[Cerita Gue] Jilbab

[Cerita Gue] Jilbab

Waktu itu Budi ngomong gitu sambil matanya menerawang ke ujung langit. Matanya tampak kosong, tapi bicaranya yakin banget. Nggak ada takut-takutnya blas. Sejak itu gue mulai mikir juga, jangan-jangan surga dan neraka itu kagak ada. Gue pake jilbab ini kan cuma...…

Wisnu, Surga dan Rabi’ah

Guardian Angel

AA dan Anjing

Rasis(me)

Diversity: Indahnya Indonesia View all

Cita-cita

Cita-cita

Saya pikir memang wajar bila seseorang memiliki cita-cita, keinginan atau target keinginan, itu normal saja. Yang kurang normal adalah tata cara mencapainya bila menggunakan segala macam cara sehingga nanti pada akhirnya toh tentu akan bisa menghasilkan hal-hal...…

Durhaka HTML

MARRIAGE

HURUF KECIL

SENECA

Opini: Opini Anda View all

Bukan Gerhana Durian

Bukan Gerhana Durian

Waktu itu, kami nggak berani keluar rumah untuk menengok situasi saat gerhana di luar. Kami hanya nonton gerhana dari pemberitaan di TVRI. Saking banyaknya "mitos" waktu itu, ada yang setiap celah pintu dan jendela juga diganjal, agar tidak ada cahaya matahari yang menyusup...…

Telor Pecah dan Pecah Telor

Nurhayati (1)

Odol Diodol-odol

Kelirumologi for Kids

Humor: Jenakanya Kehidupan View all

Buku, Musik & Film View all

Kematian di Mata Fidelis

Kematian di Mata Fidelis

Bagiku mati adalah keuntungan. Kalau aku hidup aku harus menghasilkan buah. Demikianlah ujaran salah seorang arif di masa lalu. Namun, benarkah kematian sesederhana itu? Benarkah kematian adalah sebuah keuntungan? Bukankah banyak orang yang takut akan kematian...…

NUSANTARA View all

[AMNESIA – The Future Story] Titik Balik

[AMNESIA – The Future Story] Titik Balik

Sang Pangeran baru saja kembali dari Istana Kepresidenan di Ibu Kota Amorluxico. Beliau menceritakan banyaknya kejanggalan di lingkungan istana. Tidak seperti kebanyakan warga lain, para pegawai istana tersenyum manis saat Sang Presiden melintas dan segera…

Food

Bukan Cemilan Vampire

Tadi aku baca, cara pengeringannya adalah FREEZE DRIED PROCESS, itu adalah proses pengeringan makanan, dengan cara dimasukkan dalam dryer dengan suhu -40'F atau lebih dingin dari itu. Tujuannya adalah, makanan akan kering, awet, tentu saja, dan kandungan...…

LUNAS

LUNAS

Setelah jalan-jalan berdua menyusuri pinggiran sungai Rhein maka kami kembali lagi ke tengah kota. Perut sudah terasa sedikit lapar dan kami berbincang, mau makan di mana...??? Walau Mainz, kota kecil saja, namun cukup banyak pilihan Restaurant yang cukup enak. Pertanyaan...…

MANGUT

MANGUT

Okay, mangut adalah masakan khas Jawa. Biasanya dimasak dengan ikan atau belut yang sudah diasap terlebih dulu. Untuk Dj. lebih suka kalau mangut dengan belut, mengapa...??? E e e e e.... nanya lagi... diam kek, biar Dj jelaskan dulu, okay... Hahahahahaha...!!!…

Quinoa

Quinoa

Sementara menunggu jawaban, mari kita cobain dulu QUINOA ini. Dimasak dengan air, sampai mendidih, asatkan, dan tiriskan (karena setelah asat pun dia masih jemek, mengandung banyak air). Jangan lupa sebelum masak, dicuci di atas saringan dulu ya, biar bersih...…

Pecel Lele

Pecel Lele

Pendek cerita, itu hotel di kota Mataram cukup bagus, karena halaman belakang ada semacam kebun dan banyak binatang piaraannya. Nah, apa hubungaannya dengan Pecel Lele...?? Okay...Pecel lele adalah favorit Dj. kalau mudik dan kaka di Surabaya selalu beli ikan lele 1 minggu sebelum...…

Rebung Sebagai Ketahanan Pangan Pendukung Agro Wisata Kuliner Nusantara

Rebung Sebagai Ketahanan Pangan Pendukung Agro Wisata Kuliner Nusantara

Lima jenis bambu yang rebungnya paling umum dan tidak kurang 25 masakan Nusantara yang berasal sari rebung juga berhubungan dengan bambu, produk olahan rebung yang alan semakin berkembang sesuai dengan perekembangan bambu di Nusantara termasuk untuk pengobatan...…

Ikan Peda (2)

Ikan Peda (2)

