Persepsi, Interpretasi dan Refleksi

Persepsi, Interpretasi dan Refleksi

Saya, kamu, dan banyak orang itu tak benar-benar tahu apa yang sesungguhnya terjadi, entah di Suriah, Myanmar, atau di tempat lain. Ini adalah dunia yang penuh kepentingan, dimana peristiwa bisa direduksi, kejadian...…

Wudhu

Apolos, Kudoakan Dikau Jadi Presiden Republik Indonesia Pertama dari Tanah Papua

Shalat Jumat

Menjadi Atheis Sejati (2 – habis)

Diversity: Indahnya Indonesia View all

INDONESIA DAR AL SALAAM BUKAN DAR AL ISLAM

INDONESIA DAR AL SALAAM BUKAN DAR AL ISLAM

MALAM ini menghadiri misa arwah 40 hari wafatnya ayahanda sahabat baik kami di Cempaka Putih. Pertama kali bagi saya hadir di cara seperti ini. Pastilah doanya dengan tata cara liturgi Katolik...…

Guru Terpaksa atau Tersesat?

Telat Panas

Bingung

Agus Harimurti Yudhoyono

Opini: Opini Anda View all

“Betul, njenengan sedang berada di Yogyakarta…”

“Betul, njenengan sedang berada di Yogyakarta…”

Ketika bertanya lokasi atau tempat acuannya pada arah mata angin. Lor (utara), Wetan (timur), Kidul (selatan), Kulon (barat). Bingung sendiri. Terus nyasar. Bisa melihat Candi Hindu, Candi Budha...…

Marintan AM – After the Love Has Gone

Ngemut Duit Wae

Mangan Ora Mangan, Asal Ngising

Mblenger

Humor: Jenakanya Kehidupan View all

Buku, Musik & Film View all

AHANGKARA

AHANGKARA

Novel berjudul “Ahangkara” adalah novel pertama Makinnuddin Samin (Makin). Sebelumnya ia telah melahirkan buku kumpulan cerpen berjudul “Pemabuk”. Novel yang menggunakan masa kehancuran Majapahit...…

NUSANTARA View all

Pengalaman Pribadi Ikut Tax Amnesty

Pengalaman Pribadi Ikut Tax Amnesty

Dari pengamatan saya, ruang yang disediakan untuk keperluan tax amnesty cukup sepi. Saat saya datang ketika awal periode kedua, kursi tunggu melompong, dan saya hanya mengantri satu orang saja sebelumnya...…

Food

Cumi-cumi

Cumi-cumi

Djoko Paisan – Mainz, Jerman   HALLO…HALLO…HALLO… Salam jumpa dengan oret-oretan Dj. Mari masak bersama Dj. (yang sok tahu…) Hahahahahahaha…!!!…

Bobor Daun Kale dan Jagung Manis

Bobor Daun Kale dan Jagung Manis

Bumbunya sederhana saja, bawang bombai iris, bawang putih bubuk (garlic powder), kemiri (candlenut) dihaluskan, ketumbar (coriander), merica (white pepper), garam, dan sedikit gula pasir buat penyedap rasa...…

Hawaiian Toast

Hawaiian Toast

Kebetulan Dj. juga ngobrol dengan yu Lani dan kemudian pertanyaan yang sama, masak apa hari ini mas...??? Dj. cerita kalau malam ini kami hanya makan “Hawaiian Toast“. Kali ini yu Lani mungkin heran...…

Spaghetti ala Djoko Paisan

Spaghetti ala Djoko Paisan

Djoko Paisan – Mainz, Jerman   HALLO…HALLO…HALLO… Sekarang Dj. akan cerita tentang makanan dan yang jelas tidak asing bagi kita…

Kripik Pisang Balado

Kripik Pisang Balado

Siang tadi baru nyobain cemilan khas Bandar Lampung ini. Sebetulnya makan kripik pisang sudah biasa, tapi yang rasanya balado seperti ini baru pertama kali nyicipinnya. Maklumkanlah.....belum pernah jalan-jalan ke Bandar...…

Rolade Isi Telor dan Sayuran

Rolade Isi Telor dan Sayuran

Lalu dicampur semua ya, diuleni sampai campur semua. Lalu siapkan daun pisang, ratakan daging secukupnya, isi dengan isian yang kita suka, gulung kayak bikin lontong, semat lidi ujung-ujungnya, lalu habis itu dikukus...…

