Risalah Khilafah

Risalah Khilafah

Dalam Piagam Madina, Nabi menyebut beragam suku dalam perjanjian sebagai ummah (kesatuan komunitas). Mereka terdiri dari kaum pendatang dari Makka, termasuk suku Quraisy (suku asal Nabi) dan suku-suku asli Madinah, baik yang beragama Islam maupun Yahudi dan Nasrani. Dalam piagam tersebut...…

Risalah Asyidda

Puasa Sepenuh Kegembiraan

Bapak Ibu Tidak Bisa Masuk Surga?

Jilbabmu, kebaikanmu

Diversity: Indahnya Indonesia View all

Konvoi Moge dan “Konvoi” Sepeda Motor, Apa Bedanya?

Konvoi Moge dan “Konvoi” Sepeda Motor, Apa Bedanya?

Serempak di berbagai media dan sosial media bertaburan pemberitaan seorang “pahlawan” bernama Elanto Wijoyono yang berasal dari Sleman, karena dengan “gagah berani” menghadang rombongan motor gede (moge) yang sedang konvoi dalam rangka satu acara di Yogyakarta; karena dianggap melanggar...…

Menolak Terjajah (kembali)

Pemalsuan dan Kepalsuan Akademik

Ngangkot

PROTOCOL

Opini: Opini Anda View all

[Dewi & Murni] Edisi Ramadhan – Talking in the Sleep

[Dewi & Murni] Edisi Ramadhan – Talking in the Sleep

Dan detik itu juga Murni bersumpah akan berlatih acting seolah dia lagi ngelindur dan mengucapkan mantra betapa dia mencintai Nugro.Tenane isuk-isuk pas Dewi dolan ning kamare Murni, dia menemukan Murni tengah berdiri diatas kasur sambil merem. Tapi anehe koq ngomnyang?…

[Dewi & Murni] Edisi Ramadhan – Are You ‘Batal’?

[Dewi & Murni] Edisi Ramadhan – All Nite Long

Gempa Tanpa Twitter

[Dewi & Murni] Cosmo Girls

Humor: Jenakanya Kehidupan View all

Buku, Musik & Film View all

Takdir – Riwayat Pangeran Diponegoro (1785-1855)

Takdir – Riwayat Pangeran Diponegoro (1785-1855)

Diponegoro dibesarkan oleh perempuan-perempuan hebat dan para kyai desa. Dalam Bab I (Masa Kecil dan Masa Muda) Peter Carey membahas tentang perempuan-perempuan di sekitar Diponegoro. Peter Carey menulis tentang Ratu Ageng (Permaesuri Pangeran Mangkubumi - nenek buyut Diponegoro) yang...…

NUSANTARA View all

Maaf, Indonesia Bukan Tukang Klaim Budaya Orang

Maaf, Indonesia Bukan Tukang Klaim Budaya Orang

Jadi tak ada klaim mengklaim di sini, Indonesia sudah kaya dengan budaya yang dimiliki, terbilang berlimpah malah. Untuk itu, mari hargai dan rawat budaya kita dengan baik jangan sampai kecolongan lagi seperti, Lagu Rasa Sayange, Tari Pendet, Reog Ponorogo, Wayang Kulit, Keris, Batik, yang telah diklaim...…

Food

Home Food = Comfort Food

Home Food = Comfort Food

Kalau saya ditanya, makanan favorit saya sekarang, jawabannya adalah home food alias makanan rumahan. Kalau pertanyaan ini dilayangkan tiga atau empat tahun yang lalu, maka jawabannya bisa jadi sangat berbeda. Duluuuuu… Saya sangat bahagia kalau makan di luar. Berganti dari satu tempat ke tempat yang lain...…

Resto Hamburger

Resto Hamburger

Hari ini Dj. ingin sedikit cerita tentang Reataurant yang baru buka di Mainz...Begitu banyaknya Restaurant Hamburger di Mainz (kota yang kecil ini), entah berapa Mc. Donald, berapa Burger Kings, dan Restaurants Burger-burger yang lain. Beberapa hari yang lalu di buka lagi satu Hamburger Restaurant yang...…