Nah hal inilah yang menjadi tantangan untuk Dj. karena memang belum pernah makan ikan peda yang dikukus. Jadi dengan semangat 64, maka Dj. satu hari ke toko Asia untuk beli ikan peda. Toko Asia pertama, kosong...tidak ada ikan peda. Toko Asia ke 2, jujur kami jarang ke toko...…

Ikan Peda

Ikan Peda

Saat nunggu ikan peda di wajan, Dj. langsung keluarkan sayuran dari kulkas untuk lalapan. Lalapan...??? Biasanya sih kalau dengan sambal, Dj. lalap Romana (entah apa namanya di Indonesia), lebih enak di mulut. Tapi karena di kulkas tidak ada, ya pakai saja apa yang ada...Ada salat...…

Steak ala Djoko Paisan

Steak ala Djoko Paisan

Dan di bawah ini steak Jerman yang cukup terkenal, juga asalnya dari Brazil. Dimana duluuu...ceritanya dibawa pekerja-pekerja dari Brazil yang mencari batu permata di daerah kota Idar-Oberstein. Sehingga budaya ini, diambil alih oleh kebanyakan orang di Idar-Oberstein (Jerman)...…

Jenang (bungkus) Plastik

Jenang (bungkus) Plastik

Jenang gendul dan jenang sumsum, yang paling sering, selain beberapa jenang lain yang saya kurang tahu persis namanya. Yang pasti kala itu semua jenang tersebut dibungkus daun pisang. Saya dan saudaraku suka saling meledek, berapa jumlah gelindingan yang ada dalam bungkus...…

SARAPAN

SARAPAN

Oret-oretan ini Dj. tulis karena kejadian yang lucu...Saat bertegur sapa dengan Mei di FB. Saat itu di Mainz baru jam 4 pagi dan Dj. cerita baru bangun. Mei tanya, sarapan apa kakang...??? Dj. jawab, sarapan ya seperti biasa, dengan roti. Mei tanya, mana fotonya...??? Dj. jadi tertawa sendiri...…

MARKOBAR Semarang

MARKOBAR Semarang

Pilihan topping di sini juara, buanyak. Waktu itu beli martabak 8 rasa, ada taburan choco milk serut, dark coklat serut, nuttela, oreo, meses, keju, dan entah coklat macam apa lagi. Harga Rp 60.000. Rasa manis semua, yang gurih cuma rasa keju. Overall, selain taburannya yang terkesan mewah...…

The Ugly Truth About Food Waste

The Ugly Truth About Food Waste

Saya dulu tidak terlalu peduli atau cuek saja dengan food waste atau makanan yang terbuang dengan sia-sia. Prinsipnya, saya sudah bayar. Kalau tidak habis, itu urusan saya. Bukan urusan barang yang saya buang atau warung tempat dimana saya makan. Saya tidak pernah memikirkan selanjutnya...…

[Goody Foody Indonesia] Bitter Gourd Crackers

[Goody Foody Indonesia] Bitter Gourd Crackers

I love bitter gourd, though I don’t eat it often. Among Indonesians it’s called paria (Indonesian, Bima, Bugisnese, Batak, Makassarese, Sundanese), pare (Javanese), prien (Gayo), kambeh (Minangkabau), pepareh (Madurese), peria (Malay), pania (Timorese), popari (Manado), papare...…

[Explore Tangerang] Looking for The Rare Fruits (Incidentally)

[Explore Tangerang] Looking for The Rare Fruits (Incidentally)

In Pasar Lama I found many rare things, and the first thing was rare local fruits. Among oranges, mangoes, dragon fruits, grapes and many more modern or imported ones, I could find some rare fruits I used to have in my childhood…at least some of them still exist though the availability has already...…

Pilaf – My Own Version

Pilaf – My Own Version

When I read about Pilaf/Pilav/Pulao/Pholao/Pilafi/Palau whatever it bears the name, I found it is simply like a rice cooked with broth and mix with meat , fruir or/and veggies in one dish as well as depend on local’s taste. It is famous from Eastern Europe, Middle East, Central Asia until South Asia and Africa...…

[Explore Tangerang] Enjoying The Asinan

[Explore Tangerang] Enjoying The Asinan

Well, asinan is one of local dish can be found in Jakarta, Tangerang, Bogor and Bekasi. It’s derived from the word asin or salty where it consists of salted solution soaked vegetables or fruits. This is one of my favourite treat for culinary adventures. I found one of the delicious asinan in Pasar Lama...…

Kumpulan Resep dengan Bahan Tomat

Kumpulan Resep dengan Bahan Tomat

Tomat sebenarnya buah sayur yang serba guna. Bisa digunakan untuk campuran gado-gado dan lotek, untuk membuat sambel, untuk oseng, tumis, untuk berbagai campuran lalapan, untuk bikin pasta, untuk hiasan tumpeng, untuk berbagai minuman. Topping pada pizza, sebagian menggunakan tomat...…

