, njenengan sedang berada di Yogyakarta…”

Marintan AM – After the Love Has Gone

Humor: Jenakanya Kehidupan View all

Buku, Musik & Film View all

Teach Like Finland

Teach Like Finland

Keberhasilan Finlandia dalam memenangi rangking PISA (Programme for International Student Assessment) pada tahun 2001 membuat...…

NUSANTARA View all

Abdi Manggarai Timur dan Uniknya Fashion Show Manggarai Timur

Abdi Manggarai Timur dan Uniknya Fashion Show Manggarai Timur

Abdi Manggarai Timur adalah nama sebuah Koperasi Kredit (Kopdit) di Kabupaten Manggarai Timur. Sebagai lembaga keuangan non bank...…

Food

Yang Unik di Bali – Sate Susu di Kampung Jawa

Yang Unik di Bali – Sate Susu di Kampung Jawa

Bulan Ramadan memang selalu menjadi bulan yang istimewa. Terutama menjelang berbuka puasa dimana akan banyak sekali para penjual makanan...…

Kripik Parmesan dan Guacamole

Kripik Parmesan dan Guacamole

Teman-teman, sudah agak familiar dengan kripik keju, kan ya..? Sejauh yang mbak Di tau, keju apa pun bisa dibikin kripik, cuma mungkin beda-beda dikit di rasa dan...…

BAKPAO

BAKPAO

Benar sekali dugaan Dj., ternyata dia (Daniel) sedang bikin bakpao...Karena penasaran, maka Dj. buka tutup pancinya dan dia teriak...Paaaaa...jangan dibuka dulu. Dj. tanya, mengapa kan papa...…

Cumi-cumi

Cumi-cumi

Djoko Paisan – Mainz, Jerman   HALLO…HALLO…HALLO… Salam jumpa dengan oret-oretan Dj. Mari masak bersama Dj. (yang sok tahu…) Hahahahahahaha…!!!…

Bobor Daun Kale dan Jagung Manis

Bobor Daun Kale dan Jagung Manis

Bumbunya sederhana saja, bawang bombai iris, bawang putih bubuk (garlic powder), kemiri (candlenut) dihaluskan, ketumbar (coriander), merica (white pepper), garam, dan sedikit gula pasir buat penyedap rasa...…

Hawaiian Toast

Hawaiian Toast

Kebetulan Dj. juga ngobrol dengan yu Lani dan kemudian pertanyaan yang sama, masak apa hari ini mas...??? Dj. cerita kalau malam ini kami hanya makan “Hawaiian Toast“. Kali ini yu Lani mungkin heran...…

Spaghetti ala Djoko Paisan

Spaghetti ala Djoko Paisan

Djoko Paisan – Mainz, Jerman   HALLO…HALLO…HALLO… Sekarang Dj. akan cerita tentang makanan dan yang jelas tidak asing bagi kita…

Kripik Pisang Balado

Kripik Pisang Balado

Siang tadi baru nyobain cemilan khas Bandar Lampung ini. Sebetulnya makan kripik pisang sudah biasa, tapi yang rasanya balado seperti ini baru pertama kali nyicipinnya. Maklumkanlah.....belum pernah jalan-jalan ke Bandar...…

Rolade Isi Telor dan Sayuran

Rolade Isi Telor dan Sayuran

Lalu dicampur semua ya, diuleni sampai campur semua. Lalu siapkan daun pisang, ratakan daging secukupnya, isi dengan isian yang kita suka, gulung kayak bikin lontong, semat lidi ujung-ujungnya, lalu habis itu dikukus...…

Kopi Tau, Anda Harus Tahu

Kopi Tau, Anda Harus Tahu

Sebetulnya ada 3 macam kopi Toraja yang mereka punya, merujuk pada asal kebun, yaitu Sapan (Sa’pan), Latimojong, dan Pulu Pulu. Walaupun wilayahnya saling berdekatan, tetap memunculkan rasa yang berbeda...…

Chicken Wrap

Chicken Wrap

Ini chicken wrap yang aku buat waktu acara sarapan bersama murid, guru dan orang tua di kelas anakku. Makanan dan minuman seperti biasa dibagi, siapa membawa apa. Biar tidak membosankan, aku bawa sesuatu yang...…

Kue Sudah Pasti Enak

Kue Sudah Pasti Enak

Bagi yang suka keju, tentu saja. Kue klasik, Kastengels ini, kali ini dibikin dengan keju Edam beneran. Dibilang keju Edam beneran, karena dulu di Indonesia, kalau mau jualan Kastengels dan pakai keju Edam, maka harganya...…

Onigiri

Onigiri

Onigiri adalah salah satu menu kesukaan kami sehari-hari. Kalau kebetulan kami ke Liberdade, yaitu sebuah tempat mana di situ berpusat imigran Jepang, dengan pusat perbelanjaan tipical Jepang. Di Liberdade, serasa berada...…

Cucumber Salad ala Jepang

Cucumber Salad ala Jepang

Cuci bersih timun, iris tipis kalau punya alat iris pakai alat iris biar bisa tipis. Taburi garam, ini fungsinya untuk melemaskan timun yang sudah diiris tadi. Biarkan selama 5 menit. Setelah 5 menit, cuci lagi dan peras pelan...…

Penggemar Tahu Bersatulah

Penggemar Tahu Bersatulah

Para penggemar tahu. Mungkin anda tidak tahu atau tidak mau tahu. Di masa lalu kita bisa menikmati tahu seutuhnya, secara holistik menikmati kegemaran akan tahu. Tetapi beberapa dekade akhir ini telah terjadi penistaan...…