(Eid-Ul-Fitr Celebration): Our Lovely Eid Dishes

(Eid-Ul-Fitr Celebration): Our Lovely Eid Dishes

For this year, we’ve got many alternatives. For breakfast, okay..we have ketupat, telor petis, sayur tempe, and opor ayam. But for lunch, it’s served along with bakso (meat balls). It’s refreshment after having greasy foods and at least reduce your fat (only a few portions, then). We had bakso after praying Juma...…

[Goody Foody Indonesia] Semarang Styled Lunpia and Bomb Lunpia

[Goody Foody Indonesia] Semarang Styled Lunpia and Bomb Lunpia

As we know, Lumpia or Lunpia (潤餅) has already been well-known in Indonesia since a long time ago, brought by Chinese migrants and eventually assimilated in accordance to local taste such as eliminating pork as the main filling element and develop into distinct styles. Sometimes I consider Lunpia...…

Semanggi – Suroboyo Lontong Balap Wonokromo

Semanggi – Suroboyo Lontong Balap Wonokromo

Semanggi merupakan sejenis tumbuhan paku yang banyak kita jumpai di persawahan. Banyak ahli gizi mengatakan bahwa tanaman berdaun empat dan bernama ilmiah “Marsilea crenata” ini mengandung zat yang penting untuk mencegah osteoporosis dan menopause...…

Jejamuran

Jejamuran

Kuliner unik selalu menantang untuk dicoba. Salah satu dari kuliner unik tersebut adalah masakan yang semuanya berbahan dasar jamur. Resto Jejamuran, Sleman Jogjakarta. Meski tempatnya agak jauh dari kota Jogja, tepatnya di Sleman, namun Resto Jejamuran dikenal luas di Jogja. Tanyakan...…

Lidah Indonesia Ketemu Masakan Asing

Lidah Indonesia Ketemu Masakan Asing

Saya sendiri nggak suka bau cumin (nggak tahu istilahnya di Indonesia, maklum di Indonesia nggak pernah masuk dapur). Saya curiga, masakan India pakai cumin seabrek dengan tambahan bahan khas yang tetap misterius buat saya. Bau makanan India sampai sekarang masih nempel di otak...…

Surabaya Birthday Blast (5): Festival Kuliner Surabaya

Surabaya Birthday Blast (5): Festival Kuliner Surabaya

Dari judulnya aja pastinya gak jauh-jauh dari makanan. Lokasinya juga selalu di tempat yang sama, yaitu ada di Jalan Tunjungan, depan Hotel Orange atau Majapahit. Mulai masakan sampai jajanan ada di sini. Buat yang doyan makan inilah kesempatan memamah biak tanpa henti. Soal harga jelas...…

Cara Menyantap Nasi Tumpeng

Cara Menyantap Nasi Tumpeng

Pada jaman dahulu, sesepuh yang memimpin doa selamatan biasanya akan menguraikan terlebih dahulu makna yang terkandung dalam sajian tumpeng. Dengan demikian para hadirin yang datang tahu akan makna tumpeng dan memperoleh wedaran yang berupa ajaran hidup serta nasehat...…

Spicy Curry on Veggie Bed

Spicy Curry on Veggie Bed

Add the chopped champignon and black ear mushrooms. Oops, don’t forget the cashew nuts!. Mix again.Finally before you serve it, add the chopped tomatoes for adding sour and fresh taste for your curry.9. Prepare your veggie bad as the example (or you’ve got another idea)...…

[Goody Foody Indonesia] Laksa Bogor

[Goody Foody Indonesia] Laksa Bogor

Laksa is popular spicy noodle soup from Peranakan community which scattered from Malaysia, Singapore till Indonesia. It is combination between Chinese and Malay influences. In Indonesia itself, laksa can be found in Jakarta, Tangerang and Bogor as well as some other...…

Mudik dan Belalang Kayu

Mudik dan Belalang Kayu

Belalang kayu merupakan serangga berwarna hijau atau coklat berkaki belakang lebih panjang yang berfungsi untuk meloncat. Di daerah Gunungkidul, belalang sudah lama dikenal oleh masyarakat sebagai santapan yang lezat dan gurih bila dibakar dan ditambah...…

Salmon Sambal Cabe Hijau

Salmon Sambal Cabe Hijau

Ada sisa rasa manis asam pada Salmon "bekas" ini, jadi kalau beneran mau bikin sambal Salmon, mestinya rasanya cuma asin, harum daun jeruk dan harum garlic... Oya, kalau Salmon agak susah di situ, ganti aja pakai ikan Tuna atau Tongkol yang dijual irisan di pasar...…

