Shalat Jumat

Shalat Jumat

Pernahkan kalian shalat Jumat? Bagi Muslim pasti jawabannya pernah dong. Pertanyaan berikutnya adalah pernahkah mendengar Khatib Jumat membicarakan isu-isu yang menyentuh langsung kehidupan umat Islam di...…

Menjadi Atheis Sejati (2 – habis)

Menjadi Atheis Sejati (1)

Al Maidah Effect

Apakah Putri Cempo (Champa) Seorang Muslimah?

Diversity: Indahnya Indonesia View all

Tidak Selamanya Diam itu Emas

Tidak Selamanya Diam itu Emas

Setiap anak memiliki karakteristik yang berbeda meski dilahirkan sekandung. Hal itulah yang membuat terjadinya perselisihan di rumah. Apalagi orangtuaku dikaruniai tiga anak dan aku adalah anak bungsunya. Kadang, suasana rumah...…

Superior dan Inferioritas Psiko-Sosio-Kultural

Tujuh Alasan Mengapa MUI (tidak) Boleh Dibubarkan!

Dasar untuk Menerima yang Tak Masuk Akal

Identitas, Trend, di mana Self-respect?

Opini: Opini Anda View all

Asyik Dapat Hadiah…

Asyik Dapat Hadiah…

Banyaknya peminat event seringkali juga karena aneka tawaran hadiah pada door prize yang menggiurkan dengan biaya pendaftaran yang murah. Kalo pas sponsornya lumayan "bermodal" bisa dapat kaos dengan...…

Menjalani Hidup

[Dewi & Murni] Olimpiade

Beli Satu, Gratis Satu

Bukan Gerhana Durian

Humor: Jenakanya Kehidupan View all

Buku, Musik & Film View all

Rekonsiliasi Kultural Tragedi 1965

Rekonsiliasi Kultural Tragedi 1965

Seorang taruna AKABRI jurusan AKPOL (Akademi Kepolisian) anggatan 1988 yang berhasil menyelesaikan pendidikan di AKPOL dan lulus sesuai jadwal, tinggal menunggu wisuda di Jakarta. Bersama taruna-taruna wisudawan...…

NUSANTARA View all

Emansipasi Sejarah Peradaban Manggarai Timur

Emansipasi Sejarah Peradaban Manggarai Timur

Menulis merupakan kerja keabadian. Dengan menulis, seseorang sedang meletakan tapak-tapak abadi dalam lintang sejarah manusia. Bukan hanya untuk keabadian harum nama penulis, tetapi juga subyek aktivitas manusia...…

Food

Onigiri

Onigiri

Onigiri adalah salah satu menu kesukaan kami sehari-hari. Kalau kebetulan kami ke Liberdade, yaitu sebuah tempat mana di situ berpusat imigran Jepang, dengan pusat perbelanjaan tipical Jepang. Di Liberdade, serasa berada...…

Cucumber Salad ala Jepang

Cucumber Salad ala Jepang

Cuci bersih timun, iris tipis kalau punya alat iris pakai alat iris biar bisa tipis. Taburi garam, ini fungsinya untuk melemaskan timun yang sudah diiris tadi. Biarkan selama 5 menit. Setelah 5 menit, cuci lagi dan peras pelan...…

Penggemar Tahu Bersatulah

Penggemar Tahu Bersatulah

Para penggemar tahu. Mungkin anda tidak tahu atau tidak mau tahu. Di masa lalu kita bisa menikmati tahu seutuhnya, secara holistik menikmati kegemaran akan tahu. Tetapi beberapa dekade akhir ini telah terjadi penistaan...…

Tempe

Tempe

Tinggal di luar Indonesia untuk waktu yang lama, sering membuat lidah rindu juga dengan makanan yang enak ini. Di Jerman sekarang ini relatif gampang menemukan Tempeh di toko khusus yang menjual bahan makanan Asia...…

Jepang Banget

Jepang Banget

Iseng-iseng mengingat beberapa makanan Jepang yang di Jepang sangat diapresiasi sebagai makanan yang sangat bernilai kebudayaan dan menjadi kebanggaan bangsa Jepang. Orang asingpun pasti awalnya mikir-mikir dulu mau icip-icip. Tapi Jepang...…

[Menu Ndeso] Lodeh Lompong alias Batang Talas

[Menu Ndeso] Lodeh Lompong alias Batang Talas

Halooo...ketemu lagi dengan saya orang ndeso yang hobinya masak masakan ndeso hahaha...Kali ini aku mo share resep bikin lodeh dari batang talas, atau biasa di tempatku disebut dengan lompong. Lompong ada banyak banget jenisnya, tapi...…