Kopi Tau, Anda Harus Tahu

Kopi Tau, Anda Harus Tahu

Sebetulnya ada 3 macam kopi Toraja yang mereka punya, merujuk pada asal kebun, yaitu Sapan (Sa’pan), Latimojong, dan Pulu Pulu. Walaupun wilayahnya saling berdekatan, tetap memunculkan rasa yang berbeda...…

Chicken Wrap

Chicken Wrap

Ini chicken wrap yang aku buat waktu acara sarapan bersama murid, guru dan orang tua di kelas anakku. Makanan dan minuman seperti biasa dibagi, siapa membawa apa. Biar tidak membosankan, aku bawa sesuatu yang...…

Kue Sudah Pasti Enak

Kue Sudah Pasti Enak

Bagi yang suka keju, tentu saja. Kue klasik, Kastengels ini, kali ini dibikin dengan keju Edam beneran. Dibilang keju Edam beneran, karena dulu di Indonesia, kalau mau jualan Kastengels dan pakai keju Edam, maka harganya...…

Onigiri

Onigiri

Onigiri adalah salah satu menu kesukaan kami sehari-hari. Kalau kebetulan kami ke Liberdade, yaitu sebuah tempat mana di situ berpusat imigran Jepang, dengan pusat perbelanjaan tipical Jepang. Di Liberdade, serasa berada...…

Cucumber Salad ala Jepang

Cucumber Salad ala Jepang

Cuci bersih timun, iris tipis kalau punya alat iris pakai alat iris biar bisa tipis. Taburi garam, ini fungsinya untuk melemaskan timun yang sudah diiris tadi. Biarkan selama 5 menit. Setelah 5 menit, cuci lagi dan peras pelan...…

Penggemar Tahu Bersatulah

Penggemar Tahu Bersatulah

Para penggemar tahu. Mungkin anda tidak tahu atau tidak mau tahu. Di masa lalu kita bisa menikmati tahu seutuhnya, secara holistik menikmati kegemaran akan tahu. Tetapi beberapa dekade akhir ini telah terjadi penistaan...…

Tempe

Tempe

Tinggal di luar Indonesia untuk waktu yang lama, sering membuat lidah rindu juga dengan makanan yang enak ini. Di Jerman sekarang ini relatif gampang menemukan Tempeh di toko khusus yang menjual bahan makanan Asia...…

Jepang Banget

Jepang Banget

Iseng-iseng mengingat beberapa makanan Jepang yang di Jepang sangat diapresiasi sebagai makanan yang sangat bernilai kebudayaan dan menjadi kebanggaan bangsa Jepang. Orang asingpun pasti awalnya mikir-mikir dulu mau icip-icip. Tapi Jepang...…

[Menu Ndeso] Lodeh Lompong alias Batang Talas

[Menu Ndeso] Lodeh Lompong alias Batang Talas

Halooo...ketemu lagi dengan saya orang ndeso yang hobinya masak masakan ndeso hahaha...Kali ini aku mo share resep bikin lodeh dari batang talas, atau biasa di tempatku disebut dengan lompong. Lompong ada banyak banget jenisnya, tapi...…

Chickpea Salad

Chickpea Salad

Chickpea merupakan nutrisi yang sangat berkualitas. India dalam keseharian mengkonsumsi ini. Beberapa hari lalu, saya dan beberapa teman ke resto India, kebetulan saya memilih menu soup yang berbahan kacang ini. Dan yang paling bagus karena...…

Selera yang (telah) Bergeser dan Goreng-goreng

Selera yang (telah) Bergeser dan Goreng-goreng

Hampir setiap hari si Mak goreng ayam yang sebelumnya diungkep bumbu kuning. Kegiatan ini ga begitu cocok bagi orang yang hidup di apartemen, karena menggoreng ayam dengan memakai minyak banyak, uap panas minyaknya nempel di mana...…

Sarapan Lagi…Sarapan Lagi

Sarapan Lagi…Sarapan Lagi

Nah...suasana di Cefe ini memang lebih tenang dengan alunan musik yang lembut terdengar. Mengingatkan Dj. kalau ke China restaurant, biasanya ada musik Mandarin yang sayup sayup terdengar.Seperti biasa Dj. lebih suka sarapan dengan croissant...…

Lagi-lagi Ditraktir

Lagi-lagi Ditraktir

Seorang pelayan wanita berpakaian khas Thai dengan sari datang dengan senyum ramah dan bertanya, apa semua okay. Jelas kami jawab semua okay dan dia langsung ambil semua piring tempat kami makan dan tidak datang lagi. Maka terpaksa Dj melambaikan...…