RAPUNZEL mit Kartofelldressing

RAPUNZEL mit Kartofelldressing

Paling cocok dipadukan dengan salad dressing yang rasanya ‘ringan’. Tetapi begitupun ada juga dressing dengan rasa yang ‘berat’, yang sangat cocok dipadukan, Salad dressing kentang (Kartoffeldressing). Sudah beberapa tahun belakangan ini menjadi menu...…

Lawara, Kapurung dan Sup Kepala Ikan

Lawara, Kapurung dan Sup Kepala Ikan

Salah satu tema wisata di Kota Makassar adalah wisata kuliner. Selain menu yang sudah dikenal luas, seperti Cotto dan Sup Konro, Makassar juga menyimpan menu lain yang dahsyat. Makanya apabila Anda ke Makassar jangan hanya terjebak oleh ikan bakar, cotto...…

Ayam Cin

Ayam Cin

Ini hasil modifikasi dari Babi Cin. Berhubung tidak boleh makan nona piggy, akhirnya ganti dengan dada ayam. Hasilnya tetap ho ciak kok...kata teman yang sudah nyicipi, aromanya sangat mirip dengan aslinya. Pengaruh Jawa nampak pada penggunaan kencur...…

Young Lotus Root and Fresh Mozzarella Cheese

Young Lotus Root and Fresh Mozzarella Cheese

Young Lotus Root, ini diambil dari batang pohon bunga Lotus atau Teratai, aku temukan di swalayan Vietnam, sekaligus aku coba menunya di sebuah rumah makan ala Vietnam. Sebenernya rasanya tawar, tapi dia ditreatmen kayak kalau kita bikin acar...…

Ayam Malaikai

Ayam Malaikai

Masakan ini sangat sederhana pembuatannya. Resep ini mudah dilakukan oleh siapa saja. Ayam malaikai dulu di sekitar tahun 50an sangat populer khususnya di Semarang. Kuliner Peranakan Cina Semarang ini menggunakan taburan garam wangi...…

MAULTASCHE, Menu Daging yang Tersembunyi

MAULTASCHE, Menu Daging yang Tersembunyi

Kisah yang cukup dikenal di masyarakat mengenai asal muasal makanan ini, adalah kisah pada sekitar abad ke 17 dulu. Pada masa berpuasa menjelang Paskah, seorang Biarawan dari kota Maulbronn menerima daging dalam jumlah yang sangat banyak...…

BBQ Pulled Beef Sandwich

BBQ Pulled Beef Sandwich

Usually, pulled beef/pork is cooked in a slow cooker for 12-18 hours. I didn’t have time for that, it’s kinda pricy as well to waste the gas/electricity. So, instead of using slow cooker, I used pressure cooker. If you don't have a pressure cooker or a slow...…

Jalan-jalan View all

Situs Candi Buddha Terbesar di Asia Kompleks Percandian Batujaya

Situs Candi Buddha Terbesar di Asia Kompleks Percandian Batujaya

Situs Batujaya terletak di lokasi yang relatif berdekatan dengan Situs Cibuaya (sekitar 15 km di arah timur laut) yang merupakan peninggalan bangunan Hindu situs temuan pra-Hindu (Kebudayaan Buni) yang diperkirakan berasal dari masa abad pertama Masehi. Kenyataan ini seakan-akan mendukung catatan kuno...…

Wisata Religi di Masjid Al Mashun & Buka Puasa di Ramadhan Fair Medan 2015

Wisata Religi di Masjid Al Mashun & Buka Puasa di Ramadhan Fair Medan 2015

Begitu sampai di masjid, saya terkesima dengan keindahan bangunan Masjid Raya ini, mungkin ini masjid terindah dan termegah di kota Medan. Menurutku hampir setiap kota di Republik ini pasti memiliki yang namanya Masjid Raya atau Masjid Agung atau Masjid Akbar yang megah dan indah, karena masjid raya...…

Brunei Darussalam: Masjid Jame Asr’ Hassanil Bolkiah Sebagai Simbol Indahnya Islam

Brunei Darussalam: Masjid Jame Asr’ Hassanil Bolkiah Sebagai Simbol Indahnya Islam