Tempe

Tempe

Tinggal di luar Indonesia untuk waktu yang lama, sering membuat lidah rindu juga dengan makanan yang enak ini. Di Jerman sekarang ini relatif gampang menemukan Tempeh di toko khusus yang menjual bahan makanan Asia...…

Jepang Banget

Jepang Banget

Iseng-iseng mengingat beberapa makanan Jepang yang di Jepang sangat diapresiasi sebagai makanan yang sangat bernilai kebudayaan dan menjadi kebanggaan bangsa Jepang. Orang asingpun pasti awalnya mikir-mikir dulu mau icip-icip. Tapi Jepang...…

[Menu Ndeso] Lodeh Lompong alias Batang Talas

[Menu Ndeso] Lodeh Lompong alias Batang Talas

Halooo...ketemu lagi dengan saya orang ndeso yang hobinya masak masakan ndeso hahaha...Kali ini aku mo share resep bikin lodeh dari batang talas, atau biasa di tempatku disebut dengan lompong. Lompong ada banyak banget jenisnya, tapi...…

Chickpea Salad

Chickpea Salad

Chickpea merupakan nutrisi yang sangat berkualitas. India dalam keseharian mengkonsumsi ini. Beberapa hari lalu, saya dan beberapa teman ke resto India, kebetulan saya memilih menu soup yang berbahan kacang ini. Dan yang paling bagus karena...…

Selera yang (telah) Bergeser dan Goreng-goreng

Selera yang (telah) Bergeser dan Goreng-goreng

Hampir setiap hari si Mak goreng ayam yang sebelumnya diungkep bumbu kuning. Kegiatan ini ga begitu cocok bagi orang yang hidup di apartemen, karena menggoreng ayam dengan memakai minyak banyak, uap panas minyaknya nempel di mana...…

Jalan-jalan View all

Malioboro – Jogjakarta

Malioboro – Jogjakarta

Kami masih di Jogja dan... benar sekali, kami tidak lama di Jogja, karena tujuan ke Jogja, untuk Eva yang hanya ingin melihat Candi Borobudur...…

Wudangshan (1): Mengunjungi Kuil Tao

Wudangshan (1): Mengunjungi Kuil Tao

Saya datang di musim yang salah, saat tidak ada kompetisi. Seharusnya saya datang pada minggu ketiga September, saat kompetisi antar para...…

Borobudur dan Prambanan

Borobudur dan Prambanan

Salam jumpa dengan oret-oretan hari Selasa yang indah ini, dimana kami akan jalan-jalan ke Borobudur dan Prambanan... Puji TUHAN...…

Info View all

Between Us and Chimpanzee (-and Indonesian Scientist)

Between Us and Chimpanzee (-and Indonesian Scientist)

Pasti deh kita sering dengar lelucon tentang kemiripan antara kita dengan simpanse, gorila atau orang utan. Memang tidak salah, hanya sedikit...…

Don Bosco Salamun

Gerakan Budaya Sadar Bencana, Mulailah dari Diri Sendiri dan Keluarga

Jual Beli Online

Historia View all

260 TAHUN PURA MANGKUNEGARAN 1757-2017: Sartono dan Yamin

260 TAHUN PURA MANGKUNEGARAN 1757-2017: Sartono dan Yamin

SEORANG pengurus Kongres Pemuda II berani melawan anggota kepolisian Belanda yang hadir dalam pembukaan kongres tersebut...…

260 TAHUN PURA MANGKUNEGARAN 1757-2017: Jumenengan Dalem

260 TAHUN PURO MANGKUNEGARAN 1757-2017: Radio Republik Indonesia

Omar Dhani

Dunia View all

Doktrin Teror

Doktrin Teror

Siapa sebenarnya 305 muslim termasuk 27 anak-anak yang dibantai di Masjid al-Rawdah Sinai Utara Mesir, Jumat 24 November pekan...…

Thanksgiving’s Day

Pelajaran Agama di Sekolah

Mabok Agama

Indonesia Incar Industri Menengah Italia

Dari Redaksi View all

BALTYRA Pelangi Indonesia

BALTYRA Pelangi Indonesia

DEMOKRASI Indonesia menuju ke bentuk demokrasi digital. Ruang publik dunia maya menjadi tempat baru dalam proses diskusi, deliberasi...…

Ke Mana Arah BALTYRA?

PERTEMUAN

In Loving Memory: Zeverina 07 July 2010 – 07 July 2017

HAPPY NEW YEAR 2017

Agriculture View all

Busa Vegetal

Busa Vegetal

Seperti ingin membersihkan semua kotoran yang menempel di badan sebelum merasakan nikmatnya tempat tidur dan meluruskan kaki yang begitu pegal seharian. Setelah badan bersih, menyenderkan diri ke dalam bantal empuk, sambil membaca...…

Digital Farm Membangun Indonesia dari Hulu di Sektor Pertanian

Ancaman bagi Petani dan Sektor Pertanian

Bertanam dengan Sistem Aquaponik

Sampoerna Agro, Ekspansi Terbatas Karena Pendanaan Meskipun Land Bank Luas

Pojok Seni & Sastra View all

Kemana?

Kemana?

Kemana kita setelah subuh Jangan kebanyakan mengeluh Kalau tidak ingin hidup runtuh Kemana kita setelah Dzuhur Dengan sesama...…

Anugerah Terindah

Patung

Menunggu Restu (Pengangguran Merindukan Kerja)

Selembar Surat Lamaran