Lebanese Grill

Lebanese Grill

Lalu pelayan datang lagi bawa batata harra. Ini tuh kentang goreng tapi dibumbu agak pedes gitu deh. Saya suka tapi kata temen rasanya biasa aja. Trus giliran humus shawarma chicken yang keluar. Humus itu makanan daerah mediteranean dan jazirah...…

Jalan-jalan View all

Wisata Sekitar Borobudur

Wisata Sekitar Borobudur

Dulu aku menyangka bahwa tempat wisata Borobudur hanyalah candi. Candi Buddha terbesar di dunia itu memang sungguh sangat menarik. Namun ternyata, selain dari candi nan megah, ada banyak tempat...…

Dari Seruput Kisah Kopi Luwak Vietnam, Jejak Bahasa Indonesia di Israel, hingga Kopi Lanang Toraja

Dari Seruput Kisah Kopi Luwak Vietnam, Jejak Bahasa Indonesia di Israel, hingga Kopi Lanang Toraja

Bertemu, berbincang, dan mendengar kisah masyarakat setempat dalam perjalanan saya selalu memunculkan hal-hal unik, membuat terkejut, tersenyum, tertawa, bersyukur, bermacam rasa dan kesan...…

Menjelajah Sulawesi Selatan 4 (Habis): Tongkonan

Menjelajah Sulawesi Selatan 4 (Habis): Tongkonan

Dalam perjalanan kami di Toraja, kami menemukan banyak sekali rumah adat Toraja yang disebut Tongkonan. Tongkonan kami temui di sepanjang jalan dari Makale ke Rantepao dan ke tempat-tempat...…

Info View all

KAFFIR

KAFFIR

Djoko Paisan – Mainz, Jerman   HALLO ANDA SEMUA DI BALTYRA YANG BERBAHAGIA…. Salam jumpa dengan oret-oretan Dj. di hari selasa yang indah ini. Semoga…

AJAIB

Hai, Coffee Lovers

Berapa Kali Mandi Per Hari?

Historia View all

PURO MANGKUNEGARAN 260 TAHUN 1757-2017

PURO MANGKUNEGARAN 260 TAHUN 1757-2017

PURO Mangkunegaran memiliki satuan militer paling modern di Nusantara pada awal 1800an. Namanya Legiun Mangkunegaran yang didirikan 1808 dan copycat sistem hirarki militer Prancis era Napoleon...…

Sunset of My Life

INDOSAUDI

ANASTASIA

Dunia View all

DEMYSTIFICATION

DEMYSTIFICATION

HANYA di Indonesia seorang raja Saudi Arabia bisa 'diajak santai'. Di negara lain, mana bisa? Diajak selfie, main vlog... Wah itu sudah di luar batas protokoler yang tidak pernah terjadi di mana pun! Soal jaim...…

Polisi Tidur Jalur Busways

Uang Donasi

Teman-teman

Tahun 2017 – Tahun Ayam Api

Dari Redaksi View all

HAPPY NEW YEAR 2017

HAPPY NEW YEAR 2017

Terima kasih untuk semua kebersamaan sepanjang Tahun 2016 ini; satu tahun lagi kita lewatkan bersama-sama, tahun yang penuh dinamika...sekali lagi terima kasih. Doa kita bersama untuk Tahun 2017, semuanya akan...…

Happy Birthday Ke 7, BALTYRA

Mencari Apa di BALTYRA?

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H

In Memoriam buat kamu yang kami cintai: Zeverina…

Agriculture View all

Busa Vegetal

Busa Vegetal

Seperti ingin membersihkan semua kotoran yang menempel di badan sebelum merasakan nikmatnya tempat tidur dan meluruskan kaki yang begitu pegal seharian. Setelah badan bersih, menyenderkan diri ke dalam bantal empuk, sambil membaca...…

Digital Farm Membangun Indonesia dari Hulu di Sektor Pertanian

Ancaman bagi Petani dan Sektor Pertanian

Bertanam dengan Sistem Aquaponik

Sampoerna Agro, Ekspansi Terbatas Karena Pendanaan Meskipun Land Bank Luas

Pojok Seni & Sastra View all

Menyusun Langkah

Menyusun Langkah

Menyusun langkah menapaki jejak yang tertera...Menanamkan harap pada asa yang menghadang...Menuangkan dan membangun mimpi, merintis dan menggapai bayangan landasan pijakan harap yang nyata...…

Matahari Meniti Tangga

Lembayung Menapak Bayang-bayang

Dear Betty

Ketika asa tak menyingkap kata