Chickpea Salad

Chickpea Salad

Chickpea merupakan nutrisi yang sangat berkualitas. India dalam keseharian mengkonsumsi ini. Beberapa hari lalu, saya dan beberapa teman ke resto India, kebetulan saya memilih menu soup yang berbahan kacang ini. Dan yang paling bagus karena...…

Selera yang (telah) Bergeser dan Goreng-goreng

Selera yang (telah) Bergeser dan Goreng-goreng

Hampir setiap hari si Mak goreng ayam yang sebelumnya diungkep bumbu kuning. Kegiatan ini ga begitu cocok bagi orang yang hidup di apartemen, karena menggoreng ayam dengan memakai minyak banyak, uap panas minyaknya nempel di mana...…

Sarapan Lagi…Sarapan Lagi

Sarapan Lagi…Sarapan Lagi

Nah...suasana di Cefe ini memang lebih tenang dengan alunan musik yang lembut terdengar. Mengingatkan Dj. kalau ke China restaurant, biasanya ada musik Mandarin yang sayup sayup terdengar.Seperti biasa Dj. lebih suka sarapan dengan croissant...…

Lagi-lagi Ditraktir

Lagi-lagi Ditraktir

Seorang pelayan wanita berpakaian khas Thai dengan sari datang dengan senyum ramah dan bertanya, apa semua okay. Jelas kami jawab semua okay dan dia langsung ambil semua piring tempat kami makan dan tidak datang lagi. Maka terpaksa Dj melambaikan...…

Lebanese Grill

Lebanese Grill

Lalu pelayan datang lagi bawa batata harra. Ini tuh kentang goreng tapi dibumbu agak pedes gitu deh. Saya suka tapi kata temen rasanya biasa aja. Trus giliran humus shawarma chicken yang keluar. Humus itu makanan daerah mediteranean dan jazirah...…

Roti Pisang Mak Nyosss

Roti Pisang Mak Nyosss

Campur terigu, susu bubuk, ragi instant dan gula pasir. Aduk rata. Tambahkan telur dan air es sedikit-sedikit. Uleni sampai kalis. Masukkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit (saya bikin jam 11 malam dan karena gak ngembang...…

Asparagus vs Gado-gado

Asparagus vs Gado-gado

Asparagus bisa dibeli di Supermarket, atau kalau pas lewat satu desa, pasti ada petani yang menjual hasil panennya, bila musim. Ini Asparagus yang putih yang Dj. beli di Supermarket, ada yang eceran dan bisa pilih yang disuka/diperlukan dan kemudian...…

Kaastengel Gurih Gilak

Kaastengel Gurih Gilak

Resep dari rembes Dapur Ceria yang saya ubah sedikitKocok margarin dan butter sampai mengembang <-- ini maksudnya pakai mixer kali ya nah karena saya gak punya mixer ya campur rata aja pake garpu Masukkan telur, aduk rata...…

Bread Cheese Ball – I don’t know what went wrong

Bread Cheese Ball – I don’t know what went wrong

Ceritanya saya demen banget sama cheese ball-nya Rodizio Pretto - resto BBQ ala Bazil. Trus mbak Dewi Murni kasih resep dengan embel-embel 'gawene gampang sekali'. Saya contek resepnya tapi jadinya gajel. Mumbul sih tapi bawahnya gak mateng...…

Nasi Goreng dengan Italian Seasoning

Nasi Goreng dengan Italian Seasoning

Italian Seasoning itu maksudnya, campuran bumbu-bumbu yang biasa dipakai untuk masak kebanyakan jenis masakan Italian. Di dalamnya ada oregano, rosemary, thyme, basil, dan juga sering ditambahkan cylantro, garlic powder, dan sage. Nggak semua...…

Pinhão

Pinhão

Dewi Aichi – Brazil   Heloooooo, sampai saat ini belum pernah cerita tentang pinhão ya, padahal sudah 6 tahun di…

Tahu Gejrot

Tahu Gejrot

Basically, Kupat Tahu, isinya adalah irisan timun, irisan tomat, cambah, tahu goreng, irisan daun kol, atau kubis (tapi kali ini diganti Iceberg Lettuce karena juga ga punya kubis), dibumbui dengan ulekan kacang tanah goreng, bawang putih, cabe, kencur (ini juga skip...…

Bukan Cemilan Vampire

Bukan Cemilan Vampire

Tadi aku baca, cara pengeringannya adalah FREEZE DRIED PROCESS, itu adalah proses pengeringan makanan, dengan cara dimasukkan dalam dryer dengan suhu -40'F atau lebih dingin dari itu. Tujuannya adalah, makanan akan kering, awet, tentu saja, dan kandungan...…