The Crazy Sauteed Yellow Pumpkin

The Crazy Sauteed Yellow Pumpkin

Tumis labu kuning gila ini sebenarnya ide dadakan yang saya dapat ketika sedang berada di pasar untuk membeli bahan baku sup ayam. Terinspirasi dari sebuah acara kuliner di televisi swasta, saya akhirnya putuskan untuk membuat menu ini dengan segala kegilaan. Karena dadakan, dan asal cemplang...…

Chef Steps Cook Smarter – Arsik Ikan Gurame

Chef Steps Cook Smarter – Arsik Ikan Gurame

Aku akan memasak Arsik Ikan Gurame, yang beda adalah aku akan memasaknya di rumah Mput Puput Meruput. Walo si Mput betah hidup di Jakarta sejenis Bang Thoyib yang udah 3x Lebaran gak pulang, aku sih tetep sering berkunjung ke rumah keluarganya, kali ini Mami Sri yang request supaya aku masak...…

Jalan-jalan View all

Tembok Api (3): Teko Ajaib

Tembok Api (3): Teko Ajaib

Nah yang di kanan itu namanya Half is Enough cup alias Cangkir Setengah Saja Cukup. Asli itu beneran namanya. Bukan karangan saya. Alkisah salah satu selir kaisar (lupa kaisar siapa) ada yang kemaruk. Maunya sang kaisar jadi milik dia seorang. Trus kaisar...…

Tembok Api (2): Rumah Teh

Tembok Api (2): Rumah Teh

Awalnya kami hanya boleh nyicip 3 jenis teh saja tapi karena kami terlalu ipyik nanya jadi si meme kasih 10 teh buat dicicip! Di tea house itu teh dijual dengan hitungan per kemasan. Apapun jenisnya kalo dalam kemasan kantong besar harganya sekian. Kantong kecil sekian...…

Tidore yang Sulit Berubah

Tidore yang Sulit Berubah

Di Tidore, waktu berjalan lambat. Jika gerakmu ke berbagai tempat dibatasi oleh angkutan umum, maka hidupmu hanya berlangsung dari pukul 06.00 hingga 16.000. Setelah itu yang ada sunyi. Jalanan lengang, lampu-lampu malam memudar, seiring deburan...…

Info View all

Trilanda Kongreso de Esperanto Story (1): The Course

Trilanda Kongreso de Esperanto Story (1): The Course

Honestly, La Trilanda Kongreso de Esperanto in Bandung which has been over several days ago is my first international congress I ever attended so far. I never meet many people from various countries directly and interacting with new people, having new friends...…

Roti Putih

Investasi Yuk

Pasar Modal

Historia View all

MANDELA

MANDELA

Karena saya bagian dari tragedi ini, merasakan betapa ketakutannya hidup sebagai rakyat Indonesia. Ayah saya dan banyak sejawat lainnya yang tidak bersalah diperlakukan semena-mena oleh negara. Boro-boro dapat pensiun dari negara, malah sebaliknya...…

Habis Gelap Terbitlah Sekolah

Kartini dan Saya

Dynamic Duo

Dunia View all

Interview with Juergen Boos, President of the Frankfurt Buchmesse

Interview with Juergen Boos, President of the Frankfurt Buchmesse

La Fiera del Libro di Francoforte (FBF) (Frankfurter Buchmesse) è la più grande fiera al mondo per i libri, in base al numero di case editrici rappresentate, e la seconda più grande fiera per i libri in base al numero di visitatori dopo il Salone Internazionale del Libro. La Fiera...…

Bologna Children’s Book Fair 2016: INDONESIA

Sibling Day – Sisters and Brothers Day

Kota Buku to Organise World’s First Publishing to Media 360 Pitching Competition

Bukan Karyawan Penurut

Dari Redaksi View all

BALTYRA 6 Tahun

BALTYRA 6 Tahun

Baltyra merupakan salah satu citizen journalism yang sangat kekeluargaan di antara penulis dan pembaca. Hingga saat ini banyak sekali yang terhubung melalui Baltyra. Semoga keberadaan Baltyra semakin bermanfaat bagi siapapun. Itulah Baltyra, yang sangat dinamis. Kalau di tahun lalu Baltyra bisa melesat...…

Sebarkan BALTYRA

BALTYRA.com – 6 Tahun Pasang Surut

Kontinuum – Mengenang dan Menghantar Seorang Sahabat

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H

Pojok Seni & Sastra View all

Apakah Lumpur Masih Seperti Lumpur

Apakah Lumpur Masih Seperti Lumpur

pohon-pohon mati rumput sudah lama terlupakan tikus sudah tak sempat bertanya-tanya pukul berapa sekarang hari senin bulan maret atau masih juli tahun berapakah dulu apakah kalender masih terpasang di sana kapankah bulan ramadan tiba apakah lebaran...…

Sebab Kata

Kekasih Imajiner

Nelayan Kutu

[AMNESIA – The Future Story] Pesona Purnama Kembar