Selepas mengelilingi Kampong Ayer selama 1,5 jam, kami memutuskan kembali ke hotel. Di hotel kami mencari informasi bagaimana caranya kami dapat pergi ke Masjid Jame Asr’ Hassanil Bolkiah, salah satu masjid termegah di Brunei Darussalam. Oleh resepsionis hotel, kami disarankan untuk menggunakan bas...…

Info View all

Daun Ungu, Bukan Sekedar Obat Ambeien

Daun Ungu, Bukan Sekedar Obat Ambeien

Beruntung saya tinggal di kota pahlawan yang taman-taman kotanya selalu dihiasi satu dua batang daun ungu. Mencari daun ungu bukanlah hal sulit. Apalagi di kompleks Kodam V Brawijaya, saya temukan belasan tanaman daun ungu, menjadi tanaman pagar di sekolah, sekitar lapangan, dan markas tentara...…

Tips Memilih Penginapan Ala Saya

Jancuk

Padamnya Sanggar Cerita

Historia View all

Sang Saka Pusaka

Sang Saka Pusaka

Sangat jarang ada foto peristiwa revolusi yang ada perempuannya. Kita beda....perempuan dalam revolusi Indonesia malah menjadi tokoh sentral. Ada yang mengenakan kerudung, berkebaya, memakai kain jarit ada juga yang mengenakan rok. Hormat untuk semua para perempuan revolusioner Indonesia...…

Setelah Sang Saka Berkibar

[HUT RI 70] Indonesia La Petite Histoire – Perempuan-perempuan Proklamasi

Maeda – Merdeka

Dunia View all

Interview with Hidayah Amin – a writer from Singapore

Interview with Hidayah Amin – a writer from Singapore

I am the Founder of Archipelago Consultancy, a Singapore-based consultancy providing high quality services in the areas of Research, Heritage, Education and Creativity. I am also the publisher of indie publishing house Helang Books. A daughter of Kampong Glam in Singapore, I was educated in Singapore, France...…

Bertemu dan Berpisah

Halal Bihalal di Frankfurt

Jerman Dilanda Panas

Uang Liburan

Dari Redaksi View all

BALTYRA 6 Tahun

BALTYRA 6 Tahun

Baltyra merupakan salah satu citizen journalism yang sangat kekeluargaan di antara penulis dan pembaca. Hingga saat ini banyak sekali yang terhubung melalui Baltyra. Semoga keberadaan Baltyra semakin bermanfaat bagi siapapun. Itulah Baltyra, yang sangat dinamis. Kalau di tahun lalu Baltyra bisa melesat...…

Sebarkan BALTYRA

BALTYRA.com – 6 Tahun Pasang Surut

Kontinuum – Mengenang dan Menghantar Seorang Sahabat

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H

Agriculture View all

Digital Farm Membangun Indonesia dari Hulu di Sektor Pertanian

Digital Farm Membangun Indonesia dari Hulu di Sektor Pertanian

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari hari ke hari semakin meningkat dan terus berkembang luas mulai dari daerah perkotaan sampai ke pelosok daerah pedesaan. Dunia teknologi informasi dan komunikasi menawarkan dan memberikan banyak kemudahan dalam...…

Ancaman bagi Petani dan Sektor Pertanian

Bertanam dengan Sistem Aquaponik

Sampoerna Agro, Ekspansi Terbatas Karena Pendanaan Meskipun Land Bank Luas

Aneka Bunga dan Tanaman Bermanfaat di Rumahku (2)

Pojok Seni & Sastra View all

[AMNESIA – The Future in History] Dua Misteri, Dua Pengaruh

[AMNESIA – The Future in History] Dua Misteri, Dua Pengaruh

Ingatan di pikiran Sang Pangeran kini dipenuhi dengan dua misteri. Maysha dan Maava, keduanya datang silih berganti menggoda rasa dan rasio. Maysha hilang begitu saja. Maava, Maava Rhonesia, negeri ciptaannya; selain Amorluxico, negeri itu kini jadi sorotan penguasa di Langit Kelima. Sebuah negeri...…

“BATU” (BAhasa TUhan)

Dari Jalanan Menjadi Legenda

Penulis dan Film Denzel Washington

Surat Jamilah