LUNAS

LUNAS

Setelah jalan-jalan berdua menyusuri pinggiran sungai Rhein maka kami kembali lagi ke tengah kota. Perut sudah terasa sedikit lapar dan kami berbincang, mau makan di mana...??? Walau Mainz, kota kecil saja, namun cukup banyak pilihan Restaurant yang cukup enak. Pertanyaan...…

Jalan-jalan View all

Tak Kan Lari Himalaya Dikejar (1)

Tak Kan Lari Himalaya Dikejar (1)

Ekspektasi di sana bakal seneng banget liat gunung. Bener! Kejadian begitu... tapi yang saya gak nyangka ternyata pemandangan selain gunung yang bikin saya adem banget --》 yang inih cerita-ceritanya menyusul karena biar afdol...…

Lima Objek Wisata Anti Mainstream, Hawa Sejuk dan Nuansa Bening yang Ngangenin

Lima Objek Wisata Anti Mainstream, Hawa Sejuk dan Nuansa Bening yang Ngangenin

Anda seorang pecinta alam sejati? Jika iya Anda harus datang ke tempat wisata di Indonesia yang masih jarang dikunjungi. Ada beberapa alasan mendasar mengapa tempat tersebut masih jarang dikunjungi. Pertama, banyak...…

Solo International Mask Festival 2016

Solo International Mask Festival 2016

WA dari Bu Probo membawaku ke sebuah pagelaran topeng yang luar biasa indah. Melalui WA Bu probo bertanya apakah saya ada di Solo. Sebab Ancis, anak Bu Probo akan ke Solo untuk menyaksikan festival topeng internasional...…

Info View all

Berbakat Kadasen

Berbakat Kadasen

Iya, sejak sangat kecil, aku ingat banget bahwa aku sangat berbakat kadasen. Terutama di kulit yang tertutup pakaian. Mungkin karena aku susah berkeringat, maka kulit sering cepat gatal. Apalagi kalau suhu udara panas, atau suhu udara sangat...…

Ayo Ikut Tax Amnesty: Surat Sakti Tax Amnesty

Minyak Cengkeh dan Sakit Gigi

Kamis Hari Seks

Historia View all

Castro Berpeci, Bung Karno Bertopi

Castro Berpeci, Bung Karno Bertopi

Prabu   FIDEL ALEJANDRO CASTRO RUZ, punya kenangan humor segar saat bertemu Bung Karno. Pria kelahiran Birán, Kuba, 13 Agustus 1926 ini sempat bertukar “mahkota”;…

Pendirian Kaoem Oelama di Indonesia

Catatan Ichiyo – Perempuan Miskin di Lembar Uang Jepang

Perang Jawa Libur Selama Ramadan

Dunia View all

Ritual

Ritual

Di mana-mana lilin pertama sudah dinyalakan dan anak-anak sudah tahu, kalau tidak lama lagi, Natal akan tiba. Toko-toko di kota sudah berhiaskan suasana Natal, juga banyak jalan-jalan besar dikota sudah dihiasi dengan...…

Millionaire Mencari Cinta

Seperti Rusa Masuk Kampoeng

Pasca Pilpres Amerika Serikat

Erik Verlinde, Einstein Baru

Dari Redaksi View all

Happy Birthday Ke 7, BALTYRA

Happy Birthday Ke 7, BALTYRA

Bahagia bahwa BALTYRA telah mencapai nilai-nilai sosial budaya, adat istiadat, kekeluargaan hingga bertahan sampai sekarang. Semua ini tidak lain adalah berkat kesetiaan anggota , baik penulis maupun pembaca, juga tidak lupa peran besar dari...…

Mencari Apa di BALTYRA?

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H

In Memoriam buat kamu yang kami cintai: Zeverina…

BALTYRA 6 Tahun

Agriculture View all

Busa Vegetal

Busa Vegetal

Seperti ingin membersihkan semua kotoran yang menempel di badan sebelum merasakan nikmatnya tempat tidur dan meluruskan kaki yang begitu pegal seharian. Setelah badan bersih, menyenderkan diri ke dalam bantal empuk, sambil membaca...…

Digital Farm Membangun Indonesia dari Hulu di Sektor Pertanian

Ancaman bagi Petani dan Sektor Pertanian

Bertanam dengan Sistem Aquaponik

Sampoerna Agro, Ekspansi Terbatas Karena Pendanaan Meskipun Land Bank Luas

Pojok Seni & Sastra View all

Ketika asa tak menyingkap kata

Ketika asa tak menyingkap kata

Remuk redam rasa membawa langkah menuju batas, mamandang hampa dalam tatapan harap, menyingkap temaram yang mulai redup, mengharap kuasa untuk datang mendekat...…

Kisah Cinta yang Mengubah Dunia

Lagu Seruling Pantai Klayar

[AMNESIA – The Future Story] Harapan dan Ancaman

Waktu yang Tak Peduli Asa